Tahap Perkembangan Janin Usia 0-9 Bulan dan Pertumbuhannya

Melihat tahap pertumbuhan anak adalah sebuah hal yang tak akan dilewatkan oleh setiap orang tua. Tidak hanya tumbuh kembang buah hatinya saja, bahkan ketika masih dalam bentuk janin, setiap ibu pasti tak pernah melewatkan setiap perkembangan yang terjadi pada calon buah hatinya. Perkembangan janin usia 0-9 bulan akan selalu menarik untuk diperhatikan, terutama bagi para calon orang tua.

Ketika masa mengandung, ada beberapa tahap perkembangan janin yang terjadi. Perkembangan ini terjadi secara bertahap mulai dari bulan-bulan awal kehamilan hingga kelahiran. Perkembangan janin usia 0-9 bulan  terjadi sebelum janin berkembang menjadi calon bayi dengan struktur fisik dan organ yang lengkap. Perkembangan ini terjadi secara bertahap setiap minggu di dalam rahim sang ibu.

perkembangan janin trimester pertama, pertumbuhan janin trimester 1, janin trimester satu

Perkembangan yang terjadi pada janin terjadi mulai dari janin masih berusia 0 bulan hingga mencapai 9 bulan. Perkembangan janin usia 0-9 bulan ditandai dengan adanya beberapa perubahan dan perkembangan. Berikut ini adalah tahapan perkembangan janin tersebut.

Tahap dan Perkembangan Janin Trimester Pertama
Pada masa kehamilan, tahap atau masa kehamilan lebih sering disebut sebagai trimester. Setiap trimester atau tiap tiga bulan masa kehamilan, akan ada perkembangan yang terjadi pada janin. Perkembangan janin usia 0-9 bulan dimulai pada trimester pertama ini. Berikut ini adalah tahap-tahap perkembangan janin yang terjadi pada trimester pertama.

Baca juga:
Perkembangan Janin Usia 1 Bulan (4 Minggu) dan Bentuk di Kandungan 
Perkembangan Janin Usia 2 Bulan (8 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan
Perkembangan Janin Usia 3 Bulan (12 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan

1. Masa Pembuahan
Tahap pertama yang terjadi sebelum janin mulai berkembang adalah tahap pembuahan. Pada tahap ini, proses yang terjadi adalah proses pembuahan yang dilakukan oleh sel sperma terhadap sel telur. Ketika tahap pembuahan berhasil, maka akan tumbuhlah sel yang dinamakan zigot.

2. Sel Telur Mulai Berkembang
Setelah sel telur dibuahi, sel telur tersebut kemudian berkembang menjadi sekumpulan sel dengan bentuk menyerupai bola. Bola sel ini kemudian menempel di dinding rahim. Tahap ini terjadi pada bulan pertama masa kehamilan. Perkembangan janin yang terjadi pada masa ini adalah mulai terbentuknya jantung dan susunan saraf pusat.

3. Organ Tubuh Lain Mulai Terbentuk di Bulan Kedua
Pada bulan kedua masa kehamilan, tepatnya di minggu ke enam, beberapa organ penting juga sudah mulai berkembang, seperti otak, hati, ginjal tangan dan kaki. Pada usia kehamilan memasuki minggu ke 7 bagian tubuh lain seperti mata dan struktur telinga juga sudah mulai terbentuk.

4. Janin Sudah Memiliki Detak Jantung pada Usia Kehamilan 12 minggu
Perkembangan janin usia 0-9 bulan di trimester pertama yang paling signifikan terjadi pada minggu ke 12 ini. Pada usia kandungan ke 12 minggu ini, ukuran janin sudah mencapai 2 inci. Selain itu, janin juga sudah mulai melakukan beberapa gerakan sendiri. Yang paling bisa dilihat adalah detak jantungnya. Detak jantung ini bisa Anda dengarkan menggunakan alat khusus ketika memeriksakan kandungan ke dokter.

Perkembangan Janin di Trimester Kedua
Perkembangan janin usia 0-9 bulan selanjutnya terjadi pada trimester kedua yaitu di bulan ke 4 hingga bulan ke 6. Pada usia ini perkembangan janin sudah terlihat signifikan. Beberapa bagian tubuh dan organ dalam lainnya juga terbentuk pada usia kehamilan ini. Untuk itulah disarankan para calon ibu untuk memeriksakan kondisi kehamilan dengan melakukan tes USG untuk memastikan kondisi janin.

perkembangan janin trimester kedua, pertumbuhan janin trimester kedua, janin bayi trimester kedua

1. Janin Berusia 4 Bulan Sudah Memiliki bagian Tubuh yang Lengkap
Pada usia kehamilan 4 bulan, bagian-bagian tubuh seperti tangan, jari dan kaki sudah mulai lengkap. Pada usia ini juga bentuk wajah calon bayi sudah mulai terlihat. Calon bayi juga semakin aktif bergerak. Gerakan-gerakan yang biasanya dibuat adalah mengisap jari, menguap dan juga mengubah ekspresi wajah.

Baca juga:
Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan
Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan
Perkembangan Janin Usia 6 Bulan (24 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan

2. Usia 5 Bulan, Gerakan yang Dibuat Janin Semakin Kencang
Memasuki usia 5 bulan, gerakan-gerakan yang dibuat janin di dalam rahim terasa semakin kuat. Hal ini dilakukan guna melatih otot-ototnya. Selain itu perkembangan lain yang terjadi adalah mulai tumbuhnya rambut-rambut halus di kepala dan tangan serta kakinya. Kulitnya juga sudah tertutup lapisan putih. Fungsi dari lapisan putih ini adalah untuk menghindarkan bayi dari cairan ketuban.

3. Di Usia 6 Bulan, Janin Sudah Memiliki Kemampuan Mendengar
Masuk di usia 6 bulan inilah biasanya para ibu begitu menaruh perhatian lebih. Hal ini karena pada usia kehamilan ke 6 ini, janin di dalam rahim ibu sudah mulai bisa mendengar suara dari lingkungan di luar perut. Perkembangan lain yang terjadi pada usia kehamilan ini adalah munculnya keriput di kulit bayi. Selain itu, calon bayi ini juga sudah mampu menggerakkan kelopak matanya untuk membuka dan menutup.

Perkembangan Janin Memasuki Trimester Ketiga
Pada masa perkembangan janin usia 0-9 bulan, trimester ketiga adalah masa-masa perkembangan yang begitu signifikan. Pada usia ini, janin terus mengalami perkembangan secara fisiknya. Di bulan-bulan terakhir kehamilan bahkan beberapa organ sudah bisa berfungsi. Berikut ini tahap perkembangannya.

pertumbuhan janin trimester ketiga, perkembangan janin trimester 3, janin trimester tiga, janin bayi

1. Janin Semakin Bertambah Besar di Usia Kehamilan 7 Bulan
Masuk ke usia kehamilan 7 bulan, pekembangan yang terjadi pada janin bisa dirasakan oleh ibunya. Pada usia ini ibu akan bisa merasakan ketika calon bayi sedang berganti posisi. Selain itu, perkembangan lainnya adalah janin sudah mulai bisa merasakan adanya cahaya.

2. Janin Mulai Sering Menendang di Usia 7 Bulan
Di usia 8 bulan, perkembangan janin sudah hampir sempurna. Pada usia ini bayi di dalam rahim sudah dapat melihat dan mendengar dengan sangat baik. Sebagian besar sistem dalam tubuhnya juga sudah berfungsi dengan baik. Namun, pada usia ini paru-parunya masih belum bisa berfungsi.

3. Janin Sudah Siap Lahir
Bulan ke 9 adalah bulan terakhir dalam masa perkembangan janin. Pada bulan terakhir ini semua bagian tubuh janin sudah lengkap. Bahkan paru-parunya pun sudah berfungsi. Di bulan terakhir ini pula, bayi akan memutar posisi kepalanya dengan menghadap ke jalan lahirnya. Dengan begitu, ibu tinggal menunggu waktu persalinan.

Baca juga:
Perkembangan Janin Usia 7 Bulan (28 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan
Perkembangan Janin Usia 8 Bulan (32 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan
Perkembangan Janin Usia 9 Bulan (36 Minggu) dan Bentuk dalam Kandungan

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Masa Perkembangan Janin
Masa-masa kehamilan adalah masa-masa yang membahagiakan dan juga mendebarkan bagi setiap ibu. Di masa ini calon ibu akan merasakan kebahagiaan karena bisa merasakan perkembangan bayi di dalam rahimnya. Perkembangan janin usia 0-9 bulan dapat dirasakan secara langsung oleh calon ibunya. Karena itulah hanya ibu yang tahu sudah sejauh mana perkembangan janin di dalam rahimnya.

Perasaan senang dan bahagia itu kadang tak dibarengi dengan sikap tidak hati-hati selama masa kehamilan. Pada masa ini tak jarang ibu yang sering mengabaikan beberapa hal yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak mengganggu tahap perkembangan pada janinnya. Untuk itu, hal-hal berikut harus diperhatikan oleh ibu selama masa kehamilan.

1. Menjaga Asupan Nutrisi
Hal ini adalah hal yang paling banyak diabaikan oleh para ibu yang sedang hamil, terutama di bulan-bulan awal kehamilan. Rasa mual yang teramat terkadang mengganggu pola makan. Sehingga kemudian berdampak pula pada asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu. Untuk itu, sangat perlu bagi calon ibu untuk tetap menjaga asupan nutrisi selama masa kehamilan ini.

2. Perhatikan Konsumsi Obat-Obatan
Pada trimester pertama kehamilan, banyak keluhan yang akan dialami oleh para calon ibu. Untuk mengatasi keluhan tersebut tak jarang para calon ibu memilih mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan inilah yang harus diwaspadai. Beberapa jenis obat mungkin bisa mempengaruhi perkembangan janin usia 0-9 bulan. 

3. Memantau Perkembangan Janin
Pemantauan perkembangan janin bisa dilakukan dengan memeriksakannya secara teratur ke dokter. Pemeriksaan menyeluruh termasuk USG akan membantu Anda mengetahui perkembangan janin. Selain itu, pemeriksaan secara rutin juga bisa mencegah jika ada hal-hal yang terjadi selama masa perkembangan tersebut.

Itulah tadi perkembangan janin usia 0-9 bulan yang terjadi pada calon bayi di dalam rahim ibunya serta beberapa hal yang harus diwaspadai oleh para calon ibu. Perkembangan yang terjadi bersifat bertahap, artinya perkembangan itu berlangsung sedikit demi sedikit dan perlahan-lahan. Sebagai satu-satunya yang bisa merasakan perkembangan itu, calon ibu sangat disarankan untuk terus memantau perkembangannya. Pemantauan dengan memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter akan membantu ibu mengetahui perkembangan janin dan masalah yang mungkin timbul.

Tahap Perkembangan Janin Usia 0-9 Bulan dan Pertumbuhannya