Begini Cara Menggunakan Bantal Menyusui agar si Bayi Tetap Nyaman

Menyusui merupakan cara ibu untuk memberikan asupan nutrisi yang baik untuk bayinya. Walaupun terlihat mudah, nyatanya menyusui tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena ada teknik dan posisi khusus agar kegiatan menyusui bisa maksimal. Cara menggunakan bantal menyusui juga benar-benar harus diperhatikan jika Anda ingin bayi merasa nyaman.

Sebelum bisa menyangga dan menyusui bayi dengan benar dan nyaman, para ibu membutuhkan koordinasi, kesabaran dan waktu untuk bisa menyesuaikan badan dengan posisi bayi. Tidak perlu khawatir karena para ibu hamil bisa menguasai posisi menyusui yang benar seiring dengan kebutuhan bayi dalam menyusu.

cara menggunakan bantal menyusui, cara pakai bantal menyusui, bantal menyusui, cara menggunakan bantal bayi, bantal bayi menyusui

Kenyamanan ketika menyusui adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh para ibu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman tersebut adalah dengan menggunakan bantal menyusui.

Apa yang dimaksud dengan bantal menyusui? Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda, di bawah ini akan diulas secara lengkap tentang bantal menyusui.

Manfaat Bantal Menyusui yang Harus Anda Ketahui
Sebelum membahas tentang cara menggunakan bantal menyusui, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa saja manfaat bantal menyusui. Seperti yang diketahui bahwa posisi menyusui yang paling tepat harus bisa memberikan kenyamanan baik bagi bayi maupun ibunya. Disinilah fungsi dan manfaat utama bantal menyusui yakni memberikan rasa nyaman pada bayi dan ibunya selama masa menyusui.

Baca juga: 
5 Bentuk Bantal yang Baik untuk Bayi Baru Lahir dan Manfaatnya
7 Jenis Bantal yang Baik dan Cocok untuk Bayi Usia 0 - 4 Bulan
Tahapan Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 12 Bulan dan Perkembangannya

Bantal menyusui biasanya didesain dengan bentuk melengkung menyerupai bentuk huruf U. Bentuk bantal ini bermanfaat sebagai penyangga supaya bayi bisa mendapatkan posisi paling nyaman untuk menyusui. Manfaat bantal menyusui lainnya adalah membantu ibu agar lebih ringan dalam menopang tubuhnya ketika sedang menyusui.

Bantal menyusui juga sangat memudahkan ibu ketika sedang bepergian. Pasalnya bantal ini dapat dilipat dan dibawa kemanapun dengan mudah. Dengan adanya bantal menyusui, maka ibu sudah tidak perlu bingung atau khawatir lagi jika selama bepergian harus memberikan ASI pada bayinya.

Bantal bayi juga sangat membantu ketika Anda sedang menyusui di dalam mobil. Sebab bantal ini akan menjaga posisi bayi agar tidak tergoncang meskipun terjadi getaran selama mobil melaju. Dengan begitu, posisi menyusui akan selalu terasa nyaman dan terjaga.

Saat sedang diberikan ASI, biasanya bayi akan berganti-ganti posisi sampai mendapatkan posisi yang paling enak. Hal inilah yang seringnya membuat ibu merasa sakit pada bagian leher dan pinggang karena gerakan bayi yang sering berubah-ubah posisi tersebut.

Jika bayi terlalu sering bergonta-ganti posisi, maka payudara ibu akan terasa perih akibat gesekan yang dilakukan oleh sang buah hati. Tapi dengan memakai bantal menyusui ini, setidaknya Anda bisa mengurangi rasa perih tersebut. Sebab bayi akan merasakan kenyamanan sehingga tidak akan melakukan pergerakan yang berlebihan.

Baca juga: Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 1 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Cara Menggunakan Bantal Menyusui yang Paling Benar
Sebagai seorang ibu yang sangat mencintai anaknya, tentunya Anda akan melakukan berbagai cara agar kebutuhan asupan ASI bayi bisa terpenuhi. Oleh sebab itu, Anda juga harus mengetahui cara menggunakan bantal menyusui jika memang ingin bayi selalu merasa nyaman saat meminum ASI.

Bantal menyusui merupakan bantal yang didesain untuk membantu para ibu saat sedang menyusui buah hatinya. Bayi sangat membutuhkan ASI dalam masa pertumbuhannya. Sayangnya, banyak ibu yang mudah lelah selama masa menyusui sehingga seringkali hal tersebut membuat produksi ASI berkurang.

Jadi tidak mengherankan jika banyak ibu yang merasa sangat terbantu dengan adanya bantal menyusui ini. Sekedar informasi, bantal bayi yang dijual di pasaran saat ini biasanya didesain dengan perekat khusus.

Umumnya, perekat tersebut berupa gesper yang bisa dengan mudah dilepas dan dipasangkan oleh ibu menyusui. Bagi Anda yang masih bingung terkait dengan cara menggunakan bantal menyusui, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pemasangan
Cara pertama adalah Anda pasang terlebih dahulu bantal menyusui dengan merekatkan gesper bantal pada pinggang kanan. Lalu posisikan sandaran ke bagian punggung Anda.

2. Atur ketinggian
Setelah Anda berhasil memasang bantal menyusui, aturlah ketinggian posisi bayi secara optimal. Caranya adalah dengan menutup atau mengencangkan gesper pada tubuh Anda. Anda sesuaikan pula tali pengikat berdasarkan kenyamanan tubuh Anda.

3. Angkat bayi dan posisikan dengan benar
Cara menggunakan bantal menyusui selanjutnya, Anda angkat bayi. Kemudian baringkan tubuh bayi Anda di atas bantal secara langsung. Berikan bantuan pada bayi agar bisa menemukan puting susu Anda. Caranya, pegang, dekatkan dan hadapkan buah hati ke arah Anda. Lalu sangga kepala, leher serta bahu bayi dengan tangan Anda. Posisikan tangan berada di belakang kepala bayi. Dengan begitu, dagu bayi akan lebih dekat dengan puting payudara Ada.

Pastikan jika hidung bayi dapat leluasa bernapas lega. Sangga payudara menggunakan tangan Anda. Letakkan ibu jari kurang lebih dua inci di sekitar puting. Posisikan ibu jari agar bisa sejajar dengan jari telunjuk. Secara bersamaan, perlahan Anda tekan sedikit tepat di hadapan bayi sambil memasukkannya ke dalam mulut bayi.

Pastikan jika bayi menjangkau semua bagian puting Anda. Jari Anda harus selalu menekan payudara sampai bayi selesai menyusui. Kini, bayi bisa menyusui dengan  posisi yang nyaman. Cara menggunakan bantal menyusui ini sangat mudah bukan?

Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Menggunakan Bantal Menyusui
Selain mengetahui cara menggunakan bantal menyusui, Anda juga harus tahu tentang hal-hal penting apa saja yang harus diperhatikan ketika sedang menggunakan bantal menyusui. Hal ini tidak boleh terlewatkan agar Anda bisa memastikan bahwa posisi dan cara penggunaan bantal ini sudah sesuai dengan prosedurnya atau belum.

Hal penting yang harus Anda hindari adalah jangan memakai bantal ini ketika Anda sedang menyusui sambil berdiri. Jangan mendorong leher dan kepala bayi ke payudara terlalu kuat. Duduklah dengan posisi yang tegak. Jangan membungkuk karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Walaupun bantal menyusui cukup membantu para ibu, tetap saja Anda harus memastikan bahwa posisi yang dipilih sudah disesuaikan dengan kenyamanan bayi. Ibu juga harus merasa nyaman. Anda bisa duduk di kursi atau tempat tidur untuk memberikan ASI pada bayi.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah merasa lelah selama masa menyusui. Apalagi, cara menggunakan bantal menyusui sangatlah mudah. Sehingga tidak akan membutuhkan waktu lama untuk Anda beradaptasi dengan bantal menyusui ini.

Tips Memilih Bantal Menyusui
Setelah mengetahui tentang cara menggunakan bantal menyusui, Anda harus memahami tips-tips apa saja dalam memilih bantal menyusui. Pasalnya, tidak semua bantal menyusui mampu memberikan kenyamanan pada bayi dan ibu. Apalagi saat ini ada banyak sekali toko yang menjual bantal menyusui di pasaran.

Sehingga Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih yang terbaik. Apa saja memilih bantal menyusui? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

▪ Pilihlah bantal yang praktis, bisa dilipat, dibawa dan disimpan di tas dengan mudah. Sebaiknya, pilih bantal yang didesain dengan gesper di bagian pinggul. Tujuannya adalah agar bantal menyusui tidak bergerak ketika ibu melakukan kegiatan lain selama menyusui.

▪ Bantal menyusui bermerek lebih dianjurkan karena biasanya lebih berkualitas dan aman untuk bayi. Pastikan jika bantal yang dipilih memiliki ukuran yang pas dengan bentuk dan ukuran tubuh Anda. Dengan begitu, Anda dan bayi akan merasa selalu nyaman.

▪ Jangan memilih bantal yang terlalu berat. Karena bantal tersebut akan membuat tangan Anda menjadi lebih mudah lelah. Sekedar informasi, biasanya bantal menyusui dijual dengan berat antara 2 sampai 3 kg.

▪ Tips selanjutnya, pilihlah bantal menyusui yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Bahannya juga harus lembut dan nyaman. Jangan sampai bahan bantal yang dipilih membuat kulit bayi iritasi.

Fungsi Lain dari Bantal Menyusui
Tak hanya bisa dipakai untuk penopang badan bayi saat sedang menyusu, bantal menyusui juga bisa dipakai sebagai alas untuk tubuh bayi ketika mereka sedang belajar duduk. Ukurannya yang besar tentunya mampu menopang tubuh bayi yang sedang belajar menyeimbangkan tubuhnya. Namun tentu saja, Anda sebagai orang tua harus selalu mengawasinya dengan baik.

Mengingat betapa banyaknya manfaat dari bantal menyusui, tidak mengherankan jika semakin banyak pula para ibu yang berburu bantal menyusui ini. Demikianlah ulasan terkait dengan cara menggunakan bantal menyusui. Semoga informasi di atas memudahkan Anda untuk menyusui bayi dengan benar dan tepat.

Begini Cara Menggunakan Bantal Menyusui agar si Bayi Tetap Nyaman