Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami

Mengikuti setiap tahap pertumbuhan anak merupakan sebuah hal membanggakan bagi setiap orang tua. Setiap tahap pertumbuhan yang dilalui si kecil pasti tidak ingin dilewatkan, apalagi oleh seorang ibu. Bulan-bulan awal pertumbuhan bayi adalah tahap-tahap yang memberikan dampak signifikan bagi setiap anak. Termasuk juga di masa pertumbuhan bayi usia 8 bulan.

Memantau Pertumbuhan Bayi di Pertambahan Usia Setiap Bulan
Setiap bulan setelah seorang bayi lahir, perkembangan akan terus terjadi. Pertumbuhan baik secara fisik maupun psikis bisa diperhatikan dari perubahan-perubahan yang terjadi setiap hari sejak pertama kali bayi dilahirkan. Tahap pertumbuhannya pun berlangsung dalam beberapa tahap yang terjadi di usia yang berbeda pula. Mulai dari pertama kali dilahirkan, bayi akan terus tumbuh dan berkembang.

pertumbuhan bayi usia 8 bulan, perkembangan bayi 8 bulan, bayi 8 bulan, fisik bayi 8 bulan, bayi delapan bulan, bayi

Pada usia-usia awal pertumbuhan bayi bisa dibilang merupakan tahap transisi dan adaptasi. Tahapan ini tepatnya terjadi pada usia 1-2 bulan awal. Selanjutnya, pertumbuhan bayi akan mulai terlihat lebih signifikan. Pertumbuhan ini bisa dilihat mulai dari secara fisik maupun psikis. Kedua pertumbuhan ini sudah mulai bisa dilihat oleh para orang tua dari usia 3 bulan.

Jika pada usia 1-2 bulan, bayi masih dalam tahap beradaptasi dengan lingkungan baru di luar janin ibunya, maka usia setelah itu pertumbuhan bayi sudah mulai terlihat. Misalnya ketika sudah berusia 3 bulan, perkembangan pertama yang bisa dilihat adalah dari segi fisiknya. Secara fisik, pada usia ini, bayi mulai tumbuh dengan signifikan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan berat badan dan tinggi badan.

Tahap pertumbuhan bayi kemudian berlanjut pada usia 5 bulan. Memasuki bulan ke 5 bayi berada di lingkungan luar janin ibunya, perkembangan lebih signifikan pun mulai bisa dilihat. Selain berat dan tinggi, beberapa fungsi anggota tubuh pada si kecil pun sudah mulai mengalami perkembangan. Selain fisik, psikis dan emosinya juga sudah mulai terlihat.

Baca juga:
 Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi
 Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Lantas bagaimana dengan pertumbuhan bayi usia 8 bulan. Pada usia 8 bulan ini, pertumbuhan juga masih terjadi di semua sisi baik fisik maupun psikologisnya. Bedanya pada usia ini, perkembangannya menjadi lebih jika dibandingkan dengan tahap pada usia sebelumnya. Misalnya pada sisi fisik. Pada usia ini setiap anggota tubuh pada bayi sudah berkembang dengan lebih kuat.

Sama seperti tahap pertumbuhan di usia lainnya, pertumbuhan bayi usia 8 bulan juga mencakup berbagai aspek. Fisik, psikis, emosi hanyalah beberapa bagian yang terus berkembang. Ada beberapa pertumbuhan lain yang bisa dilihat pada bayi di usia ini seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pertumbuhan Fisik pada Bayi Usia 8 Bulan
Sama seperti di usia lainnya, pertumbuhan pada bayi di usia 8 bulan yang paling mudah dikenali bisa dilihat dari pertumbuhan fisiknya. Pada usia ini karena bayi sudah mulai bisa mengonsumsi makanan selain ASI, maka secara otomatis akan berpengaruh pada perkembangan fisiknya, misalnya:

1. Berat badan
Pertumbuhan fisik yang paling terpengaruh karena faktor makanan yang mulai dikonsumsi si kecil di usia 8 bulan sudah pasti berat badannya. Berat badan bayi di usia ini akan terus mengalami peningkatan. Ketika melakukan pemeriksaan berat badan secara rutin setiap bulan, pastikan anak Anda mengalami perubahan berat badan. Jika tidak Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter.

2. Tinggi badan
Selain berat badan, pertambahan tinggi badan si kecil juga perlu diperhatikan dengan seksama oleh para orang tua. Pertumbuhan fisik yang normal bisa dilihat dari perkembangan tinggi dan berat badan yang berjalan sejalan. Jika tidak, maka Anda wajib mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertumbuhan Motorik pada Bayi Usia 8 Bulan
Pertumbuhan bayi usia 8 bulan selanjutnya yang bisa dilihat mengalami perubahan signifikan adalah pada sistem motoriknya. Pertumbuhan inilah yang biasanya paling membuat takjub para orang tua. Pada usia ini akan banyak perubahan dan pertambahan kemampuan yang dimiliki oleh si kecil, seperti misalnya pertumbuhan motorik berikut.

1. Merangkak
Pertumbuhan bayi usia 8 bulan pada sistem motoriknya yang paling mengesankan adalah ketika mulai belajar merangkak. Ketika bayi sudah mampu merangkak, maka itu berarti sistem koordinasi motorik bayi sudah berjalan dengan baik. Namun, Anda sebagai orang tua juga harus lebih memperketat pengawasan ketika tahap ini.

2. Belajar Keseimbangan
Pertumbuhan motorik yang tak kalah penting terjadi ketika bayi mulai belajar keseimbangan. Pada tahap ini adalah masa persiapan sebelum si kecil sudah mulai benar-benar bisa menggunakan kemampuan fisiknya sendiri. Saat belajar menyeimbangkan tubuhnya sebelum mulai berjalan misalnya, bayi akan mencari tempat untuk bertumpu guna mengatur keseimbangannya sendiri.

3. Mulai belajar berdiri
Setelah bisa merangkak dan mulai mencoba menyeimbangkan tubuhnya, tahap selanjutnya bayi akan mulai mencoba berdiri sendiri. Hal ini biasanya dimulai dengan gerakan sederhana seperti melakukan gerakan naik turun pada kaki dan panggul. Pada tahap ini orang tua tetap harus berperan membantu bayi untuk belajar berdiri.

Pertumbuhan Motorik Halus pada Bayi Usia 8 Bulan
Ada motorik kasar, ada pula motorik halus yang berkaitan dengan koordinasi sistem motorik untuk melakukan gerakan yang lebih spesifik dan detail. Pertumbuhan bayi usia 8 bulan pada bagian motorik halusnya bisa ditandai dengan beberapa tahap seperti berikut ini.

1. Koordinasi Tangan dan Jari yang Mulai berkembang
Jika pada usia sebelum 8 bulan bayi hanya mampu meraih-raih dengan jarinya, maka di usia ini pertumbuhan sudah bisa dilihat lebih signifikan. Hal ini bisa dilihat ketika si kecil sudah mulai bisa menggenggam benda dengan jarinya sendiri. Oleh karena itu, tak jarang para orang tua memberikan makanan berjenis finger foods untuk semakin melatih koordinasinya.

2. Gemar Memasukkan Jari ke Sela-Sela atau Lubang-lubang
Meskipun tidak terlalu terlihat signifikan, namun pada usia ini kemampuan motorik halus bayi mulai berkoordinasi dengan baik. Hal ini membuat bayi selalu mencoba memasukkan jari-jarinya di sela-sela mainan atau lubang pada mainannya. Oleh karena itu, Anda masih harus memperhatikan si kecil pada tahap ini.

3. Aktif menggerakkan benda-benda
Kemampuan motorik yang menjadi salah satu indikasi pertumbuhan bayi usia 8 bulan yang signifikan adalah ketika si kecil sudah bisa menggerakkan benda-benda di sekitarnya seperti mainan. Di masa ini Anda tak perlu khawatir dan kaget karena si kecil akan sering membuang-buang mainannya. Ini adalah tanda jika sistem motorik tangan si kecil sudah mulai bekerja dengan baik.

Kemampuan Sensorik Bayi Usia 8 Bulan
Selanjutnya, pertumbuhan bayi usia 8 bulan sudah bisa dibilang baik jika antara kemampuan motorik dan sensorik bisa berkoordinasi dengan baik. Ada beberapa kemampuan sensorik pada bayi yang sudah mulai didapatkan sejak usia 5 bulan. Namun pada usia ini, kemampuan sensoriknya itu akan berkoordinasi dengan kemampuan motorik untuk menghasilkan sebuah gerak yang harmonis.

1. Kemampuan melihat
Kemampuan sensorik melihat pada bayi sebenarnya sudah didapatkan sejak usia di bawah 8 bulan. Terbukti dengan rasa tertariknya saat melihat objek yang mencolok atau berwarna cerah. Namun, di usia ini bayi cenderung mengkoordinasikan dengan kemampuan motoriknya. Bisa dilihat ketika bayi mulai menggapai atau menendang mainan dan benda menarik yang dilihat.

2. Kemampuan Mendengar
Kemampuan mendengar bayi juga sudah mulai berkembang dengan baik. Hal ini bisa dibuktikan ketika bayi menyahut saat seseorang memanggilnya. Ini juga merupakan hasil koordinasi antara kemampuan sensorik dan kemampuan lainnya.

Kemampuan Lain dan Hal yang Perlu Diperhatikan
Selain beberapa kemampuan di atas, pertumbuhan bayi usia 8 bulan juga bisa dilihat dari kemampuan-kemampuan lain. Salah satunya adalah kemampuan berbicara dan bahasanya. Pada usia ini, si kecil sudah mampu berbicara meskipun dengan bahasa yang kurang bisa dimengerti. Tak jarang, si kecil juga akan merespon atau menirukan perkataan yang diperdengarkan padanya.

Maka pada tahap ini, ada banyak kata-kata yang diucapkan pertama kali oleh si kecil. Selain kata-kata yang diproduksinya sendiri, pada usia ini bayi juga cenderung menirukan apa yang diucapkan orang dewasa. Karena itu Anda juga harus berhati-hati saat berucap di depan si kecil.

Selain memperhatikan pertumbuhan bayi usia 8 bulan baik dari segi kemampuan motorik maupun sensorik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Misalnya tetap perhatikan keselamatan si kecil saat ia mulai bereksplorasi dengan kemampuan barunya. Hal ini bisa mencegah si kecil dari resiko-resiko yang terjadi bahkan ketika bermain.

Pertumbuhan bayi usia 8 bulan memang selalu menarik untuk diperhatikan. Namun, sebagai orang tua Anda juga tidak boleh lengah. Tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan si kecil dalam bermain adalah sebuah keharusan bagi orang tua. 

Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami