Pertumbuhan Bayi Usia 11 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami

Anak merupakan anugerah yang sangat membahagiakan. Kehadiran anak selalu dinantikan oleh pasangan suami istri, terutama mereka yang belum mempunyai anak. Jika sudah memiliki anak, orang tua pun harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan bayi usia 11 bulan menjadi fase yang penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Fase pertumbuhan bayi bisa berbeda antara bayi yang satu dengan bayi yang lain. Fase ini dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari unsur dari dalam diri anak dan unsur lingkungan. Namun, secara umum terdapat tanda atau ciri khas bayi sehat sesuai dengan usianya. Bayi tumbuh setahap demi setahap kemudian tidak terasa mereka akan tumbuh besar dengan cepat.

pertumbuhan bayi usia 11 bulan, perkembangan bayi 11 bulan, bayi 11 bulan, fisik bayi 11 bulan, bayi

Ada beberapa tanda pertumbuhan bayi usia 11 bulan yang umum terjadi pada kebanyakan bayi. Tanda-tanda ini tidak selalu sama karena karakter dan latar belakang bayi berbeda-beda. Namun, tanda-tanda berikut ini dapat menjadi panduan bagi ibu untuk memahami bayi sehat berdasarkan usianya. Khususnya untuk usia 11 bulan. Jadi, ibu bisa membandingkan dengan bayi ibu sendiri.

Pertumbuhan Secara Fisik Bayi Usia 11 Bulan
Pertumbuhan bayi yang dapat diketahui dengan mudah adalah secara fisik. Karena fisik bisa dilihat dengan mata secara langsung. Ciri fisik ini menyangkut bagaimana perubahan tubuh bayi, bagaimana panca inderanya dapat berfungsi, dan sebagainya. Ibu bisa melihat dan merasakan perbedaan fisik bayi yang baru lahir dengan yang sudah berusia 11 bulan.

Pertumbuhan bayi usia 11 bulan adalah usia dimana bayi belum genap 1 tahun. Namun, struktur tubuh bayi sudah mulai memperlihatkan perbedaannya dibandingkan usia 0 bulan. Bayi akan mempunyai punggung dan kaki yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Bayi sudah mulai suka berdiri meskipun masih harus dijaga cara berdirinya. Namun, ini menjadi awal yang baik agar ia dapat berdiri sendiri tanpa bantuan.

Baca juga: 
✪ Pertumbuhan Bayi Usia 12 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 10 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 9 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi
 Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami

Untuk beberapa bayi justru sudah bisa berdiri dan duduk sendiri. Jadi, mereka hanya perlu bantuan sedikit saja ketika berubah posisi saat berdiri menjadi duduk atau posisi duduk menuju berdiri. Mereka akan terlihat senang melakukan itu sendiri tanpa bantuan yang banyak dari orang tua.

Bayi pun mulai senang merambat di dinding. Mulai dari duduk menuju posisi berdiri mereka berpegangan pada tembok atau pada benda tinggi yang ada di sekitarnya. Mengapa demikian? Karena lengan bayi sudah mulai kuat sehingga dapat mencengkeram dengan cukup kuat, bayi sudah cukup bisa berpegangan apa yang ada di depannya.

Anda jangan kaget apabila bayi sudah mulai gemar merebut benda-benda yang Anda pegang. Bayi sudah tahu mana yang membuatnya tertarik dan mana yang tidak tertarik. Saat bayi tertarik pada apa yang dipegang orang tuanya, ia bisa saja cepat-cepat merebut. Jari tangannya sudah lincah memegang benda-benda di sekitar misalnya cangkir.

Pertumbuhan secara Motorik pada Bayi 11 Bulan
Ciri fisik bayi pada pertumbuhan bayi usia 11 bulan sudah Anda ketahui. Mengetahui ciri fisik akan memudahkan orang tua untuk mengetahui pertumbuhan secara motorik. Nah, berikut ini merupakan tanda-tandanya.

1. Bayi mulai suka menggerakkan tangan dan kakinya untuk memanjat tempat-tempat yang lebih tinggi, misalnya ranjang atau sofa.

2. Letakkanlah mainan pada tempat yang mudah dijangkau oleh bayi karena bayi mulai mencari mainannya sendiri saat ia ingin bermain

3. Bayi mulai suka berdiri menggunakan satu kaki saja karena keseimbangan tubuhnya sudah mulai bagus dibanding pada usia-usia awal

4. Bayi mulai senang bergerak tanpa pengawasan orang tua. Ia menyukai apa saja yang ada di depannya untuk dipegang. Ia juga menyukai tumpuan untuk membantunya berdiri.

5. Bayi mulai suka melepaskan diri saat digendong karena ia ingin bermain sesukanya. Ia tidak mau terlalu banyak digendong, apalagi jika sudah melihat ada mainan yang menarik untuknya. Jadi, Anda bisa membelikan mainan yang mendidik serta yang aman untuk anak.

6. Di usia ini perkenalkan bayi untuk meminum dengan cangkir karena ia sudah mempunyai koordinasi yang baik

Dari perkembangan secara motoriknya, pertumbuhan bayi usia 11 bulan adalah pertumbuhan awal dimana ia mulai menggunakan kemampuan geraknya. Anda tidak perlu cemas jika Anak aktif bergerak ke sana kemari selama masih di batas normal. Anda hanya perlu mendampingi dan mengawasi pergerakan anak. Namun, tidak boleh membiarkan ia berjalan jauh dari Anda.

Bayi Mulai Aktif Bergerak
Pertumbuhan bayi usia 11 bulan bayi sudah mulai bisa menggerakan kaki dan tangannya sehingga sudah mulai belajar berjalan. Anda pun harus membimbing anak karena ini menjadi momen yang baik bagi anak agar bisa berjalan dengan normal sendiri. Jika di rumah terdapat tangga, anak pun mulai menyukai untuk naik dan turun tangga.

Anda pun harus siap-siap jika bayi suka melempar-lempar barang yang sedang digenggamnya. Karena bayi sedang menyukai menggerak-gerakkan tangan. Itu merupakan hal yang menyenangkan bagi si bayi sehingga akan kelihatan lucu bagi Anda dan orang-orang di sekitarnya.

Bayi yang mulai aktif tersebut harus mendapatkan perhatian dan pengawasan yang ekstra. Orang tua tidak boleh lengah ketika bayi sudah mau berjalan ke mana-mana. Bayi harus diawasi dan ketika ia kesusahan harus dibimbing. Hal ini agar bayi tidak terjatuh. Jika memungkinkan, gunakan baby walker untuk membantunya berjalan dengan aman.

Pertumbuhan bayi usia 11 bulan ini memang cukup banyak menyita waktu orang tua. Artinya, orang tua harus ekstra dalam penjagaan dan mau meluangkan waktunya untuk menemani bayi berkembang. Anda tidak boleh malas apabila bayi sudah mulai minta keluar atau mulai bergerak mengambil mainan-mainannya. Jaga anak agar tidak melemparkan mainan kepada temannya.

Bayi masih belum bisa membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Ketika ia sedang suka memegang dan melempar, ia hanya mengikuti ketertarikannya. Jadi tidak jarang jika ia main lempar saja benda-benda yang ada di sekitarnya. Usahakan agar benda yang ada di keliling Anda adalah benda yang tidak berbahaya bagi si bayi dan orang-orang di sekitarnya.

Pertumbuhan Sensorik Bayi di Usia 11 Bulan
Setelah memahami pertumbuhan bayi usia 11 bulan secara fisik dan motorik, selanjutnya adalah memahami pertumbuhan secara sensorik. Bayi yang normal bertumbuh pada usia ini sensitivitasnya sudah mulai berfungsi. Panca inderanya berfungsi cukup baik. Mereka akan mulai melihat sesuatu yang menarik baginya. Mereka juga suka mendengarkan suara-suara di sekeliling.

Pada tahap ini Anda sebagai orang tua harus aktif mengajaknya berbicara yang baik-baik agar bayi mempunyai banyak kosa kata. Anda bisa memanfaatkan kesempatan emas ini agar bayi bisa berbicara dengan baik nantinya. Berikan gambar-gambar yang baik karena ia mulai suka melihat berbagai campuran warna yang ada pada gambar.

Pertumbuhan bayi usia 11 bulan jangan heran jika nanti bayi bisa menolak apa yang Anda tawarkan. Karena ia mulai dapat membedakan apa yang ia suka dan tidak suka. Oleh karena itu, sejak dini perkenalkanlah bayi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk ke depannya. Anda dan pasangan pun harus mencontohkan perilaku yang baik kepada bayi. Anak akan meniru orang tuanya.

Ajaklah bayi berkomunikasi dengan bahasa yang baik. Bayi akan merekam semua kata-kata yang Anda ajarkan dan belajar bagaimana cara Anda berkomunikasi. Anda pun harus bisa memasang ekspresi yang tepat untuk berbagai situasi. Cara berkomunikasi dan ekspresi menanggapi sesuatu akan dipelajari oleh anak sampai ia dewasa nanti.

Perkembangan Emosi pada Bayi Usia 11 Bulan
Seiring berjalannya waktu, bayi sedikit demi sedikit mampu mengekspresikan emosinya. Misalnya ketika ia menunjukkan suka atau tidak suka maka itu adalah suatu ungkapan emosi. Ketika Anda memberitahu sesuatu menggunakan bahasa isyarat, bayi sudah mulai paham. Karena dengan kata-kata bayi belum tentu mengetahui. Jadi bahasa isyarat lebih mudah dipahami oleh mereka.

Ketika nanti bayi mulai banyak berbicara, Anda harus menanggapinya dengan baik. Ini menandakan bahwa ia ingin memberitahukan perasannya meskipun kata-katanya belum jelas. Ia ingin bercerita dengan caranya sendiri. Tugas orang tua adalah mendengarkan dan menanggapi cerita mereka sambil meluruskan kata-kata yang kurang jelas.

Orang tua pun bisa memberitahukan bahwa ada suatu hal yang disukai bayi namun itu tidak baik untuknya. Misalnya bayi suka melempar-lempar barang sembarangan. Maka orang tua bisa memberikan pengertian bahwa hal tersebut tidak baik. Bayi akan memahami cara Anda menyampaikan pendapat tersebut dengan pelan-pelan.

Demikian pembahasan mengenai pertumbuhan bayi usia 11 bulan. Informasi ini dapat digunakan sebagai dasar pengetahuan untuk orang tua agar lebih memahami pertumbuhan bayinya. Terutama bayi usia 11 bulan dan sedang aktif-aktifnya bergerak. 

Pertumbuhan Bayi Usia 11 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami