Cara Melatih Bayi Agar Bisa Miring ke Kiri dan ke Kanan Sendiri

Mengamati perkembangan buah hati adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan bagi setiap orang tua. Pada setiap perkembangan yang terjadi pada si kecil akan memberikan kebanggaan tersendiri, apalagi untuk para ibu. Selain mengamati, para orang tua juga bisa membantu buah hatinya dalam menjalani setiap tahap perkembangan. Misalnya orang tua bisa membantu bayi bagaimana cara melatih bayi miring.

Melatih Bayi Miring adalah Bagian dari Tahap Perkembangan
Membantu buah hati dengan cara melatih bayi miring akan membantu si kecil dalam melewati tahap perkembangannya. Tahapan ketika bayi mulai bisa miring adalah awal saat bayi akan masuk pada tahap tengkurap. Jika si kecil sudah bisa melewati tahap pertumbuhan ini, artinya sistem kerja otot dan syarafnya sudah bisa bekerja dengan baik. Dan tentu saja hal ini merupakan sebuah perkembangan yang bagus.

cara melatih bayi miring, cara melatih bayi miring kiri, bayi miring kanan, bayi miring, bayi

Cara melatih bayi miring bisa Anda lakukan dalam berbagai cara. Yang paling peting dan harus Anda perhatikan adalah jangan sampai lengah. Tetap pastikan keamanan  si kecil ketika Anda mengajarkan cara melatih bayi miring. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Melatih Bayi Miring dengan Rangsangan
Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melatih bayi miring. Salah satunya adalah dengan memberikan rangsangan. Rangsangan ini hanyalah sebagai pancingan agar bayi bisa menggerakkan tubuhnya untuk miring. Ketika sudah bisa memiringkan badannya sendiri, maka tahap selanjutnya adalah tengkurap. Nah berikut ini adalah beberapa rangsangan yang bisa Anda berikan untuk bayi.

1. Rangsangan Tummy Time
Rangsangan pertama yang bisa Anda berikan sebagai cara melatih bayi miring adalah dengan tummy time. Tummy time sendiri adalah kegiatan meletakkan si kecil pada posisi tengkurap. Ketika bayi sudah dalam posisi tengkurap biarkan dalam waktu 3-5 menit. Selanjutnya, balikkan lagi badannya dan lakukan cara ini secara berulang-ulang.

Baca juga:
Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi 
Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami

2. Merangsang dengan Mainan
Cara ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Letakkan mainan kesukaan si kecil dengan posisi di samping badannya. Hal ini bertujuan agar bayi bisa memiringkan sendiri badannya jika ingin mengambil mainan yang disukainya tersebut.

3. Memberikan Semangat dan Dukungan
Selalu berikan semangat pada si kecil ketika melalui proses ini. Semangat dari Anda akan semakin memberikan motivasi pada si kecil untuk bisa melalui tahap perkembangannya. Ketika si kecil berhasil memiringkan tubuhnya, jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat. Walaupun belum sepenuhnya mengerti, si kecil akan bisa menangkap apa yang Anda sampaikan.

4. Meletakkan bantal di samping tubuh bayi
Cara melatih bayi miring selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memberikan bantal di samping bayi. Bantal ini akan merangsang bayi untuk menegakkan tubuhnya, terutama di sisi tubuh yang tidak terhalang bantal. Dengan begitu bayi akan berusaha untuk memiringkan tubuh dengan sendirinya.

5. Tidur di Sebelah Bayi
Sama seperti cara sebelumnya, cara melatih bayi miring ini juga merangsang bayi agar bisa memiringkan tubuhnya ke arah Anda. Berbeda dengan bantal, jika Anda tidur di samping bayi, Anda bisa sekaligus menstimulasi si kecil agar menghadap ke arah Anda. Adanya stimulasi ini mau tidak mau akan membuat bayi berusaha memiringkan tubuhnya.

Melatih Bayi Miring dengan Treatment pada Fisiknya
Jika berbicara tentang treatment, pasti yang terpikir adalah perawatan. Ya, Anda bisa menggunakan beberapa perawatan tubuh pada bayi sebagai tambahan dalam cara melatih bayi miring. Treatment pada fisik bayi ini akan membantu agar perkembangan otot-otot pada si kecil bisa lebih cepat. Ada beberapa treatment yang bisa Anda coba gunakan.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Bisa Miring Sendiri dan Tengkurap? Ini Waktunya

▪ Melatih Otot Leher Bayi
Tahap saat bayi mulai bisa memiringkan tubuhnya adalah satu tahap sebelum bayi mulai bisa tengkurap. Untuk itu Anda perlu melatih kekuatan otot leher bayi, agar si kecil memiliki otot leher yang kuat. Nantinya ketika si kecil sudah mulai memiringkan tubuhnya, dia tidak akan takut. Caranya bisa dilakukan dengan menahan si kecil di dada Anda dalam posisi tengkurap selama beberapa menit.

▪ Melakukan Pijat Bayi
Treatment fisik seperti pijatan akan membuat otot-otot bayi semakin rileks dan tidak kaku. Pijat di beberapa titik tubuh juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan motorik si kecil. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk membantu si kecil dalam melewati tahap memiringkan tubuhnya.

▪ Senam Bayi
Senam bayi juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melatih bayi Anda untuk memiringkan tubuhnya hingga tengkurap. Pada senam bayi, tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan beberapa gerakan yang sesuai dengan umur bayi. Instruktur senam pun dipilih khusus yang berpengalaman dalam menangani bayi. Gerakan-gerakannya akan membantu si kecil agar nantinya dia bisa memiringkan tubuh sendiri.

▪ Melatih keseimbangan bayi
Dalam tahapan ketika bayi mulai memiringkan tubuhnya, tentu saja diperlukan keseimbangan yang baik agar bayi bisa memiringkan sebagian badannya. Anda bisa membantu melatih keseimbangan bayi dengan cara menempatkan dada si kecil pada bagian perut Anda. Dalam menjalai proses ini Anda perlu ekstra sabar sampai bayi bisa mendapatkan keseimbangannya sendiri.

▪ Melakukan Terapi untuk Bayi
Cara terakhir dengan terapi ini bisa Anda lakukan jika bayi masih belum bisa memiringkan sendiri tubuhnya hingga pada usia tertentu. Bayi yang terlambat untuk belajar atau terlambat dalam mengalami perkembangan fisik membutuhkan treatment ini untuk membantu si kecil. Tapi ingat Anda harus memastikan terapis yang Anda gunakan adalah terapis yang profesional dan hanya khusus menangani bayi saja.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan oleh Orang Tua
Selain mengetahui cara-cara yang bisa dilakukan untuk membantu si kecil agar bisa memiringkan tubuhnya, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan oleh para orang tua. Beberapa hal ini adalah hal-hal yang penting untuk diingat para orang tua dalam membantu si kecil menjalani setiap tahap perkembangannya. Diantara yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah:

1. Memperhatikan Keamanan Si Kecil
Ada setiap rangsangan atau bantuan yang Anda berikan untuk merangsang si kecil memiringkan tubuhnya, Anda juga harus memastikan keamanannya bagi si kecil. Jangan sampai alih-alih membantu buah hati Anda melewati tahap perkembangannya, Anda justru tidak memperhatikan keamanannya dan justru bisa berakibat fatal.

2. Memilih Tenaga Ahli dan Profesional
Dalam beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil memiringkan tubuhnya, diantaranya adalah dengan menggunakan terapi seperti pijat atau senam untuk bayi. Nah, dalam hal ini, Anda harus benar-benar hati-hati saat memilih tenaga, baik terapis ataupun instruktur senamnya.

3. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi
Selain cara melatih bayi miring yang bisa Anda lakukan seperti yang disebutkan di atas, untuk membantu perkembangan motorik si kecil Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisinya. Berikan makanan bergizi seimbang yang dibutuhkan si kecil terutama adalah makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium akan membantu memperkuat tulang buah hati Anda sehingga si kecil bisa menjalani proses tumbuh kembangnya dengan baik.

4. Memeriksakan Kesehatan Secara rutin
Ketika pada usia tertentu bayi Anda belum ada tanda-tanda sedang menjalani tahap tumbuh kembang yang seharusnya terjadi, Anda sebagai orang tua harus peka. Ketika hal itu terjadi, segeralah periksakan kesehatan si kecil ke dokter. Hal ini hanya untuk mengantisipasi jikalau keterlambatan tahap perkembangan yang terjadi adalah indikasi adanya masalah kesehatan pada bayi.

5. Jangan Memaksakan
Yang juga penting untuk diingat dalam cara melatih bayi miring adalah Anda tidak boleh memaksakan pada si kecil. Ketika Anda berniat membantu si kecil agar bisa memiringkan tubuhnya sendiri, jangan sampai Anda memaksakan pada bayi. Saat bayi sudah mulai menangis karena lelah atau menunjukkan bahwa ia bosan, sebaiknya Anda hentikan sebentar.

Setiap tahap perkembangan yang dijalani oleh si kecil dalam masa pertumbuhannya adalah suatu hal yang penting. Penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikan setiap perkembangan yang terjadi pada si buah hatinya. Dengan mengetahui tahap perkembangan yang terjadi pada si kecil, orang tua bisa membantu agar si kecil bisa melalui tahap tersebut dengan cara memberikan rangsangan ataupun dengan cara lain.

Beberapa cara melatih bayi miring di atas hanyalah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk membantu buah hati Anda melalui tahap memiringkan tubuh sebelu akhirnya tengkurap. Ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Yang paling penting adalah selalu konsultasikan setiap perkembangan yang terjadi pada dokter dan selalu jaga asupan nutrisi untuk si kecil.

Cara Melatih Bayi Agar Bisa Miring ke Kiri dan ke Kanan Sendiri