10 Tips Membeli Ayunan Bayi Besi yang Nyaman bagi si Bayi

Di bawah ini, Anda akan mendapatkan 10 tips yang berguna untuk membantu Anda mendapatkan ayunan bayi besi yang berkualitas, murah, dan pastinya nyaman untuk si bayi. Jika ayunan tipe ini yang sedang Anda cari, jangan buru-buru membeli sebelum baca tips-tips di bawah ini.

1. Perhatikan Kualitas Struktur Besinya
Tidak bisa dipungkiri, kualitas struktur tiang penyangga besi dari ayunan bayi besi merupakan hal yang paling vital yang harus Anda perhatikan dan pastikan pertama kali sebelum membeli. Bayi yang akan Anda letakkan dalam wadah nanti akan sangat bergantung pada kualitas struktur besi yang membentuk ayunan tersebut. Jika strukturnya tidak kuat, ayunan bisa terlepas dari strukturnya dan wadah ayunan bisa terlepas atau bahkan terlempar. Bayangkan jika ada bayi Anda di dalamnya. Menakutkan bukan? Akan tetapi Anda tidak usah khawatir dan mengurungkan niat untuk membeli ayunan tipe ini. Ayunan ini sangatlah baik asalkan Anda membeli yang benar. Anda bisa perhatikan kekuatan besinya dan juga rangkanya termasuk juga sambungan antara satu bagian dengan bagian lainnya. Semua itu sangatlah penting untuk memastikan keamanan ayunan saat digunakan.

ayunan bayi besi, ayunan bayi, ayunan besi, ayunan, ayunan besi bagus, ayunan besi nyaman, harga ayunan besi, ayunan bayi besi murah
Baca: 10 Cara Memilih Ayunan Bayi yang Bagus sebelum Membeli

2. Perhatikan Desain Ayunannya
Mungkin Anda berpikir desain ayunan tidaklah penting karena yang paling penting adalah ayunan bisa bekerja dengan baik dan aman yang bisa membuat bayi menjadi tidak rewel lagi. Akan tetapi, bayangkan jika ayunan bayi besi yang Anda beli dan kemudian letakkan di rumah tidak memiliki desain yang menarik. Bukankah Anda akan menemukan ayunan tersebut membuat kondisi di rumah Anda menjadi kurang menarik? Belum lagi kenyataan bahwa ada bayi di dalam ayunan. Ruangan bayi biasanya didesain dengan tema yang imut dan lucu. Jika ayunannya tidak lucu dan desainnya tidak menarik, bisa-bisa ayunan tersebut akan menghancurkan desain ruangan. Memang hal ini tidak terlalu penting jika dibandingkan dengan kualitas ayunannya itu sendiri. Akan tetapi jika Anda menjadi malas menggunakan ayunan hanya karena desainnya yang tidak menarik, bukankah Anda hanya akan menyia-nyiakan uang yang Anda gunakan untuk membeli ayunan tersebut?

3. Siapkah Anda dengan Konsekuensi Memiliki Ayunan Tipe Ini?
Jangan keburu takut dengan konsekuensinya. Memiliki ayunan bayi besi tidak akan menyiksa Anda asalkan Anda tahu apa yang akan Anda hadapi setelah memiliki ayunan ini. Anda harus paham bahwa jika Anda memiliki ayunan dari besi untuk bayi Anda, artinya Anda tidak ingin memindah-mindah ayunan tersebut. Ayunan itu akan diletakkan di suatu titik di rumah Anda dan akan tetap di sana. Kenapa demikian? Alasannya adalah karena ayunan besi umumnya sangat berat untuk dipindah-pindahkan. Inilah konsekuensi yang harus Anda pahami. Jika Anda tipe orang yang mudah bosan dengan dekorasi atau desain ruangan di rumah Anda, tampaknya ayunan ini tidak sesuai dengan Anda. Memang berat ayunan ini tidaklah seberat lemari atau ranjang. Akan tetapi cukup merepotkan jika Anda harus terus menerus memindah-mindahkannya.

4. Beli Online atau dari Toko Biasa?
Sebenarnya dua-duanya sama saja asal Anda tahu kelebihan dan kekurangannya. Membeli dari toko biasa akan membuat Anda bisa melihat ayunan bayi besi secara langsung jadi Anda bisa langsung memilih mana yang paling pas untuk Anda. Anda juga bisa mencobanya secara langsung agar Anda menjadi lebih mantap sebelum membeli. Akan tetapi cara ini terbilang merepotkan karena Anda harus pergi ke tokonya langsung dan tentunya akan menjadi lebih merepotkan jika Anda masih harus berburu ayunan yang tepat karena artinya Anda harus berpindah dari toko satu ke toko yang lainnya. Di lain pihak, toko online menawarkan kemudahan karena Anda bisa melihat barang dari satu toko ke toko yang lainnya dengan sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Dan biasanya harga yang ditawarkan toko online juga lebih murah. Akan tetapi, karena Anda tidak melihat barangnya secara langsung, kemungkinan Anda akan merasa kecewa juga semakin besar. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan menjadi korban penipuan.

Baca juga:
✪ 12 Cara Membeli Ayunan Bayi Pliko yang Baik untuk Bayi Anda
✪ 15 Daftar Ayunan Bayi Harga Murah, Berkualitas, dan Nyaman
✪ 15 Daftar Harga Baby Bouncer Berdasarkan Jenis dan Manfaatnya

5. Lihat Bagaimana Ayunannya Bekerja
Mengenai hal ini, Anda harus paham bahwa ayunan bayi besi bisa bekerja dengan gerakan ke kiri dan ke kanan atau ke atas dan ke bawah. Semuanya berhubungan dengan bagaimana strukturnya dibentuk. Untuk ayunan yang bergerak ke kiri ke kanan, bentuknya menyerupai ayunan di Taman Kanak-kanak. Anda bisa juga menganggapnya bergerak ke depan dan ke belakang. Dan untuk ayunan yang bergerak naik turun, desainnya biasanya menggunakan per untuk menggantung tempat bayi di ayunan. Jadi tempat bayi nantinya akan bergerak seperti memantul-mantul. Nah, dari kedua jenis tersebut, manakah yang lebih cocok dengan keinginan Anda. Jangan sampai Anda salah membeli karena berpikir semua ayunan bayi dengan tipe bahan besi adalah sama saja.

6. Cara Mendapatkan Ayunan dengan Harga Lebih Murah
Apakah ada cara khusus? Tentu saja ada. Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli ayunan bayi besi pada saat momen-momen tertentu. Ambil saja contoh momen lebaran atau akhir tahun. Biasanya toko-toko akan menawarkan promo diskon termasuk toko perlengkapan bayi. Atau jika Anda ingin membeli ayunan bayi dengan bantuan toko online, jangan terburu-buru membeli setelah Anda hanya mengunjungi satu toko online saja. Gunakan kemudahan bagaimana Anda bisa membandingkan banyak toko online dalam waktu yang singkat. Bandingkan harganya untuk ayunan besi yang sama dan beli dari toko yang menawarkan harga yang paling murah. Jangan lupa lihat juga ongkos kirimnya. Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan harga yang lebih murah untuk ayunan bayi.

7. Bagaimana Kondisi Wadah Bayinya?
Untuk urusan wadah bayi, sebenarnya tidak terlalu banyak hal yang harus Anda perhatikan. Hanya saja, pastikan wadah tersebut terasa nyaman untuk bayi. Jangan sampai bayi Anda akan terbentur ke sana kemari saat diayun di dalam ayunan. Lihat juga apakah ada fitur pengaman untuk menjaga agar bayi tidak terlempar keluar ayunan. Bahan wadah bayi sebaiknya menggunakan bahan yang lembut. Kalaupun menggunakan wadah dengan kerangka kayu, plastik, atau bahkan besi, pastikan ada pelapisnya seperti semacam kasur yang empuk agar bayi tetap merasa nyaman berada dalam wadah ayunan tersebut.

8. Haruskah Membeli Ayunan Bermerk?
Jika ditanya pertanyaan tersebut, saya ingin menjawab “ya”. Akan tetapi kembali lagi pada pilihan Anda. Bagi saya, saya bukan tipe orang yang melihat merk saat membeli sesuatu tapi saya yakin merk yang memiliki reputasi baik umumnya tidak akan menjual barang dengan kualitas yang buruk, bukan? Itulah logika yang saya miliki. Dan saya yakin, jika memilih barang bermerk akan lebih aman bagi saya jika berhubungan dengan kepuasan batin. Namun tentu saja hal ini sifatnya subjektif. Saya juga paham kalau ada banyak produk ayunan dari merk yang kurang terkenal di luar sana yang sebenarnya juga memiliki kualitas yang baik. Pilihan ada di tangan Anda.

9. Apakah Ada Fitur Ekstra?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya mengenai wadah bayi di ayunan yang memiliki pengaman. Fitur tambahan seperti ini sebaiknya juga Anda perhatikan karena akan meningkatkan fungsi dari ayunan itu sendiri. Bandingkan saja ayunan yang hanya mengayun saja dengan ayunan yang tidak hanya mengayun tapi juga memiliki mainan gantung yang bisa dipasang di atas wadah bayi. Tentunya ayunan yang kedua akan memberikan lebih banyak kesenangan pada bayi. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan ayunan bayi besi dengan kualitas yang lebih baik.

10. Perhatikan Ukuran Ayunan
Hal ini sangatlah penting khususnya jika rumah Anda sempit. Sesuaikan ukuran ayunan bayi besi yang Anda beli dengan ruangan di mana Anda akan menempatkannya agar Anda bisa mendapatkan kepuasan yang optimal.

10 Tips Membeli Ayunan Bayi Besi yang Nyaman bagi si Bayi