Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Melihat pertumbuhan buah hati merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Dalam mengamati pertumbuhan buah hatinya, akan ada hal-hal menakjubkan yang akan membuat setiap orang tua berdecak kagum. Pada setiap usia perkembangan si kecil menjadi momen yang tak akan pernah dilupakan oleh setiap orang tua. Misalnya pada usia 5 bulan. Pertumbuhan bayi usia 5 bulan ini adalah masa pertumbuhan yang paling signifikan.

Mengenal Ciri-Ciri Pertumbuhan pada Bayi Usia 5 Bulan
Pada setiap usia pertumbuhan setiap bayi, akan selalu ada tahap-tahap pertumbuhan yang terjadi. Tahap-tahap pertumbuhan inilah yang menjadi indikator kesehatan fisik dan emosi dari si bayi. Maka tak heran jika para orang tua selalu memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya. Seperti misalnya memperhatikan pertumbuhan bayi di usia tertentu. Pertumbuhan bayi usia 5 bulan menjadi salah satu yang paling banyak diperhatikan para orang tua.

pertumbuhan bayi usia 5 bulan, perkembangan bayi usia 5 bulan, bayi usia 5 bulan, bayi 5 bulan, bayi, fisik bayi lima bulan

Pertumbuhan bayi usia 5 bulan memang menjadi masa pertumbuhan yang paling banyak mendapat perhatian para orang tua. Pada masa pertumbuhan ini, si kecil akan mengalami naik turun karena adanya perubahan fisik dan psikisnya. Maka tak heran jika para orang tua memberikan perhatian lebih di usia ini. Pada usia ini juga bisa dibilang sebagai masa transisi bagi si kecil.

Pada masa pertumbuhan bayi usia 5 bulan disebut sebagai masa transisi karena pada masa ini memang adalah usia peralihan pada si kecil. Usia peralihan dari masa adaptasi setelah ia dilahirkan, yaitu pada bulan-bulan pertama menuju ke masa perkembangan. Oleh karena itulah banyak pula pertumbuhan yang bisa dilihat seperti beberapa pertumbuhan berikut ini.

Pertumbuhan Fisik pada Bayi Usia 5 Bulan
Hal pertama yang bisa dilihat dari pertumbuhan bayi usia 5 bulan adalah dari segi fisiknya. Pada usia ini, selain pertambahan berat badan dan tinggi badan, ada beberapa pertumbuhan fisik lain yang bisa dilihat secara signifikan. Pertumbuhan ini mungkin akan sedikit membuat Anda khawatir dan juga takjub.  Apa saja perkembangan itu? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga:
 Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 1 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 3 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

1. Mulai Bisa Duduk
Pertumbuhan pertama bisa Anda lihat ketika si kecil sudah mulai bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari sang ibu. Hal ini menunjukkan bahwa otot-otot dan tulang bayi sudah cukup kuat untk menopang anggota tubuh sehingga bisa membuat si kecil duduk sendiri. Namun, durasi ketika si kecil duduk sendiri ini juga tidak bisa dibilang lama.

2. Belajar Tengkurap dan Berguling
Bayi di usia 5 bulan tak akan berhenti membuat orang tuanya takjub. Seperti pada pertumbuhan bayi usia 5 bulan umumnya, si kecil sudah mulai belajar untuk tengkurap dan berguling sendiri. Pada tahap ini, jika bayi belum menunjukkan kemampuan untuk tengkurap atau berguling sendiri, Anda bisa mencoba membantunya.

3. Mulai Merangkak
Yang tak kalah menakjubkan dari bayi usia 5 bulan adalah kemampuannya merangkak. Pada usia ini buah hati Anda mungkin sudah menunjukkan kemampuannya merangkak. Meskipun belum bisa cepat, namun ini adalah indikator pertumbuhan yang sangat baik. Bisa dibilang, ini adalah puncak dari pertumbuhan fisiknya.

4. Gigi Mulai Tumbuh
Pada usia ini, bayi juga akan sering mengalami rewel dan demam. Anda tak perlu khawatir karena ini bisa jadi adalah tanda bahwa gigi pertama buah hati Anda sudah mulai muncul. Jika demam yang dialami tidak kunjung turun, Anda bisa mulai memeriksakannya ke dokter.

Pertumbuhan Motorik Bayi Usia 5 Bulan
Aspek lain yang bisa menjadi indikasi pertumbuhan bayi usia 5 bulan adalah pada sistem motoriknya. Sistem motorik ini bisa dibilang berkaitan dengan gerak pada bayi. Jadi setiap gerak pada bayi adalah pertumbuhan motorik yang baik. Namun ada juga beberapa pertumbuhan motorik halus, yang mana motorik halus ini biasanya berperan dalam kemampuan lebih spesifik pada si kecil, misalnya:

1. Mampu memegang benda dengan baik
Otot motorik halus yang terus berkembang membuat bayi bisa memegang benda-benda yang diberikan dengan jarinya. Hal ini karena otot-otot di jari tangannya sudah mulai berkembang dengan baik. Dengan begitu, si kecil sudah mulai bisa membuka dan menutup jarinya untuk memegang benda.

2. Berkembangnya otot lengan
Selain otot jari, perkembangan motorik pada bayi juga bisa dilihat pada lengannya. Hal ini bisa dibuktikan ketika si kecil mencoba menggapai benda-benda di sekitarnya. Maka tak heran jika pada usia ini bayi terlihat antusias dan ingin menggapai benda-benda atau apapun yang disodorkan padanya.

Pertumbuhan Sensorik pada  Bayi 5 Bulan
Tak hanya berhenti pada perkembangan motorik saja, sensorik pada bayi pun bisa menandai pertumbuhan bayi usia 5 bulan ini. Perkembangan motorik ini berkaitan dengan kemampuan si kecil untuk menggunakan kelima inderanya. Meskipun belum maksimal, ketika bayi sudah mulai merespon dan menggunakan inderanya, maka sudah bisa dipastikan pertumbuhannya berjalan normal.

1. Mulai bisa melihat benda sekitarnya dengan jelas.
Pada usia ini, penglihatan bayi sudah mulai membaik. Si bayi akan bisa mengenali benda-benda yang menurutnya menarik. Respon ini biasanya ditunjukkan ketika bayi mengenal orang di dekatnya. Respon bertolak belakang juga bisa diberikan oleh si kecil ketika bertemu dengan  orang tak dikenal.

2. Pendengaran semakin baik
Pada pertumbuhan yang dicirikan oleh hal ini, sebenarnya sama seperti penjelasan sebelumnya. Bayi akan merespon dengan ekspresi yang beragam. Mulai dari menggerakkan kepala hingga menggerak gerakkan kaki ketika mendengar musik.

3. Mulai Bisa Merasakan di Lidahnya
Pertumbuhan terakhir bayi dari segi sensoriknya bisa juga dilihat dari kemampuan merasanya. Pada usia ini, indera perasa di ujung lidah bayi sudah mulai menunjukkan perkembangan signifikan. Hal ini bisa dilihat saat bayi mencoba memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya.

Selain perkembangan motorik dan sensoriknya, pertumbuhan bayi usia 5 bulan juga bisa dilihat dari perkembangan emosionalnya. Pada usia ini, perkembangan emosi bayi juga berkembang menjadi lebih kuat. Hal ini bisa dilihat saat bayi mengalami tumbuh gigi untuk pertama kalinya.

Tahap pertumbuhan gigi pertama pada bayi memang merupakan salah satu pertumbuhan fisik. Namun pada saat itu juga, perkembangan emosi bayi bisa dilihat. Seperti misalnya saat tumbuh gigi pertama, si kecil akan cenderung lebih rewel dan mudah menangis. Hal ini karena adanya perubahan fisik yang membuatnya tidak nyaman.

Kemampuan bayi dalam mengekspresikan apa yang dirasakannya biasanya juga bisa dilihat dari respon lainnya. Saat bayi merasa tidak suka akan apa yang dilihat, biasanya ia akan mengekpresikan dengan mengomel. Ini juga merupakan cara bagi si kecil dalam mengungkapkan perasaannya. Yang mana hal itu juga menjadi indikator pertumbuhan emosinya.

Selain pertumbuhan yang dialami, pada usia lima bulan ini, Anda juga harus memperhatikan hal lain seperti asupan nutrisi dan pola tidur. Meskipun pemberian makanan pada bayi baru bisa diberikan pada usia 6 bulan ke atas, tak sedikit bayi pada usia ini juga mulai diberikan makanan non ASI. Hal ini boleh dilakukan asalkan tidak terlalu banyak dan sudah dikonsultasikan dengan dokter.

Itu tadi beberapa tahap pertumbuhan bayi usia 5 bulan serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam masa perkembangannya. Ada banyak hal yang terlihat sepele namun justru mempengaruhi pertumbuhan pada anak. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda memahami tahap tumbuh kembang anak. 

Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat