10 Jenis Bantal Menyusui yang Nyaman bagi Si Bayi dan Harganya

Menyusui adalah hal yang perlu dilakukan dengan penuh persiapan dan kehati-hatian oleh setiap ibu. Hal ini karena air susu ibu adalah sumber makanan yang sangat penting untuk tumbuh kembang sang bayi. Banyak ibu menggunakan bantal menyusui untuk memperlancar proses menyusui. Namun, memilih bantal menyusui juga perlu diperhatikan supaya menyusui menjadi nyaman.

Manfaat Menggunakan Bantal Menyusui
Alasan utama menggunakan bantal menyusui adalah untuk mempermudah posisi menyusui. Untuk sang bayi, tidak terlalu jauh dari payudara, dan bagi sang ibu, tidak perlu merasa pegal karena menggendong bayi. Sehingga akan didapatkan posisi yang pas saat menyusui. Posisi yang pas juga akan menghindarkan bayi dari resiko tersedak ataupun muntah saat menyusui.

jenis bantal menyusui, bantal menyusui bayi, bantal menyusui, harga bantal menyusui, bantal bayi, menyusui

Bayi juga akan menjadi lebih tenang apabila disusui sambil menggunakan bantal. Dengan adanya bantal, bayi akan merasa nyaman dan lebih tenang saat disusui. Bayi yang tenang tidak akan mudah bergerak-gerak yang tentunya jika banyak bergerak akan mempersulit proses menyusui.

Beberapa bantal menyusui memiliki sandaran punggung untuk sang ibu. Dengan adanya sandaran punggung, postur saat menyusui menjadi lebih baik. Postur yang baik akan menata posisi tubuh sehingga nyaman ketika menyusui. Anda pun tidak akan merasa sakit ataupun pegal pada bagian punggung seperti yang sering dikeluhkan saat menyusui.

Bantal untuk menyusui saat ini tersedia dalam berbagai jenis, namun cenderung berbentuk kompak dan praktis untuk dibawa-bawa. Tidak ada alasan lagi untuk kesulitan saat menyusui ketika bepergian, karena bantalnya sudah praktis dan mudah dibawa-bawa. Meskipun tersedia juga varian bantal yang cenderung besar dan memiliki aksesoris beragam untuk bisa Anda gunakan di rumah.

Baca juga:
5 Bentuk Bantal yang Baik untuk Bayi Baru Lahir dan Manfaatnya 
7 Jenis Bantal yang Baik dan Cocok untuk Bayi Usia 0 - 4 Bulan 
Begini Cara Menggunakan Bantal Menyusui agar si Bayi Tetap Nyaman 

Jenis dan Tipe Bantal Menyusui yang Tersedia di Pasaran
Beragamnya aktivitas dan kebutuhan sang ibu, membuat bantal menyusui hadir dalam berbagai jenis di pasaran. Berbeda jenis, maka berbeda juga fungsi dan keunggulannya dibanding jenis lainnya. Berikut adalah tipe dan jenis bantal yang populer di pasaran beserta kisaran harganya sebagai referensi Anda dan sang bayi ketika menyusui.

1. My Brest Friend Nursing Pillow
Hal yang menjadi ciri khas dari bantal ini adalah aksesorisnya yang cukup lengkap. Tersedia gesper sebagai pengencang dan juga ada sandaran punggung di bagian belakang. Produk ini termasuk salah satu yang paling populer, karena sudah digunakan lebih dari 33 juta orang di seluruh dunia. Produk ini dapat digunakan hingga bayi berumur 18 bulan atau memiliki berat 9 kg.

Karena banyaknya aksesoris, menggunakan produk ini perlu beberapa langkah. Pertama posisikan bantal ini dengan bagian bantal di depan, sandaran di punggung, dan gesper di bagian pinggang. Atur bantal terlebih dahulu pada posisi yang sesuai, baru kencangkan gesper dan velcro untuk menahan posisi. Setelah kencang, bayi bisa langsung Anda posisikan di bagian bantal untuk mulai menyusui.

2. Maternity Pillow
Bantal menyusui yang satu ini termasuk multifungsi. Selain berguna untuk melindungi dan menopang pada bagian perut, bantal ini juga dapat dijepit di antara tumit dan dijadikan sandaran kepala. Desainnya yang sederhana membuat sang ibu tidak perlu merasa risih dan gerah saat menyusui. Harga produk ini juga relatif terjangkau, yaitu kurang dari Rp 300 ribu saja.

3. Baby Oz Nursing Pillow
Jika Anda mencari bantal untuk menyusui yang bisa bertahan hingga 10 tahun, maka jenis produk bantal ini bisa menjadi pilihan. Fitur yang disediakan bantal ini juga cukup lengkap, seperti tersedia kantung di bagian depan dan clip on yang mampu menjaga bantal supaya tidak turun saat digunakan.

Bantal dengan bandrol sekitar Rp 200 ribu ini memiliki desain berbentuk melingkar. Desain ini bermanfaat supaya proses menyusui menjadi nyaman. Kenyamanan ini juga ditambah dengan tersedianya tali pinggang untuk mengatur kekencangan pada saat menggunakan bantal.

Baca juga: Tahapan Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 12 Bulan dan Perkembangannya

4. Bantal Menyusui Bumbeedee
Karena seringkali dipakai, biasanya bantal menjadi kotor. Untuk mengatasi hal tersebut, bantal jenis ini memiliki cover yang dapat dilepas dan dicuci. Kontur bantal yang mengikuti tubuh bayi juga membuat bayi tidak mudah jatuh saat disusui. Bantal ini memiliki pengikat yang termasuk simpel dibandingkan jenis bantal menyusui lainnya.

5. Bantal Menyusui Tipe U
Desainnya yang sederhana dan simpel membuat alat yang mempermudah proses menyusui ini praktis untuk dibawa kemana-mana. Ciri khas dari jenis tipe U adalah bentuknya yang seperti huruf u namun cenderung membulat. Meskipun desainnya sederhana, namun bantal yang berharga sekitar Rp 150 ribu ini tentu masih dapat berfungsi untuk menahan badan bayi saat proses menyusui.

6. 10 in 1 Nursing Pillow
Jenis bantal menyusui 10 in 1 ini cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin rajin menyusui bayi. Jenis bantal ini memungkinkan untuk digunakan pada saat duduk, dipasang di kereta dorong, kursi makan, hingga di kursi mobil. Produk ini biasanya dibandrol cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 1,1 juta, namun sesuai dengan keunggulannya yang dapat dipasang di mana-mana.

7. Bantal Menyusui Lipat
Bantal jenis ini memudahkan pada saat dibawa ataupun penyimpanan karena bentuknya yang dapat dilipat. Mengingat ukuran bantal untuk menyusui biasanya lumayan besar, sehingga agak merepotkan ketika dibawa-bawa. Ketika digunakan pun produk seharga Rp 180 ribu ini tidak perlu mengorbankan kenyamanan bayi, karena bayi masih dapat dalam posisi selonjor saat disusui.

8. Bantal Menyusui Tipe V
Bentuk seperti huruf V diklaim lebih mengikuti kontur tubuh ibu dan juga bayi saat menyusui, sehingga proses menyusui diklaim bisa lebih nyaman. Bantal menyusui ini mampu mendukung posisi menyusui bayi baik itu duduk ataupun tiduran. Umumnya untuk bantal jenis ini dibandrol pada kisaran harga Rp 170 ribu.

9. Travel Pillow
Jika Anda adalah seorang ibu menyusui yang sering bepergian ke luar kota, ada baiknya untuk memilih bantal menyusui jenis travel pillow. Bantal ini didesain khusus untuk dapat mudah dibawa dan dikemas. Terlebih untuk bepergian dengan mobil, jenis bantal ini sangat praktis digunakan karena memiliki mekanisme pelipatan yang baik juga ada tali untuk mempermudah ketika dibawa.

Bandrol harga Rp 500 ribu memang sepintas terlihat lebih mahal dibanding jenis lainnya, namun kepraktisannya membuat jenis ini layak untuk Anda beli. Tentu lebih baik daripada kerepotan saat menyusui ketika bepergian. Tersedia juga beberapa kantong untuk menyimpan beberapa keperluan bayi saat perjalanan seperti tisu, popok, dan lainnya.

10. Gia Angled Nursing Pillow
Jika bayi Anda memiliki gejala sering muntah atau tersedak, ada baiknya membeli bantal jenis ini. Bantal ini berbentuk seperti bulan sabit, dan tidak lurus pada permukaan bantalnya. Bagian atas atau tempat menaruh kepala bayi terletak agak tinggi dan miring hingga ke akhir permukaan bantal. Bentuk yang miring ini mampu mencegah terjadinya muntah pada bayi.

Permukaannya juga bisa dibolak-balik, sehingga jika kotor atau basah pada bagian satu, maka tinggal dibalik dan gunakan permukaan lainnya. Permukaannya juga relatif mudah dibersihkan sehingga tidak menyulitkan pada saat pencucian. Produk ini umumnya dihargai pada kisaran harga Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu.

Selalu Perhatikan Penggunaan Bantal Menyusui
Sebagus apapun desain dan kualitas bantal, jika penggunaannya salah maka akan berbahaya untuk sang bayi. Pernah terjadi meninggalnya seorang bayi karena kekurangan asupan oksigen pada otak akibat penggunaan bantal menyusui yang kurang tepat. Bantal tersebut tidak diposisikan dengan benar sehingga menghambat jalur oksigen pada tubuh.

Penggunaan bantal hendaknya selalu mengikuti instruksi yang diberikan oleh pabrikan. Selalu pastikan bahwa tali pengikat sudah kencang atau posisi bantal sudah benar dan nyaman. Penggunaan bantal yang kendur dan tidak sesuai posisi badan bayi dapat mengakibatkan bayi terjatuh dari atas bantal. Jika terjatuh, kepala bisa menekan dada dan menyebabkan kematian.

Berikut adalah hal-hal seputar jenis-jenis bantal menyusui dan penggunaannya. Selalu pilih bantal sesuai kebutuhan Anda. Pastikan bantal selalu dijaga kebersihannya baik itu dengan dilap ataupun dicuci. Selalu berhati-hati saat penggunaan bantal supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Belilah bantal dari penjual yang tepercaya untuk menghindari produk tiruan.

10 Jenis Bantal Menyusui yang Nyaman bagi Si Bayi dan Harganya