Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan

Masa kehamilan merupakan masa pertumbuhan janin yang paling rentan. Baik ibu ataupun janin harus selalu dalam keadaan sehat terlebih lagi bila masa kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan. Pada Perkembangan janin usia 7 bulan, tubuh bayi sudah mulai terlihat sempurna. Pada saat itu, organ-organ tubuh janin sudah mulai terlihat dengan jelas.

Pada masa ini, karena organ tubuh janin sudah mulai sempurna maka pergerakannya pun relatif lebih aktif. Pergerakan janin di dalam perut akan mulai terasa lebih keras. Bentuk janin yang tumbuh semakin besar terkadang membuat perut ibu hamil terlihat tidak rata.

perkembangan janin usia 7 bulan, pertumbuhan janin 7 bulan, perkembangan janin 28 minggu, pertumbuhan janin 28 minggu, janin bayi 7 bulan

Pada perkembangan janin usia 7 bulan, jenis kelamin si bayi mulai terlihat semakin jelas. Untuk terus memantau perkembangannya, ibu hamil diharuskan selalu memeriksakan kandungannya secara rutin agar bila terjadi masalah pada perkembangannya dapat segera ditangani. Hal ini dilakukan demi kesehatan janin juga ibunya.

Setelah memasuki usia kehamilan 7 bulan, perut akan semakin bertambah besar dan waktu melahirkan akan terasa lebih cepat. Untuk mempersiapkan kelahiran bayi dengan sehat dan selamat, ibu hamil sangat disarankan untuk terus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran agar nutrisi yang diperlukan janin dan ibu terpenuhi.

Asupan makanan yang sehat dan bergizi juga dapat menghasilkan energi, sehingga ibu hamil tidak akan mudah merasa lelah setelah melakukan aktivitas. Meski masih diperbolehkan melakukan aktivitas, sebaiknya batasi kegiatan Anda agar badan tetap fit dan sehat sampai waktu melahirkan tiba.

Baca juga:
Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan 
Perkembangan Janin Usia 9 Bulan (36 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan 
Tahapan Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 12 Bulan dan Perkembangannya  

Perkembangan Fisik Janin Usia 7 Bulan
Pada perkembangan janin usia 7 bulan, perkembangan fisiknya sudah mulai terlihat dengan jelas. Berikut penjelasan perkembangan fisik yang terlihat pada janin yang sudah memasuki usia 7 bulan:

1. Pada usia 7 bulan, kulit janin mulai tertutupi oleh jaringan lemak verinix. Fungsi jaringan lemak verinix adalah untuk menutupi kulit janin agar tidak basah apabila terkena air ketuban. Selain itu, verinix akan membuat tubuh janin tetap terasa hangat meskipun berada di dalam air ketuban.

2. Karena perkembangan fisik sudah mulai terlihat jelas, alat kelamin janin pun sudah mulai dapat diprediksi dengan jelas. Namun meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jenis kelamin akan berubah ketika bayi dilahirkan. Ketika bayi dinyatakan perempuan, jenis kelaminnya masih dapat berubah karena ada kemungkinan penisnya belum terlihat.

3. Bila janin dinyatakan berkelamin laki-laki maka akan terbentuk kantung skrotum. Bila janin sudah terbukti berkelamin laki-laki, secara medis jenis kelaminnya tidak akan berubah pada saat dilahirkan. Berbeda dengan yang awalnya jenis kelamin perempuan.

4. Rambut dan alis janin sudah mulai tumbuh dengan lebat, dan pembentukan kelopak matanya sudah mulai sempurna. Selain itu selaput yang tadinya menutupi bola mata janin, kini sudah mulai menghilang. Sehingga ia sudah mulai bisa melakukan gerakan menutup dan membuka mata.

5. Untuk proses pernapasan, karena paru-parunya sudah dapat berfungsi, janin sudah mulai bisa bernafas. Selain itu, pertumbuhan tulang sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Kulit janin juga sudah mulai berkembang baik dan terasa lebih kencang.

Baca juga: Tahap Perkembangan Janin Usia 0-9 Bulan dan Pertumbuhannya

Perkembangan Otak Janin Usia 7 Bulan
Pembentukan jaringan-jaringan pada otak sudah mulai berkembang dengan baik dan sempurna. Pada perkembangan janin usia 7 bulan, permukaan pada otak mulai  nampak berkerut-kerut menandakan jaringan otak mulai terbentuk dengan baik.  Sel-sel syaraf yang dilapisi lemak pada otak juga sudah mulai berfungsi dengan baik, sehingga otak sudah mulai bisa menerima rangsangan dengan cepat.

Tumbuh kembang otak janin akan terus berkembang dengan pesat mulai dari usia 7 bulan hingga usia 5 tahun. Pada usia 7 bulan, karena perkembangan otak janin terus meningkat, ia sudah mulai dapat bermimpi.

Perkembangan Emosi dan Indera Janin pada Usia 7 Bulan
Pada perkembangan janin usia 7 bulan, bayi akan tumbuh semakin besar. Hal tersebut mengakibatkan janin merasa tidak nyaman karena rahim yang terasa lebih sempit. Dengan demikian, ia akan terus bergerak-gerak untuk mencari posisi yang nyaman. Karena bayi sering bergerak maka posisinya bisa saja terus berubah-ubah. Untuk itu, pada masa ini sangat disarankan untuk melakukan USG Kehamilan.

Indera pendengaran, indera penglihatan, dan indera perasa pada janin sudah mulai berkembang dan berfungsi dengan baik. Pada indera penglihatan, karena janin sudah mulai bisa melihat, di dalam rahim ia dapat melihat uterus yang memiliki kondisi gelap dan terang. Kondisi uterus tersebut kelak dapat membuat janin dapat membedakan waktu siang dan malam.

Indera pendengaran pada perkembangan janin usia 7 bulan sudah mulai berfungsi dengan baik.  Ia akan bisa mendengar suara ibu dan ayahnya dengan jelas. Selain itu, ia juga dapat mendengarkan suara-suara lain seperti musik. Untuk itu pada usia kehamilan 7 bulan disarankan untuk mendengarkan musik-musik relaksasi dan lagu-lagu yang positif dan memberikan semangan pada ibu hamil.

Indera perasa pada janin juga sudah mulai berkembang dengan baik. Ia sudah mulai bisa mengetahui apa saja yang dimakan ibunya. Untuk itu, pada masa ini sangat penting untuk menjaga makanan dengan menghindari makanan yang tidak sehat. Dan usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat juga suplemen dan vitamin.

Posisi Janin dalam Kandungandi Usia 7 Bulan
Dalam perkembangan janin usia 7 bulan, posisi janin cenderung terus berubah-ubah. Terkadang posisi kaki berada di bawah dan kepala janin berada di atas. Posisi tersebut tidak baik bagi janin karena dapat menyulitkan proses kelahiran.

Namun Anda tidak perlu khawatir, posisi tersebut masih dapat berubah-ubah selama belum memasuki usia 9 bulan. Pada usia 7 bulan, posisi kepala bayi belum masuk ke dalam panggul, untuk itu posisinya masih dapat berubah.

Apabila Anda ingin memastikan posisi janin, sebaiknya lakukan pemeriksaan USG pada dokter kandungan atau bidan. Selain untuk mengetahui posisi janin, dengan sering memeriksakan diri ke dokter atau bidang, kondisi kesehatan Anda dan janin dapat terpantau dengan baik.

Bentuk dan Kondisi Janin dalam Kandungan Usia 7 Bulan
Kondisi dan bentuk pada perkembangan janin usia 7 bulan sudah berkembang pesat. Berat janin sudah mulai bertambah hingga mencapai 1,1 kg, dengan panjang 35-38 cm. Pertumbuhan janin akan sangat bergantung pada kesehatan dan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Bila kondisi ibu selalu fit dan mengkonsumsi makanan bernutrisi, makan janin akan dapat tumbuh dan berkembang dengan normal.

Kondisi janin dalam perkembangan janin usia 7 bulan sangat sensitif dan bisa merasakan perasaan ibunya. Hal ini dikarenakan ia sudah mulai bisa mendengar segala jenis suara. Untuk itu, sangat baik bila ibu mendengarkan musik yang membuat rileks dan mendengarkan obrolan yang positif. Karena kondisi janin sangat bergantung pada kondisi ibu yang mengandungnya.

Karena janin sudah bisa mendengar, cobalah untuk selalu memberikan sugesti yang baik pada bayi Anda agar menjadi anak yang pintar dan cerdas. Dan bila ibu sedang mendapati masalah,  jangan membiarkan diri murung terlalu lama karena dapat mempengaruhi kondisi janin.

Selain itu karena bentuknya yang sudah mulai sempurna, selain gerakannya semakin terasa, detak jantungnya pun sudah mulai bisa terdengar oleh ibunya. Hal ini tentu akan membuat ibu semakin merasa bahagia karena bisa merasakan kehadiran calon bayinya.

Pada masa kehamilan yang mulai memasuki usia 7 bulan, ibu harus lebih mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk persiapan melahirkan. Karena bila terjadi sesuatu, bisa saja bayi terlahir prematur pada usia 7 bulan. Namun meskipun begitu, karena tubuh janin sudah mulai sempurna, bayi yang terlahir prematur masih dapat tumbuh dengan normal selama diberikan asupan nutrisi yang cukup.

Setiap ibu hamil tentunya merasa sangat senang ketika sudah mulai merasakan pergerakan dan detak jantung janin di dalam perutnya. Dan pada usia kehamilan ini biasanya ibu hamil sudah mulai merasakan semangatnya kembali. Hal tersebut sangat bagus karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan janin. Bila ibunya sehat makan janinnya pun akan sehat, begitupun sebaliknya.

Namun, ibu hamil yang terlalu bersemangat beraktivitas tidak baik. Untuk itu, tetap batasi. Aktivitas sehari-hari Anda agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Jangan membiarkan diri hingga terlalu kelelahan. Dengan begitu perkembangan janin tidak akan terganggu. Demikian ulasan mengenai perkembangan janin usia 7 bulan secara lengkap dan detail. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber bacaan yang baik bagi banyak orang.

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan