Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 1 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Memiliki anak memang merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi semua orang. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali memiliki seorang bayi. Pertumbuhan bayi usia 0 - 1 bulan adalah salah satu momen yang tidak akan terlupakan bagi para orang tua. Sebab pada usia tersebut, pertumbuhan bayi benar-benar harus menjadi fokus utama orang tua.

Perkembangan Bayi di Usia 1 Bulan
Perlu Anda ketahui bahwa pada pertumbuhan bayi usia 1 bulan, mata bayi hanya bisa melihat dengan jarak maksimal 25 cm saja. Perubahan kondisi dari dalam rahim lalu ke lingkungan luar mampu membuat bayi mulai beradaptasi dengan baik secara alami. Meskipun demikian, terkadang banyak ibu yang khawatir jika perkembangan bayi tidak normal ataupun mengalami suatu masalah.

pertumbuhan bayi usia 1 bulan, perkembangan bayi usia 1 bulan, pertumbuhan bayi umur 1 bulan, bayi 1 bulan, bayi sebulan, bayi

Oleh sebab itulah kenapa banyak orang tua yang mencari tahu mengenai tumbuh kembang bayi dari bulan ke 1 sampai dengan seterusnya. Saat bayi lahir, kulitnya akan terlihat mengkerut. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, kerutan tersebut akan menghilang. Panca indera bayi di usia 1 bulan juga sudah mulai peka, meskipun tidak sempurna.

Anda bisa mengajak bayi berbicara, mendengarkannya suara atau musik yang lembut. Tak hanya itu, bayi juga sudah bisa mulai menggerak-gerakkan kaki, tangan dan juga kepalanya.  Perlu diingat bahwa bayi yang masih berusia 1 bulan belum terlalu kuat untuk bisa menopang kepalanya sendiri. Jadi Anda harus berhati hati terhadap bagian leher bayi ketika menggendongnya.

Sebab leher bayi masih sangat rapuh. Saat pertumbuhan bayi usia 1 bulan, bayi akan lebih sering tidur dengan waktu sekitar 15 jam sampai dengan 16 jam per hari. Setiap 2 hingga 3 jam, bayi akan bangun untuk meminta susu. Cara komunikasi bayi untuk mengatakan bahwa dirinya lapar adalah dengan menangis.

Baca juga:
Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
✪ Pertumbuhan Bayi Usia 3 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
✪ Pertumbuhan Bayi Usia 4 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Ketika popoknya basah, bosan ataupun merasa tidak nyaman, bayi juga akan menangis. Apabila bayi menangis secara terus menerus tanpa ada alasan yang jelas dan sangat sulit ditenangkan, maka ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya ke dokter. Karena bisa jadi mengalami masalah kesehatan. Tentunya Anda tidak ingin jika bayi mengalami masalah apapun bukan?

Pertumbuhan Fisik Bayi Usia 1 Bulan
Untuk Anda yang penasaran dengan tumbuh kembang bayi, di bawah ini adalah beberapa ciri dari pertumbuhan bayi usia 1 bulan yang harus Anda ketahui.

1. Gerakan bayi
Di usia ini, Anda akan mulai melihat gerakan kaki dan tangan bayi. Hal ini menunjukkan bahwa si bayi sudah mulai belajar untuk mengkoordinasikan tubuhnya melalui gerakan. Terlihat bayi akan menggerakkan tangannya mendekati mulut, bagian mata atau atas kepala.

Menariknya lagi, jari bayi juga akan mulai reflek untuk menggenggam benda. Saat Anda memasukkan jari pada telapak tangan bayi, maka bayi akan mulai menggenggamnya dengan erat.

2. Berat badan
Kebanyakan ibu mungkin akan kaget dan merasa khawatir terhadap berat bayi pada minggu pertama sesudah dilahirkan. Sebab pada minggu pertama tersebut, berat badan bayi akan menurun. Hal tersebut sangat wajar, sebab bayi akan kehilangan cairan tubuhnya melalui air seni dan keringat.

Berat bayi yang menurun di minggu pertama juga disebabkan oleh tubuh bayi yang sedang menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di sekitarnya. Pada pertumbuhan bayi usia 1 bulan, berat bayi akan mulai meningkat tepatnya di minggu ke dua.

3. Sensitif
Di usianya yang baru menginjak satu bulan kurang, bayi menjadi lebih sensitif pada suara yang kencang. Tidak hanya itu, gerakan secara tiba-tiba juga bisa membuat bayi merasa kaget. Jadi, pastikan jika Anda tidak mengagetkan bayi atau membuat suara yang gaduh.

4. Merespon suara
Selain mulai sensitif dan peka terhadap suara dan gerakan, bayi juga bisa merespon suara sekitarnya dengan melakukan gerakan mata.  Bayi juga akan rewel dan sering menangis ketika haus, buang air kecil, buang air besar, dan lapar.

5. Menyusui
Pertumbuhan bayi usia 1 bulan memang membuat bayi membutuhkan asupan nutrisi dan energi yang tercukupi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di usia ini kemampuan menyusui bayi sangatlah kuat. Bayi bisa menyusui dengan kuat baik melalui ASI ataupun susu botol. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan bayi dan juga payudara ibu.

Saking kuatnya menyusui, bayi akan sering bangun dan rewel di malam hari hanya untuk meminta susu. Selain itu, bayi juga akan lebih sering bersendawa, muntah, dan cegukan setelah meminum susu.

6. Bersuara
Di pertumbuhan bayi usia 1 bulan, bayi akan terdengar seperti sedang mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkan bisa seperti orang yang sedang berdengung atau mendengkur. Suara ini seringkali ditunjukkan untuk mengungkapkan perasaannya. Tak sedikit pula bayi yang tertawa dan menjerit pada usianya yang menginjak angka 1 bulan.

Pertumbuhan Sensorik Bayi Usia 1 Bulan
Tahukah Anda bahwa bayi mempunyai refleks yang sangat luar biasa ketika melihat ibunya atau ketika menyusui. Pada Pertumbuhan bayi usia 1 bulan, bayi sudah bisa mengetahui dan mengenal suara orang tuanya.

Sebenarnya memori pengenalan suara orang tuanya ini sudah ada sejak berada di dalam rahim. Selain suara orang tuanya, bayi akan terlihat kurang merespon karena biasanya mereka mengenal mana suara yang sering terdengar dengan yang asing. Jadi jangan heran jika kebanyakan bayi akan menangis ketika berada di dekat orang yang belum pernah dikenal.

Cara bayi menunjukkan bahwa dirinya mengenal suara orang tuanya bisa dilihat dari gerakan mata dan kepalanya walaupun masih terbatas. Meskipun sebenarnya, masih sedikit orang yang bisa memahami gerakan-gerakan yang diberikan bayi.

Pertumbuhan Motorik Bayi Usia 1 Bulan
Pernahkah Anda melihat kaki bayi yang bergerak-gerak seolah ingin berjalan? Jika ya, jangan khawatir karena hal tersebut sangatlah wajar di pertumbuhan bayi usia 1 bulan. Pada usia ini, bayi akan lebih sering membuat gerakan spontan atau reflek pada tangan dan kakinya.

Bahkan mata dan telinga bayi juga reflek terhadap sumber suara yang keras ataupun mengejutkan.     Beberapa bayi juga memperlihatkan bahwa mereka mulai peka terhadap cahaya atau sinar lampu yang terang. Gerakan bola matanya akan lebih reflek ketika melihat yang terang.

Saluran pencernaan bayi di usia 0 sampai dengan 1 bulan memang masih dalam kondisi berkembang. Artinya pada usia tersebut, kebutuhan ASI bayi sangatlah banyak. Tak jarang mereka bisa meminum susu sebanyak 12 sampai dengan 14 kali. Tidak hanya siang hari, kebutuhan ASI bayi juga harus di penuhi pada malam hari.

Sebab di malam hari, bayi akan menangis sewaktu-waktu untuk menunjukkan bahwa mereka lapar. Selain menangis, bayi juga akan menggerak-gerakkan mulutnya jika lapar. Saat bayi kenyang, maka mereka akan tertidur dengan pulas. Kini, Anda sudah memahami apa saja perkembangan dan pertumbuhan bayi usia 1 bulan bukan? 

Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 1 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat