Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Banyak orang tua yang penasaran dengan pertumbuhan bayi usia 7 bulan seperti apa yang normal dan sehat. Sebab orang tua pastinya ingin selalu memastikan jika buah hatinya berada dalam tahap perkembangan yang sesuai dengan usianya.

Pada usia 7 bulan, bayi sudah mulai bisa merangkak. Selain itu, ia juga bisa duduk tanpa memerlukan bantuan dari orang lain. Dan yang harus para orang tua ketahui, gusi bayi akan terasa gatal. Hal ini dikarenakan giginya yang akan segera tumbuh. Nah agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa ciri perkembangan bayi saat usianya menginjakkan angka 7 bulan.

pertumbuhan bayi usia 7 bulan, perkembangan bayi 7 bulan, bayi 7 bulan, fisik bayi 7 bulan, bayi

Kemampuan Sosial Bayi Usia 7 Bulan
Pertumbuhan bayi usia 7 bulan bisa Anda lihat dari kemampuan sosialnya. Menariknya, bayi sudah bisa mengetes otoritas orang tuanya dengan menolak arahan atau perintah yang diberikan. Meskipun demikian, sebenarnya bayi Anda hanya sedang mencari tahu tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua sebaiknya sudah memberitahukan hal-hal yang baik untuk dilakukan dan yang tidak baik. Contohnya saja makan dengan tangan kiri, memasukkan benda kotor ke dalam mulut, melempar mainan, dan lain sebagainya. Anda harus bisa mengajarkannya secara perlahan dan cara yang lembut.

Jangan menyamakannya dengan orang dewasa. Sebab bayi masih belum bisa mengingat dan memahami semua hal yang dikatakan oleh orang tuanya. Anda bisa memerintahkannya untuk berhenti melakukan sesuatu hal yang dilarang lalu mengalihkan perhatiannya pada hal lainnya. Pada usia ini, bayi sudah bisa merasa cemas. Apalagi jika dirinya melihat orang asing berusaha mendekatinya.

Baca juga: 
 Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi
 Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 4 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Kondisi ini menunjukkan bahwa buah hati Anda mulai mengerti dan memahami lingkungan sekitarnya. Bayi bisa menangis saat orang tuanya tidak terlihat dalam pandangannya. Dia juga bisa  menyadari jika ada perubahan volume dan intonasi suara. Jadi jangan heran jika bayi bisa menangis apabila mendengar suara kencang atau saat Anda berkata kasar.

Pertumbuhan bayi usia 7 bulan memang sangat menggemaskan. Sebab ia dapat mengikuti gerakan orang di sekitarnya. Misalnya saja melambai, bertepuk tangan, dan memberikan ciuman kepada orang terdekatnya. Bahkan, bayi juga bisa menirukan ekspresi dari orang lain yang dilihatnya. Misalnya Anda menangis, maka bayi juga akan menangis.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar menunjukkan sikap dan perilaku yang baik di hadapan bayi. Sebab ia akan menirukan semua hal yang dilihatnya.

Pertumbuhan Fisik Bayi Usia 7 Bulan
Pertumbuhan bayi usia 7 bulan juga bisa dilihat dari fisiknya. Apalagi kini bayi sudah memiliki otot-otot yang kuat untuk melakukan berbagai macam gerakan. Berikut ini adalah ciri fisik yang bisa Anda lihat saat bayi menginjak usia 7 bulan.

1. Sekarang, otot pinggul dan kaki bayi sudah semakin kuat. Hal ini terlihat dari kemampuan bayi untuk duduk dan merangkak. Pada perkembangan ini, Anda mungkin akan merasa bangga dan terkagum-kagum. Walaupun bayi menunjukkan bahwa dirinya hendak belajar berjalan, Anda belum bisa memberikannya alat baby walker karena masih cukup berbahaya.

2. Bayi Anda suka memegang dan memindahkan benda yang sedikit berat? Tidak perlu khawatir karena bayi usia 7 bulan memang sudah memiliki otot jari dan tangan yang kuat. Bayi akan selalu menggunakan jemarinya untuk memegang benda apapun yang menarik di matanya.

3. Beberapa bayi bahkan sudah mulai mencari pegangan untuk belajar berdiri seperti kursi. Akan tetapi, Anda harus selalu waspada dan tetap mengawasi bayi saat mereka ingin berdiri sendiri. Sebab pada dasarnya, kaki bayi belum begitu kuat untuk mulai belajar berjalan.

4. Bayi Anda sering rewel? Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa giginya akan tumbuh. Pada situasi ini, bayi bisa sering menangis karena gusinya yang meradang. Bahkan, bisa jadi bayi akan demam sehingga Anda harus terjaga di malam hari.

Kemampuan Motorik Bayi Usia 7 Bulan
Pada pertumbuhan bayi usia 7 bulan, setiap bayi memang menunjukkan perkembangan yang berbeda-beda. Ada yang masih belajar merangkak, ada yang bisa langsung berdiri, ada yang merangkak mundur dan lainnya. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir selama bayi terlihat tetap bisa mengkoordinasikan semua tubuhnya baik tangan dan juga kakinya.

Dan tentunya, Anda harus selalu mengawasi dan menjaga agar bayi selalu dalam kondisi yang aman. Mengingat bahwa bayi pada usia 7 bulan selalu aktif bergerak di lantai, pastikan jika lantai rumah Anda selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, letakkan barang atau perabotan yang sekiranya berbahaya jauh dari bayi. Sebab bayi sangat suka bereksplorasi dengan barang-barang di sekitarnya.

Bayi berusia 7 bulan sudah bisa menegakkan punggung dan memutar badannya agar bisa duduk dalam waktu yang lebih lama. Agar kemampuan motoriknya semakin berkembang, Anda bisa mengajak bayi memainkan permainan yang menarik di lantai. Untuk merangsang pertumbuhan giginya, Anda juga sudah bisa mengajak bayi untuk menggunakan cangkir bayi atau sippy cup.

Pertumbuhan Sensorik Bayi Usia 7 Bulan
Selain perkembangan motoriknya, pertumbuhan bayi usia 7 bulan juga bisa Anda lihat melalui pertumbuhan sensoriknya. Apa saja perkembangan sensorik pada bayi berusia 7 bulan? Inilah beberapa diantaranya.

1. Kini, bayi Anda sudah bisa diajak bermain warna. Sebab ia sudah mampu mengenal berbagai macam warna dengan baik. Bayi bisa mengenal warna-warna mana saja yang sama pada suatu benda atau mainan. Anda bisa memberikannya mainan bola atau balok susun berwarna untuk meningkatkan sensoriknya. Tapi tetap, harus dalam pengawasan Anda.

2. Pada usia ini, bayi telah menunjukkan kemampuan yang baik terkait pendengarannya. Sekarang bayi bisa memahami jika Anda sedang mengijinkan atau melarangnya melakukan sesuatu. Selain itu, bayi juga tertarik untuk mencari tahu darimana sumber suara yang didengarnya meskipun tidak dilihat secara langsung.

3. Bayi bisa berkomunikasi dengan orang sekitarnya menggunakan ekspresi wajah, seperti cemberut, mengerutkan kening dan tersenyum. Bahkan banyak bayi yang sudah dapat menunjukkan kekesalannya dengan mendesah atau mengeluarkan suara malas. Kombinasi kata konsonan dan vokal bayi juga semakin baik.

4. Pertumbuhan bayi usia 7 bulan juga bisa dilihat dari kemampuannya dalam memberikan respon saat diajak berkomunikasi oleh orang-orang sekitarnya. Cobalah untuk mengajak bayi Anda berbicara walaupun respon yang diberikan hanya celotehan. Dengan begitu, mereka akan merasa dimengerti dan diajak berkomunikasi.

5. Walaupun masih merasa tidak nyaman dengan orang asing, bayi Anda akan mulai menunjukkan keberaniannya untuk berinteraksi. Asalkan orang asing tersebut menunjukkan sikap yang baik dan bayi merasa nyaman.

6. Buah hati akan terlihat sering memainkan ludah dan mulut. Ia akan menciptakan suara da meniup bibirnya secara berulang-ulang.

Perkembangan Emosi Bayi Usia 7 Bulan
Seperti yang sempat disinggung bahwa pada pertumbuhan bayi usia 7 bulan, bayi akan menunjukkan perkembangan emosi yang cukup signifikan. Dimana ia sudah bisa merekam memori dengan baik dan memahami emosi kedua orang tuanya. Saat orang tuanya menangis, maka bayi akan merasa sedih. Sama halnya saat orang tuanya sedang berbahagia, maka ia akan ikut tertawa.

Walaupun bayi sudah bisa ditinggal dengan pengasuh, tetap saja jangan sampai bayi melihat Anda pergi. Sebab ia belum memahami bahwa Anda pergi dan akan kembali lagi. Cobalah mengalihkan perhatian bayi dengan buku atau mainan jika Anda hendak pergi bekerja.

Mengingat daya ingatnya yang semakin meningkat, kini bayi sudah bisa merekam suara-suara yang terdengar familiar. Bahkan bayi sudah bisa memahami kata-kata “dadah” dan “mama”. Ia bisa berceloteh dengan vokal dan kosa kata yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Perlu diingat bahwa pada pertumbuhan bayi usia 7 bulan, gigi bayi akan tumbuh.

Dan akan terus tumbuh hingga lengkap seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, bayi akan lebih sering memasukkan benda yang dipegang atau tangannya ke dalam mulut agar bisa menggigitnya. Air liur bayi juga akan semakin banyak dikeluarkan pada usia ini. Sehingga Anda harus memastikan bahwa benda di sekitarnya tidak membahayakan dan dalam kondisi yang bersih.

Apakah bayi Anda menunjukkan perkembangan seperti yang disebutkan di atas? Setiap bayi memperlihatkan perkembangan yang berbeda-beda. Agar lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak terkait dengan perkembangan bayi Anda saat ini. Apakah dalam kondisi yang normal atau tidak. Sekian ulasan tentang pertumbuhan bayi usia 7 bulan, semoga bermanfaat. 

Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat