10 Cara Membeli Ayunan Bayi Otomatis Berkualitas Harga Murah

Selamat, Anda sudah resmi menjadi orang tua dengan kelahiran bayi Anda. Ini waktunya bagi Anda untuk menyediakan alat-alat dan perlengkapan untuk merawat dan membesarkan si kecil. Salah satu alat yang mungkin (atau bahkan disarakankan) akan Anda beli adalah ayunan bayi otomatis. Tujuannya tentu saja adalah untuk membantu Anda mengasuh bayi, menjaga bayi agar tetap tenang, dan pada saat yang sama memberikan rangsangan-rangsangan positif yang bisa mendukung perkembangan bayi.

Nah, lalu, pertanyaannya: ayunan otomatis mana yang sebaiknya Anda beli mengingat ada banyak sekali pilihan di luar sana. Di bawah ini Anda bisa menemukan sepuluh tips dan cara memilih ayunan bayi agar Anda bisa mendapatkan ayunan yang berkualitas namun tetap nyaman di kantong. Yuk mari kita lihat!

ayunan bayi, ayunan bayi otomatis, ayunan bayi otomatis murah, ayunan bayi berkualitas, ayunan otomatis
Baca: 10 Cara Memilih Ayunan Bayi yang Bagus sebelum Beli

1. Lihat Manfaatnya dan Jenisnya
Yap, benar sekali, sebelum mulai membeli, Anda wajib tahu jenis ayunan bayi otomatis yang ingin Anda bawa pulang termasuk manfaatnya. Ternyata, ada beberapa Ibu yang menganggap semua jenis ayunan itu sama saja padahal kenyataannya tidak. Begitu juga dengan manfaatnya. Sebagai contoh, ayunan dengan jenis rocker yang sifatnya menggoyang-goyang bayi yang diletakkan di dalamnya lebih berfungsi untuk membuat bayi merasa nyaman. Ayunan ini biasanya digunakan untuk menenangkan bayi yang rewel atau membuatnya tertidur.

Sementara itu, ayunan otomatis dengan jenis bouncer dengan gerakan “memantul” memiliki tujuan untuk melatih kekuatan otot kaki sebagai persiapan berjalan. Dan pada saat yang sama, alih-alih membuat bayi mengantuk, ayunan jenis ini digunakan untuk media bermain si kecil. Dengan mengetahui jenis dan juga manfaatnya tersebut, Anda bisa dengan lebih mudah menentukan ayunan otomatis untuk bayi yang mana yang sebaiknya Anda beli. Jangan sampai Anda hanya menyia-nyiakan uang dengan membeli ayunan dengan manfaat dan jenis yang salah karena tidak bisa dipungkiri, harga ayunan untuk bayi (khususnya yang otomatis) bisa cukup menguras kantong.

2. Cek Sumber Dayanya
Kebanyakan ayunan bayi otomatis yang bisa ditemukan di pasaran sekarang ini menggunakan baterai sebagai sumber daya untuk menggerakkan motornya. Sementara itu, ada juga ayunan bayi yang menggunakan tenaga listrik yang bersumber dari colokan untuk memberi tenaga pada motor agar bisa bekerja. Sebelum membeli, Anda sebaiknya tahu mengenai fakta ini dan hal-hal yang akan membedakannya.

Baca juga:
 5 Tipe Ayunan Bayi Rotan Berkualitas dengan Harga Terjangkau
✪ 11 Cara Membeli Ayunan Bayi Per Harga Murah tapi Berkualitas
✪ 7 Tips Membeli Ayunan Bayi Kayu Berkualitas sesuai Kantong

Ambil saja contoh ayunan bayi yang menggunakan baterai akan membuat Anda harus menyediakan cadangan baterai kalau-kalau tenaga baterai yang ada di dalam ayunan sudah melemah. Dan lagi, penggunaan baterai di motor membuat motor yang memberi tenaga mengayun akan mengeluarkan suara dengungan yang bisa jadi mengganggu bayi yang berada di dalamnya atau malah menenangkannya. Namun jika dibandingkan dengan ayunan bertenaga listrik, ayunan baterai umumnya dijual dengan harga yang lebih murah meskipun nantinya Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk membeli baterai terus menerus. Pertimbangan semacam itu harus Anda pikirkan juga sebelum membeli.

3. Perhatikan Fitur Keamanannya
Hal ini merupakan aspek vital yang tidak boleh Anda sepelekan. Bagaimanapun juga, gerakan yang dihasilkan dari ayunan bisa memberikan resiko kepada bayi jika tidak ada fitur keamanan yang akan menjaga bayi tetap bisa berada di dudukan selama diayun. Biasanya, fitur standarnya adalah tali pengaman yang akan mengikat bayi agar tidak bisa keluar dari dudukan. Akan tetapi ada juga fitur keamanan tambahan lainnya seperti tali pengaman tambahan untuk kaki. Biasanya semakin banyak dan lengkap fitur keamanan, maka akan semakin mahal pula harga ayunan bayi otomatis tersebut. Namun pastinya juga akan berbanding lurus dengan keamanan yang akan didapatkan bayi.

Silakan Anda pikirkan mengenai hal ini dan pastikan Anda menempatkan prioritas keamanan bayi Anda sebagai hal yang paling utama. Percayalah, akan lebih baik bagi Anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak dan memberikan rasa aman yang lebih baik pada bayi Anda daripada memaksakan untuk berhemat. Jika memang ingin berhemat, sebaiknya tidak usah berpikir untuk membeli ayunan bayi sama sekali.

4. Lihat Kecepatan Ayunannya
Sebelum membeli, ada baiknya Anda melakukan riset tentang seberapa cepat ayunan bayi otomatis itu akan bekerja. Anda bisa melakukannya dengan melihat review-review orang yang sudah membelinya khususnya jika Anda berniat membeli secara online atau Anda bisa meminta pegawai toko mendemonstrasikan ayunan tersebut jika Anda ingin membeli secara langsung. Tujuan melihat kecepatan ayunan adalah untuk melihat seberapa aman ayunan tersebut saat digunakan. Pada saat yang sama, Anda juga bisa melihat seberapa bagus efeknya pada bayi.

Kembali lagi ke manfaat dan tujuan dari ayunan seperti yang sudah disebutkan di atas, jika Anda menghendaki ayunan untuk membuat bayi tertidur, sebaiknya pilih ayunan yang tidak terlalu cepat ayunannya. Namun jika ingin ayunan sebagai alat agar bayi bisa “have fun”, ayunan yang cepat bisa Anda pilih. Apapun pilihan Anda pastikan ayunan tersebut tetap aman meskipun Anda memilih ayunan yang cepat. Biasanya ayunan sekarang ini sudah dilengkapi dengan tombol untuk memilih kecepatan ayunan.

5. Cek Seberapa Kuat Ayunannya
Selain faktor keamanan seperti yang sudah disebutkan di atas mengenai tali pengaman, kekuatan ayunan juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Pilih ayunan dengan bahan yang kokoh. Jangan sampai hanya karena Anda enggan mengeluarkan uang lebih, Anda asal-asalan memilih ayunan yang sebenarnya Anda tahu menggunakan bahan yang tidak terlalu kuat. Jangan korbankan keselamatan anak Anda meskipun kita hanya berurusan dengan ayunan di sini. Anggap uang yang akan Anda keluarkan untuk membeli ayunan bayi tersebut merupakan sebuah investasi. Menginvestasikan uang Anda untuk membeli ayunan yang kokoh juga akan membuat Anda tidak perlu membeli ayunan lagi untuk jangka waktu yang lebih lama karena ayunan tersebut seharusnya lebih tahan lama karena kualitas strukturnya yang lebih kuat.

6. Apakah Mudah Dibersihkan?
Banyak yang tidak mempedulikan aspek ini padahal cukup penting. Ketika Anda menempatkan bayi Anda ke dalam ayunan, bisa jadi bayi Anda ngeces, sisa makanannya jatuh ke ayunan, bayi Anda ngompol atau pup, dan lain-lain. Jika ayunan tidak mudah dibersihkan, ayunan akan banyak kuman dan bisa membuat bayi Anda sakit. Jadi lebih baik Anda memilih ayunan yang bisa dilepas-lepas partnya agar lebih mudah dibersihkan serta untuk menjag kondisi ayunan tersebut.

7. Apakah Mudah Dipindahkan?
Portabilitas ayunan bayi otomatis yang akan Anda beli juga sebaiknya Anda perhatikan khususnya jika Anda gemar bepergian sambil membawa bayi Anda. Ambil saja contoh Anda adalah seorang wanita karir yang sering melakukan perjalanan kerja ke luar kota. Memang bisa saja Anda meninggalkan bayi Anda untuk diasuh orang lain di rumah tapi ada beberapa orang yang lebih nyaman membawa bayi mereka selama bepergian. Contoh yang lain adalah saat mudik lebaran. Dengan memiliki ayunan yang mudah dipindahkan, Anda bisa tenang karena tahu ada alat yang bisa membantu menenangkan bayi Anda baik saat perjalanan maupun saat sudah sampai tujuan nantinya.

8. Perhatikan Tingkat Kenyamanannya
Kembali lagi ke esensi awal tujuan membeli ayunan bayi otomatis. Tujuan utamanya adalah membuat bayi lebih tenang atau senang bukan? Tujuan itu hanya bisa tercapai jika bayi merasa nyaman dalam ayunan. Jadi pastikan desain dan bahan yang digunakan bisa mendukung tercapainya tujuan itu. Jika, sebagai contoh, Anda menemukan ayunan yang dudukannya terlalu keras, Anda bisa meninggalkan ayuan tersebut dan mencari alternatif lainnya.

9. Lihat Fitur-fitur Tambahannya
Semakin banyak fitur tambahan tentunya akan semakin membuat harga ayunan tersebut menjadi lebih mahal. Akan tetapi kadang fitur-fitur tambahan tersebut akan sangat bermanfaat nantinya. Sebagai contoh, ayunan yang memiliki mainan atau pemutar musik yang akan semakin membuat bayi merasa nyaman dan tenang di dalam ayunan. Tapi kembali lagi kepada Anda. Silakan berpikir dengan bijaksana apakah Anda benar-benar membutuhkan fitur tambahan tersebut. Jika memang tidak, ya tidak usah dipaksakan membelanjakan uang lebih hanya untuk membeli ayunan dengan fitur ekstra yang kemudian tidak akan Anda gunakan.

10. Dimana Sebaiknya Anda Membeli
Ini dia hal terakhir yang wajib diperhatikan. Membeli secara langsung di toko dan membeli secara online bisa memberikan harga yang berbeda. Biasanya membeli online lebih murah karena Anda bisa membandingkan harga dari satu toko online ke toko yang lainnya dengan lebih mudah dan cepat. Tapi membeli langsung dari toko memungkinkan Anda untuk mencoba ayunan secara langsung yang bisa membantu Anda menghindari rasa kecewa karena salah beli. Nah, mana yang akan Anda pilih?

Ke-10 aspek di atas bisa dijadikan tips tentang hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat akan membeli ayunan bayi otomatis. Saya harap tips tersebut bisa membantu Anda menentukan ayunan bayi berkualitas mana yang sebaiknya Anda beli dengan tetap mengacu pada harganya sehingga Anda bisa membelanjakan uang dengan lebih efektif. Selamat berburu ayunan bayi!

10 Cara Membeli Ayunan Bayi Otomatis Berkualitas Harga Murah