Pertumbuhan Bayi Usia 9 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi

Sebagai orang tua yang baru memiliki anak yang masih bayi, pastinya Anda tidak ingin melewatkan setiap tahapan perkembangan. Di masa bayi banyak tingkah laku anak yang sangat unik dan prosesnya kadang tak terduga, salah satunya ketika mengucapkan kata pertama. Dan tahapan selanjutnya yang sayang dilewatkan adalah pertumbuhan bayi usia 9 bulan.

Meskipun hampir setiap hari bertemu, belum tentu Anda bisa mengetahui momen berharga seorang bayi. Selain keadaan fisik, Anda juga harus memperhatikan faktor sosialnya juga. Bayi yang jarang diajak komunikasi oleh sang ibu khususnya dikhawatirkan akan mengalami masalah komunikasi saat menginjak usia balita.

pertumbuhan bayi usia 9 bulan, perkembangan bayi 9 bulan, bayi 9 bulan, fisik bayi usia 9 bulan, bayi

Nutrisi memang diperlukan, namun ada faktor lain yang juga tak kalah pentingnya. Agar anak Anda aktif, berikan berbagai macam permainan yang mampu merangsang kemampuan kognitifnya. Tidak perlu yang berat-berat, berilah mainan yang mampu menarik perhatian namun tetap perhatikan aspek keamanan.

Bagi Anda ibu muda yang baru memiliki anak pertama, antusiasme yang tinggi harus dibarengi oleh pengetahuan mengenai pertumbuhan bayi usia 9 bulan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi keterlambatan pertumbuhan, sehingga Anda bisa mengetahui cara mengatasinya. Pastikan nutrisinya terpenuhi dan jaga kondisi emosionalnya.

Perkembangan Fisik pada Bayi Usia 9 Bulan
Setiap bayi memiliki perkembangan tubuh yang berbeda. Ada yang terlahir dengan berat badan yang cukup besar sehingga terlihat begitu cepat pertumbuhannya. Namun ada pula yang sebaliknya. Mengamati pertumbuhan bayi usia 9 bulan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Perubahan yang terjadi terutama pada perkembangan bayi adalah sebagai berikut:

Baca juga:
 Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami
 Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi

1. Bayi yang sudah bisa merangkak mulai mencoba meniru kemampuan Anda dalam berjalan. Dalam hal ini karena otot kaki pada bayi belum terlalu kuat, mereka cenderung mencari pegangan agar bisa berdiri. Anda bisa memberikan alat bantu seperti baby walker agar anak Anda bisa berlatih berjalan dengan aman.

2. Kemampuan otot kaki mulai bertambah. Saat ini bayi sudah bisa mengatur otot kakinya secara baik namun tetap membutuhkan bantuan untuk berjalan. Mereka juga sudah bisa menekuk sendi lutut  untuk berjongkok atau duduk saat merasa lelah berdiri.

3. Selain kaki, kekuatan tangan pun sudah bertambah sehingga bayi bisa memegang tangan Anda ketika menuntunnya. Dan yang lebih penting adalah mulai tumbuhnya gigi di usia ini. Saat inilah bayi akan merasa rewel karena terjadi peradangan di gusi. Ini menjadi hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

4. Ada juga beberapa bayi yang justru masih merangkak pada usia ini. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor antara lain lingkungan dan juga pertumbuhan otot. Jika bayi baru bisa merangkak di umur 9 bulan, maka kekuatan berdiri dan berjalan akan ditunjukkan pada perkembangan usia selanjutnya.

5. Tulang punggung yang sudah mulai kokoh menjadikan bayi mulai bisa duduk sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Saat inilah Anda harus menciptakan lingkungan yang aman bagi pertumbuhan bayi usia 9 bulan. Berikan dudukan yang empuk agar bayi bisa merasa nyaman.

Perkembangan Kognitif pada Bayi Usia 9 Bulan
Tahapan ini menjadi sangat penting karena kecerdasan anak mulai terbentuk. Bayi akan mulai tertarik dengan segala sesuatu dan mulai meniru setiap perkataan atau tindakan orang di sekitarnya. Pengawasan Anda sangat penting agar buah hati Anda tidak mempelajari hal-hal yang salah.

Kemampuan belajar bayi pada masa pertumbuhan bayi usia 9 bulan memang masih sementara karena pada perkembangan selanjutnya bayi mulai bisa membedakan benda dan perilaku. Namun Anda harus tetap waspada karena ada beberapa kasus dimana anak memakan benda berbahaya yang ada di sekelilingnya. Karena itulah jauhkan benda-benda tersebut dari jangkauan buah hati Anda.

Pemilihan permainan pun harus Anda perhatikan. Pada masa ini, bayi memiliki kecenderungan meraih segala benda yang bisa dijangkau. Tak jarang banyak benda berat dan berbahaya yang bisa mereka ambil. Bentuk dan warna barang sangat mempengaruhi keinginan bayi untuk mengambil barang tersebut. Karena itulah berikan tempat bermain yang aman dan nyaman bagi buah hati.

Kemampuan Berbicara Bayi Usia 9 Bulan
Momen seperti ini banyak ditunggu oleh orang tua yang sangat penasaran akan kata pertama yang diucapkan oleh bayi. Hampir sebagian besar kata yang keluar dari mulut bayi merupakan hasil belajar dari lingkungan sekitar. Jika Anda ingin buah hati Anda bisa berbicara dengan lancar, sering-seringlah berkomunikasi atau dengan cara mendongeng dan bernyanyi.

Sekarang ini banyak alat yang membantu Anda mengetahui pertumbuhan bayi usia 9 bulan secara lengkap. Salah satunya mainan yang mengeluarkan suara yang lucu. Jenis permainan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di beberapa toko mainan terdekat. Pilih warna yang disukai oleh anak Anda agar dia tidak cepat merasa bosan.

Tangisan bayi pun bisa menandakan banyak hal. Anda harus cukup peka karena bayi memiliki keterbatasan dalam berbicara. Tidak semua tangisan menunjukkan anak Anda sedang lapar. Jika dirasa cukup mengerti, Anda bisa mencoba mengajarkan beberapa kata sederhana seperti makan, pipis, main, dan lain-lain. Semakin banyak perbendaharaan kata, maka semakin bagus pula untuk perkembangan vokal anak.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 9 Bulan
Faktor besar yang mempengaruhi perkembangan ini adalah nutrisi dan tumbuh gerak anak. Bayi yang cukup aktif memiliki kecenderungan kuat dan tidak mudah sakit. Namun, Anda juga harus mengawasinya jangan sampai dengan memberikannya kebebasan bergerak justru malah menjadikannya dalam keadaan yang berbahaya. Adapun ciri perkembangan motorik pada pertumbuhan bayi usia 9 bulan adalah:

1. Otot kaki sudah kuat sehingga memudahkan bayi mudah dalam belajar berjalan. Tidak hanya itu, otot jari kakinya pun mulai berkembang sehingga memudahkan bayi dalam memakai kaos kaki dan sepatu

2. Otot tangan yang mulai bisa mengambil barang dan memegang tangan orang lain yang menggandengnya. Perkembangan ini akan semakin bagus jika anak terbiasa menggunakan tangannya untuk berbagai aktivitas.

3. Koordinasi bagian kaki, tangan, punggung, dan pinggul semakin bagus. Dengan begitu bayi Anda akan mampu bergerak tanpa menggunakan bantuan sama sekali. Tentunya butuh proses yang cukup lama dan dibutuhkan kesabaran dalam menantinya. Dampingi setiap pertumbuhan bayi usia 9 bulan dengan baik agar perkembangannya semakin maksimal.

Perkembangan Emosi Bayi Usia 9 Bulan
Pada tahapan ini bayi sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Seperti mau diajak main oleh beberapa orang yang dikenal saja. Mulai banyak kata-kata yang diucapkan walaupun masih kurang begitu jelas, dan juga sudah mulai pintar mencari perhatian dari orang sekitar baik melalui tertawa, menangis, maupun berbicara.

Tugas Anda di tahapan pertumbuhan bayi usia 9 bulan adalah dengan memberikan perbendaharaan kata yang benar dan banyak. Berikan beberapa kata yang mudah diingat oleh anak sebagai penanda aktivitas saja. Ulangi kata-kata tersebut sampai bayi Anda lancar dalam berbicara. Tidak perlu dipaksakan, Anda bisa mengajarinya sembari bermain.

Tidak harus melalui perkataan, Anda juga bisa menunjukkan rasa sayang Anda melalui pelukan. Dengan begitu anak Anda akan meniru dan akan menunjukkan perasaan dengan gerakan seperti mengelus wajah Anda, mencium, dan memeluk. Ajarkan beberapa gerakan lucu yang bisa membuat anak Anda bahagia.

Nutrisi Bayi pada Usia 9 Bulan
Pada usia 9 bulan, bayi sudah bisa menerima berbagai macam asupan makanan. Otot tangannya yang cukup kuat menjadikan buah hati Anda bisa memegang makanannya sendiri. Selain itu, jangan takut memberikan makanan dengan kandungan protein tinggi seperti ikan, telur, kacang hijau, serta sayuran rebus. Pastikan buah hati Anda mengunyah makanan dengan benar agar pencernaannya semakin  baik.

Waktu Tidur Bayi Usia 9 Bulan
Tentunya waktu tidur buah hati Anda berbeda dengan waktu tidur orang dewasa. Bayi membutuhkan waktu tidur 11 hingga 12 jam per hari. Anak Anda akan lebih nyenyak tidur di malam hari dibandingkan dengan siang hari. Namun ada beberapa bayi yang melanjutkan tidurnya di pagi hari karena kurang nyaman saat tidur.

Jika bayi Anda mengalami masalah tidur, sebaiknya cari penyebabnya atau Anda bisa mengatasinya dengan menggendong sambil menyanyikan lagu pengantar tidur. Kehangatan dari tubuh Anda akan membuat bayi merasa nyaman dan tidur dengan lelap.

Setelah Anda mengetahui beberapa tahapan dalam pertumbuhan bayi usia 9 bulan, akan banyak pengalaman baru yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan banyak ilmu, bisa mendapatkannya di beberapa buku bacaan. Persiapkan fisik dan mental Anda untuk mendukung pertumbuhan anak agar bisa berjalan dengan maksimal.

Pertumbuhan Bayi Usia 9 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi