15 Cara Mudah Mengajari Bayi agar Bisa Cepat Berjalan

Perkembangan anak memiliki tahapan yang berbeda-beda. Jadi tidak bisa disamakan satu dengan lainnya. Asupan gizi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Jika memiliki fisik yang kuat pastinya pertumbuhan badannya akan berjalan normal dan aktif bergerak. Bunda pun tidak akan kesulitan menerapkan cara mengajari bayi berjalan.

Lain halnya jika bayi yang mengalami kekurangan gizi. Selain mudah terserang penyakit, kondisi tubuhnya juga kurang kuat. Bergerak pun akan lambat dan ini membuat kekhawatiran. Jika dibiarkan maka kemampuan buah hati untuk merangkak dan berjalan akan terhambat. Mengajak anak untuk aktif bergerak menjadi solusi yang tepat.

cara mengajari bayi cepat berjalan, cara mengajari bayi melangkah, mengajari bayi jalan, bayi berjalan, bayi

15 Cara Sederhana Mengajari Bayi Berjalan
Kondisi bayi menjadi tanggung jawab orang tua. Bunda yang sering mengajak bermain anaknya secara tidak langsung memberikan stimulus pada beberapa syaraf motorik. Siapa yang tidak senang melihat buah hatinya lincah bermain dan berkembang secara sehat. Akan tetapi banyak juga balita yang mengalami keterlambatan bergerak. Ada beberapa cara mengajari bayi berjalan yang bisa Anda praktikkan dengan mudah.

1. Berdiri tegak
Kekuatan anak harus dilatih secara bertahap dan pelan-pelan. Hal ini karena kondisi tulangnya masih rawan dan energinya masih kurang. Sebelum membantu berjalan, latih anak agar bisa berdiri tegak terlebih dahulu. Bisa dengan berpegangan pada benda sekitar. Cara ini bisa melatih tulang betis dan tungkai agar lurus. Kondisi telapak kaki pun akan kuat untuk menyangga badan.

2. Beri ruang gerak
Salah satu cara mengajari bayi berjalan yang baik adalah dengan membiarkan anak bergerak sesuka hati. Bayi memiliki kemampuan untuk meniru aktivitas orang di sekitarnya. Jika sudah waktunya, maka dia akan mencoba berjalan dengan sendirinya dan tugas Anda adalah mengawasinya supaya aman.

Baca juga:
Cara Melatih Bayi agar Bisa Merangkak dan Duduk Dibantu Orangtua 
Usia Berapa Bayi Bisa Merangkak dan Duduk Sendiri? Ini Waktunya 
10 Penyebab Bayi Usia 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap Sendiri

3. Posisi tengkurap
Biasakan bayi berada pada posisi yang nyaman. Saat otot dan tulang berkembang dengan baik, anak akan mulai mencoba hal-hal baru seperti tengkurap. Posisi ini bisa melatih kekuatan tulang belakang dan juga leher. Sesekali tengkurapkan bayi beberapa menit agar punggungnya lebih rileks.

4. Membujuk dengan mainan
Mainan menjadi benda ampuh yang bisa memancing bayi untuk bergerak. Buah hati Anda akan mengikuti kemana mainan itu bergerak jadi secara tidak langsung bunda sudah mempraktikkan cara mengajari bayi berjalan. Jangan lupa tetap awasi gerakan anak jangan sampai melewati batas aman.

5. Menggunakan pegangan
Saat bayi mulai tertarik untuk berjalan, biasanya mereka akan mencoba meraih benda di sekitar untuk dijadikan pegangan. Jika memegang benda yang kuat tentunya bisa membantunya berjalan setapak demi setapak. Namun, bila sebaliknya akan membahayakan kondisi anak. Gunakan baby walker yang sangat bagus untuk mengajari buah hati belajar berjalan.

6. Berenang
Olahraga air ini terbukti bisa memperkuat otot-otot tubuh dan juga meningkatkan kekebalan. Berenang tidak berbahaya jika dilakukan dengan cara yang benar serta mendapatkan pengawasan. Ajaklah buah hati berenang disaat usianya menginjak 6 bulan. Efek positifnya adalah perkembangannya berjalan secara cepat termasuk kemampuan berjalan.

7. Pijatan pada kaki
Ketika anak berusia 1 tahun, bunda mulai berani untuk memberikan pijatan pada tubuh bayi. Aktivitas ini bisa membuat tulang dan otot kaki semakin kuat. Gunakan baby oil ketika memijat. Jika bunda takut melakukan kesalahan, bisa gunakan jasa pijat yang lebih profesional.

8. Menuntun bayi
Ini menjadi salah satu cara mengajari bayi berjalan yang sangat mudah dilakukan. Buah hati akan lebih nyaman dan aman saat memegang tangan Anda sehingga tidak takut untuk mulai melangkah. Lakukan secara hati-hati dan jangan sampai anak Anda kelelahan. Jangan memaksa karena hasilnya malah akan membuatnya rewel dan menangis.

9. Hindari terlalu sering menggendong
Banyak bunda yang lebih senang menggendong buah hatinya saat keluar rumah. Kebiasaan ini akan membuat anak malas bergerak. Sesekali biarkan dia bergerak secara bebas dan mengikuti kemana Anda pergi. Cara mengajari bayi berjalan akan membuat syaraf motoriknya bekerja dengan baik sesuai dengan perkembangan usianya.

10. Hindari penggunaan sepatu atau sendal
Kemampuan bayi dalam berjalan bisa dilihat dari posisi telapak kakinya yang lurus dan bisa menapak lantai dengan sempurna. Agar proses ini bisa berjalan dengan cepat, sebaiknya ketika melatih buah hati Anda melangkah, jangan menggunakan sepatu. Karena hal ini akan membuat telapak kakinya sulit bergerak dan tidak bisa merasakan lantai langsung.


11. Makanan yang  bergizi
Agar tulang dan otot tubuh berkembang dengan baik, berikan asupan dan nutrisi yang lengkap. ASI memiliki dampak positif bagi pertumbuhan bayi karena mengandung kalsium dan zink. Pilihan makanan yang bagus untuk buah hati Anda agar cepat berjalan diantaranya seperti susu kedelai, brokoli, ikan salmon, dan lain-lain.

12. Sering mengajak jalan-jalan di pagi hari
Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk menggunakan cara mengajari bayi berjalan. Selain udara dan cahaya matahari yang sangat bagus bagi kesehatan, anak Anda juga merasa aman saat akan mulai melangkah karena suasananya masih sepi. Dan diapun bisa bergerak kesana-kemari dengan sesuka hati.

13. Berjalan di rumput
Rumput bisa memberikan rangsangan pada syaraf kaki bayi agar aktif bergerak. Biasakan aktivitas ini di pagi hari saat kondisi lapangan masih basah oleh embun. Cara ini dipercaya dapat mempercepat kemampuan bayi untuk berjalan. Jikalau anak Anda terjatuh tidak berakibat fatal ataupun lecet-lecet.

14. Konsultasi dokter
Jika anak berusia 1,5 tahun namun belum bisa berjalan, salah satu langkah tepat adalah dengan berkonsultasi kepada dokter. Pemeriksaan akan menunjukkan hasil kesehatan bayi yang sebenarnya sehingga bisa diketahui solusi terbaik. Biasanya Anda akan diberikan saran mengenai cara mengajari bayi berjalan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi buah hati.

15. Memberikan semangat
Ketika dia gagal berjalan dan jatuh, tetap beri semangat agar mau mencoba lagi. Perhatikan juga kondisinya. Jika sudah merasa capek, coba lagi keesokan harinya. Beri dia hadiah seperti makanan ketika sukses melangkah dan berdiri tegak.

Alat untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan
Selain mengajarinya secara langsung, Anda juga bisa menggunakan alat bantu berjalan yang banyak dijual di toko mainan. Pilih yang sesuai dengan kondisi bayi dan bila perlu coba terlebih dahulu. Jangan sampai setelah membeli malah tidak dipakai karena buah hati merasa tidak nyaman.

1. Baby jumper
Dengan menggunakan alat ini maka Anda bisa mengawasi gerakan buah hati Anda ketika belajar berjalan. Namun, sayangnya penggunaan baby jumper sangat tidak dianjurkan karena bisa mengganggu perkembangan syaraf motorik dan membuat tulang belakang membungkuk.

2. Kursi bayi
Alat ini sangat cocok dipakai untuk mengajarkan bayi berjalan. Dudukannya sangat empuk dan terdapat beberapa mainan dengan musik yang lucu. Kursi ini membuat pergerakan bayi tidak terbatas sehingga Anda harus mengawasinya setiap saat.

3. Baby walker
Desainnya sangat banyak dan unik. Anda bisa memilih warna dan model sesuai dengan selera. Alat ini tidak membatasi pergerakan bayi sehingga ia bisa tetap aktif bergerak dan diperlukan pengawasan yang ekstra. Saat buah hati Anda lelah, terdapat dudukan yang bisa dipakai tiduran untuk bayi.

Tips Pijatan untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan
Salah satu cara mengajari bayi berjalan adalah dengan menggunakan pijatan. Tidak boleh sembarangan dan ada beberapa titik yang sangat menentukan. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Gunakan baby lotion dan pastikan tangan Anda bersih
2. Beri pijatan lembut dan agak sedikit diberi tekanan pada bagian tertentu seperti tungkai, telapak, dan jari jemari
3. Jangan membuat geli karena akan membuat buah hati rewel
4. Bangun kondisi rileks dengan mengajaknya berbicara dan bernyanyi
5. Jika bayi menangis, segera hentikan pijatan karena itu menandakan dia kesakitan dan tidak nyaman
6. Jika belum mengetahui cara pijat yang benar, gunakan jasa pijat bayi
7. Lakukan secara teratur agar memberikan manfaat yang maksimal seperti meningkatkan imunitas dan memperlancar perkembangan syaraf motorik

Beberapa cara mengajari bayi berjalan yang disebutkan diatas bisa memberikan sedikit info mengenai fase perkembangan bayi. Jika buah hati Anda mengalami keterlambatan dalam hal kemampuan merangkak dan berjalan, periksakan ke dokter anak untuk bisa mendapatkan solusi terbaik.

15 Cara Mudah Mengajari Bayi agar Bisa Cepat Berjalan