Tahapan Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 12 Bulan dan Perkembangannya

Setiap tahap perkembangan pada anak adalah sebuah proses yang sangat penting dan tak boleh dilewatkan oleh setiap orang tua. Apalagi saat anak masih dalam usia-usia awal pertumbuhan. Ada banyak hal menakjubkan yang bisa Anda sebagai orang tua saksikan. Usia-usia dimana bayi mengalami berbagai pertumbuhan menakjubkan bisa disaksikan saat berusia 0-12 bulan. Pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan adalah masa-masa awal dari pertumbuhan menakjubkan itu.

Dalam masa pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan itu, terjadi berbagai perkembangan pada si kecil, baik secara fisik maupun kemampuannya. Pertumbuhan itu dibagi ke dalam beberapa tahap perkembangan yang bisa terjadi di setiap bulannya. Karena itulah para orang tua harus memperhatikan setiap perubahan baik fisik maupun psikis yang dialami oleh bayi.

pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan, perkembangan bayi 0-12 bulan, bayi 0-12 bulan, bayi, fisik bayi 0-12 bulan

Tahap-tahap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan bisa dibagi ke dalam beberapa tahap pertumbuhan. Tahapan-tahapan pertumbuhan itu berbeda pada masing-masing bayi dan bisa dibagi berdasarkan pertumbuhan yang terjadi. Nah, berikut ini adalah tahapan pertumbuhan yang terjadi pada bayi di usia 0-12 bulan.

Pertumbuhan Bayi yang Baru Lahir hingga Usia 1 Bulan
Usia awal setelah kelahiran bayi adalah saat-saat dimana bayi sedang melakukan tahap transisi. Pada tahap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan, usia ini tidak memberikan perubahan yang terlalu signifikan. Namun tetap ada beberapa kebiasaan dan tingkah si kecil yang menjadi penanda utama tahap perkembangan awal yang terjadi di usia ini.

1. Bayi lebih banyak tidur
Pada usia-usia awal setelah dilahirkan, belum ada perkembangan yang berarti. Hal paling signifikan yang bisa dilihat adalah kebiasaan tidur bayi. Hampir sebagian waktu dari bayi di usia 0-1 bulan dihabiskan untuk tidur. Pada usia ini bayi juga masih belum bisa membuka matanya dengan sempurna.

2. Memiliki gerakan refleks yang peka terhadap sentuhan
Meskipun belum memiliki kemampuan khusus seperti pada bayi di usia selanjutnya, namun bayi sudah memiliki kemampuan refleks yang mengagumkan. Bayi juga akan melakukan respon terhadap sentuhan dengan cara menggerakkan kepalanya ke arah sentuhan berasal.

3. Menangis sebagai sarana untuk berkomunikasi
Bayi di usia 0-1 bulan memang belum memiliki kemampuan berkomunikasi. Untuk memberitahukan keinginannya, bayi menggunakan tangisannya sebagai sarana berkomunikasi dengan ibunya. Pada awalnya Anda tidak akan mengerti arti tangisan dari si kecil. Namun lama kelamaan Anda akan bisa mengerti arti dari tangisannya itu.

Baca juga: 
Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 1 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 3 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Pertumbuhan Bayi di Usia 3 Bulan Pertama
Usia-usia awal setelah dilahirkan memang tidak memperlihatkan pertumbuhan yang berarti. Ketika sudah memasuki bulan-bulan pertamanya, pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan biasanya hanya menunjukkan pergerakan yang kurang signifikan. Namun kemudian di usia keduanya bayi akan menunjukkan beberapa pergerakan dan perubahan.

pertumbuhan bayi usia 1 - 3 bulan, perkembangan bayi 1 - 3 bulan, bayi 1 - 3 bulan, bayi

1. Pada usia 2 bulan, bayi sudah mulai bisa melihat
1 bulan pertamanya, bayi masih belum bisa membuka mata dan hanya menghabiskan waktunya dengan tidur, maka di usia 2 bulan ada perubahan sedikit pada bayi. Pada usia ini, si kecil sudah mulai bisa melihat. Tandanya bisa dilihat ketika si kecil mulai melihat dan memandang pada orang yang sedang menggendongnya.

2. Bayi sudah mulai bisa menggerakkan kepala
Melanjutkan dari tahap sebelumnya, pada usia ini si kecil sudah mampu untuk menggerakkan kepalanya. Jika pada bulan pertamanya, si kecil akan menggerakkan kepalanya sebagai bentuk refleks atas sentuhan yang diberikan, pada usia ini berbeda. Bayi akan mampu menggerakkan kepalanya meskipun tanpa rangsangan dari luar.

3. Mengalami pertambahan berat badan pada usia ke 3 bulan
Konsumsi ASI yang mulai lancar membuat bayi juga mengalami pertumbuhan secara fisik. Tidak hanya berat badan, namun juga tinggi badan harus diperhatikan sebagai indikator mulai terjadinya pertubuhan pada fisiknya.

Baca juga:
Pertumbuhan Bayi Usia 4 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi

Tahap Pertumbuhan Bayi pada Usia 3 Bulan Kedua (Usia 4-6 Bulan)
Tahap 3 bulan kedua dalam pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan terjadi di usia 4-6 bulan. Bayi sudah mulai menunjukkan perubahan yang cukup signifikan. Ada beberapa perubahan yang bisa dijadikan sebagai indikator tumbuh kembang pada tahap ini. Perubahan ini bisa terjadi dari segi fisik maupun dari perkembangan motoriknya.

1. Bayi sudah bisa telentang dan mengangkat kepala di usia 4 bulan
Usia 4 bulan menjadi titik awal pertumbuhan sistem motorik pada bayi. Pada usia ini si kecil sudah mampu berbalik dan juga telentang. Si kecil juga sudah mulai bisa mengangkat kepalanya sendiri. Sistem motorik halusnya juga sudah menunjukkan sedikit perkembangan dengan tanda kemampuannya menggenggam benda dengan jarinya.

2. Perkembangan sistem Motorik Mulai Stabil di usia 5 bulan
Jika di usia 4 bulan bayi sudah menunjukkan adanya perkembangan pada sistem motoriknya, maka di usia 5 bulan sistem motoriknya berkembang lebih stabil. Hal ini bisa dilihat ketika bayi sudah bisa mempertahankan kepalanya dalam posisi yang lebih tegak dan stabil. Sistem motorik halus juga menjadi lebih stabil karena bayi sudah bisa memainkan tangannya sendiri.

3. Sistem Sensorik Mulai Berkembang di Usia 6 bulan
Selain sistem motorik kasar dan halus, sistem motorik si kecil yang berhubungan dengan penginderaan juga sudah mulai berkembang. Hal ini bisa dibuktikan ketika bayi mulai tersenyum saat melihat sesuatu yang menarik. Tak hanya itu saja sistem sensorik si kecil juga berkembang ketika bayi sudah mulai merespon segala sesuatu yang didengarnya.

Baca juga:
 Pertumbuhan Bayi Usia 7 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 8 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami
 Pertumbuhan Bayi Usia 9 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terjadi

Tahap pertumbuhan Bayi pada Usia 7-9 Bulan
Tahap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan yang signifikan bisa dilihat pada usia ini. Di usia memasuki angka ke 8 bulan, berbagai pertumbuhan baik motorik maupun sensorik juga semakin pesat. Indikator perkembangan si kecil di usia ini bisa dilihat dari beberapa hal berikut.

1. Perkembangan motorik kasar yang terus Meningkat
Koordinasi pada sistem motorik kasar di usia ini sudah berjalan dengan baik. Perkembangan motorik kasar ini bisa dilihat ketika memasuki usia 7 bulan si kecil sudah mulai bisa duduk sendiri. Tak hanya itu saja, pada usia ini Anda sudah bisa melihat si kecil mulai belajar merangkak.

2. Motorik Halus si Kecil juga mengalami perkembangan yang signifikan
Perkembangan motorik halus ini bisa dilihat ketika si kecil mulai bisa menggerakkan tangannya dengan baik. Pada usia memasuki 8 bulan, si kecil sudah bisa memegang makanan dalam bentuk seperti biskuit. Anda bisa terus mendukung tumbuh kembang sistem motorik halusnya pada tahap ini dengan memberikan makanan yang bisa digenggam. Hal ini bertujuan untuk terus melatih otot-otot di jari tangan si kecil.

3. Koordinasi Sistem Motorik dan Sensorik berkembang dengan baik
Usia ke 9 bulan, biasanya pertumbuhan yang bisa dilihat secara signifikan adalah kemampuan si kecil untuk belajar berdiri sendiri. Koordinasi sistem motorik dan sensoriknya yang terus berkembang bisa dilihat ketika si kecil melihat benda-benda di sekelilingnya dan berusaha sendiri untuk mengambil benda tersebut.

Baca juga:
Pertumbuhan Bayi Usia 10 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat
 Pertumbuhan Bayi Usia 11 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Dialami
 Pertumbuhan Bayi Usia 12 Bulan dan Perkembangan Fisik yang Terlihat

Tahap Perkembangan di 3 Bulan Terakhir pada Usia 0-12 Bulan (Usia 10-12 Bulan)
Hampir menginjak tahun pertamanya, si kecil kini sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pada tahap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan di usia hampir satu tahunnya, pertumbuhan fisik si kecil berkembang semakin pesat. Pada tahap ini si kecil akan semakin aktif bergerak sehingga perhatian orang tua akan sangat dibutuhkan dalam mengawasinya.

1. Perkembangan fisik di usia 10 bulan
Memasuki usia ke 10 bulannya, si kecil akan berusaha belajar untuk bisa mengangkat badannya sehingga bisa berdiri sendiri. Nah, ketika sudah menunjukkan tanda-tanda ini, Anda sebagai orang tua juga harus memberikan perhatian lebih dengan tetap menjaga keamanan si kecil saat belajar berdiri dan juga sedikit membantu si kecil agar tidak terjatuh.

2. Bayi mulai bisa berdiri dengan berpegangan pada benda yang lebih kokoh
Ketika si kecil belajar untuk mengangkat badannya untuk berdiri terkadang bayi juga akan mencari pegangan pada benda yang lebih kokoh. Ketika dirasanya sudah berhasil berdiri, si kecil kemudian akan mulai melepas pegangannya dan duduk kembali.

3. Si Kecil sudah mulai belajar berjalan
Tahap terakhir pada tahapan pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan adalah ketika bayi sudah mulai belajar berjalan. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu dan menjaga keamanan si kecil selama proses belajarnya.

Itulah tadi beberapa tahap pertumbuhan bayi usia 0-12 bulan yang bisa menjadi indikator bagi Anda dalam memantau tahap pertumbuhan si kecil. Dalam menjalani setiap tahap pertumbuhan, si kecil tetap membutuhkan bantuan orang tua untuk memberikan rangsangan. Orang tua juga berperan penting dalam menjaga keamanan si kecil selama proses belajarnya itu.

Tahapan Pertumbuhan Bayi Usia 0 - 12 Bulan dan Perkembangannya