7 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Mengantuk dan Susah Tidur

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Ternyata bayi juga bisa merasakan susah tidur seperti halnya orang dewasa atau orang tua. Bayi yang susah tidur biasanya akan membuatnya lebih rewel dan sering menangis karena merasa tidak nyaman.

Permasalahan susah tidur yang dialami oleh bayi ini bisa menjadi permasalahan yang serius karena bayi akan rewel saat ia mengantuk. Oleh karena itu anda membutuhkan cara mengatasi bayi rewel saat mengantuk.

bayi rewel saat mau tidur, bayi rewel saat mengantuk, bayi susah tidur, cara mengatasi bayi rewel, bayi rewel susah tidur, bayi

Selain itu anda juga harus bisa membuat bayi anda untuk bisa tetap rileks, nyaman dan aman. Bayi yang susah tidur ini biasanya disebabkan oleh beberapa factor baik itu factor internal maupun factor eksternal.

Faktor Internal Penyebab Bayi Susah Tidur
Agar bisa mengatsai bayi rewel saat mengantuk anda harus tahu lebih dahuu apa yang menjadi penyebab bayi susah tidur dan merasa mengantuk. Tentunya sebagian besar orangtua mengalami susah tidur, namun apa yang akan terjadi jika permasalahan susah tidur ini terjadi pada buah hati Anda. Nah, penasaran apa saja faktor yang membuat bayi susah tidur dan bagaimanacara mengatasi susah tidur pada bayi yang rewel dan suka menangis.

1. Karena Lapar
Faktor lapar sangat mempengaruhi bayi susah untuk tidur, karena ketika bayi lapar ia akan sangat sulit untuk tidur sebelum ia kenyang.

2. Gangguan Kesehatan
Ketika  anak sakit atau tidak sehat, maka anak akan sulit untuk tidur disebabkan oleh faktor sakit yang ia derita. Gangguan kesehatan yang mungkin terjadi adalah gangguan perut, bayi mungkin akan menangis rewel dan susah tidur saat ia merasa sakit perut.

Anda bisa memeriksa perut bayi anda, jika perut bayi anda kembung dan bunyinya bergemuruh maka sudah dapat dipastikan bayi anda sedang sakit perut. Gangguan perut juga bisa terjadi karena bayi merasa sembelit dan tidak bisa buang gas.

3. Gastro Esophagial Reflex (GERD)
Gangguan kesehatan yang lainnya yang bisa menyebabkan bayi anda susah tidur adalah penyakit GERD (Gastro Esophagial Reflex). Penyakit ini ditandai dengan bayi yang sering menangis dan memuntahkan susunya.

Penyakit ini disebabkan karena pada bagian bawah esophagus yang gagal menutup pada saat setetlah makanan masuk yang mengakibatkan aliran kembali dari asam lambung ke kerongkongan.

4. Keracunan Darah
Keracunan darah yang lainnya yang bisa membuat bayi susah tidur adalah disebabkan oleh gangguan kesehatan akibat keracunan darah. Keracunan darah ini disebabkan oleh seranga mikro organisme pathogen ke dalam darah yang bisa menyebabkan demam.

5. Urin yang Tertahan
Alasan lainnya yang membuat bayi rewel dan susah tidur adalah adanya penimbunan urin yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi.

Baca juga:
10 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba
Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur tanpa Harus Digendong atau Disusui
7 Penyebab Bayi Susah Tidur Malam dan Solusi Biar Tidur Nyenyak

Faktor Eksternal Penyebab Bayi Susah Tidur
Selain beberapa faktor internal yang sudah dijelaskan sebelumnya, bayi yang susah tidur bisa juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal sehingga membuat bayi rewel pada saat mengantuk. Adapun beberapa penyebab eksternal yang bisa membuat bayi susah tidur adalah sebagai berikut.

1. Kondisi baju yang tidak nyaman
Bayi bisa saja rewel dan susah tidur karena si bayi merasa ada yang tidak nyaman pada apa yang dikenakan di tubuhnya. Ia akan rewel dan menangis jika baju yang dikenakan tidak sesuai dengan keinginannya.

2. Tubuhnya kotor
Bayi yang susah tidur dan rewel juga bisa disebabkan oleh ketidaknyamanan yang dirasakan karena tubuh si bayi kotor (belum mandi). Bayi yang belum mandi tubuhnya akan terasa gatal dan akan menimbulkan ruam merah. Dan ini sangat mengganggu si bayi karena tidak nyaman. Oleh karena itu bayi akan susah untuk tidur.

3. Popok basah
Popok yang basah dan dirasa tidak nyaman juga bisa menjadi faktor utama bayi sulit untuk tidur dan rewel karena merasa mengantuk. 

4. Ruang kamar yang tidak nyaman
Hal yang membuat bayi anda susah tidur juga bisa disebabkan oleh ketidaknyamanan ruang kamar yang membuat bayi anda gelisah dan merasa tidak nyaman. Kamar yang panas dan pengap bisa membuat bayi tidak dapat tidur dengan nyenyak sehingga akan rewel karena  mengantuk.

5. Bising atau keributan
Selain itu, ada hal lain yang juga sangat berpengaruh terhadap rasa nyaman tidur bayi. Bayi akan sulit tidur ketika bayi suasana sekitar rebut dan bising karena pendengaran bayi yang sangat peka terhadap suara. Jadi, ketika ada kebisingan dan keributan disekitarnya maka ia akan terbangun, dan akan sulit untuk tidur kembali.

7 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Mengantuk
Setelah anda mengetahui beberapa penyebab bayi susah tidur yang menyebabkan bayi rewel saat mengantuk, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara dan tips mengatasi bayi rewel saat mengantuk yang bisa anda terapkan dirumah bersama dengan buah hati anda. Yuk, simak ulasannya berikut ini.


1. Memberi ASI atau makanan pendamping ASI
Bayi anda susa untuk tidur dan rewel mungkin saja disebabkan oleh rasa lapar yang dirasakan oleh bayi. Lapar merupakan dugaan yang pasti terlintas dibenak semua orang tua ketika bayinya susah tidur dan rewel. Oleh karena it, sebagai orangtua anda harus wajib tahu tanda bayi yang lapar.

Beberapa tanda bayi anda merasa lapar adalah bayi akan terlihat gelisah, menghisap jarinya dan menggerak-gerakkan bibirnya. Cara mengatasi bayi rewel saat mengantuk jika kondisinya seperti ini maka anda harus memberikan ASI atau pendamping ASI. Pastikan bayi anda kenyang pada saat akan mulai untuk menidurkannya.

2. Menggantikan popok
Cara mengatasi bayi rewel saat mengantuk yang selanjutnya adalah dengan memeriksa popoknya secara rutin dan menggantinya. Bayi bisa saja rewel saat mengantuk namun tidak bisa tidur karena merasa tidak nyaman dengan popok yang dikenakannya.

Mungkin sebagian bayi memang memiliki toleransi yang tinggi sehingga bisa menahan rasa basah dan tidak menangis sebelum diganti popoknya.  Namun, beberapa bayi juga pasti akan merasa tidak nyaman ketika popoknya basah dan meminta untuk segera menggantinya dengan cara menangis, rewel dan susah untuk tidur.

3. Mencoba Menidurkan
Anda juga bisa mengatasi bayi rewel saat mengantuk dengan cara mencoba untuk menidurkannya. Walaupun kebanyakan orang beranggapan bahwa bayi sangat beruntung karena dapat tidur dengan mudah di mana pun dan kapanpun.

Namun, tidak jarang bayi yang merasa sangat lelah malah menjadi sulit untuk tidur dan rewel bahkan sebagian bayi akan menangis sepanjang waktu. Nah, untuk mengatasi bayi rewel saat mengantuk seperti ini anda bisa mencoba menidurkan bayi anda dengan menyesuaikan kondisi didalam kamar. Anda bisa membuat suasana kamar menjadi nyaman, tentram, tenang, suhunya tidak panas atau terlalu dingin, dan tidak banyak nyamuk.

4. Memberikan dekapan hangat
Bayi biasanya membutuhkan  dekapan hangat dan belaian penuh kasih saying sebelum tidur. Cara ini bisa anda coba untuk mengatasi bayi rewel saat mengantuk.

Hal ini karena setelah bayi berumur beberapa bulan bayi akan mengenali suara, wajah, irama detak jantung dan aroma dari tubuh orang tuanya. Bayi akan merasakan apa saja yang menjadi ciri khas dari orang tuanya.

5. Menghangatkan perut untuk mencegah kolik
Anda bisa mengatasi bayi rewel saat mengantuk dengan menghangatkan perut bayi. Anda bisa melakukannya dengan cara menaruh sehelai kain yang sudah dibasuh air hangat diatas perut bayi. Hal ini akan membuat bayi anda merasa nyamakan akibat banyaknya gas yang tertahan di sekitar wilayah perut dapat menyebabkan bayi  tak nyaman.

Gas yang tertahan diwilayah perut ini biasa disebut dengan kolik. Gangguan penyakit ini dapat  menangis tiba-tiba di waktu-waktu tertentu secara berkepanjangan. Bahkan, ada yang sampai menangis sepanjang 3 jam  tanpa henti karena gangguan kolik ini.

Anda juga bisa mengoleskan perut bayi dengan minyak telon yang bisa menghangatkan perut bayi anda.

6. Memberikan kesempatan bersendawa
Pada saat bayi rewel saat mengantuk dan setelah ia makan atau minum susu, kemungkinan besar yang ia butuhkan adalah bersendawa. Hal ini akan dirasa tidak nyaman karena adanya gas yang ada di dalam perut bayi.

Bayi bisa saja tidak sengaja menghirup udara pada saat menyusui dan udara tersebut akan terperangkap di lambung dan membuat bayi tidak nyaman. Hal ini yang bisa saja membuat bayi anda susah tidur dan rewel saat mengantuk.

Anda bisa mengatasi bayi rewel saat mengantuk pada kondisi ini dengan melakukan puk-puk pada punggung bayi.

7. Memberikan kenyamanan sesuai cuaca
Cara mengatasi bayi rewel saat mengantuk bisa juga anda lakukan dengan membuat nyaman kamar atau tempat tidur bayi anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat bayi merasa tak nyaman.

Anda bisa mencoba melepaskan baju bayi anda apabila cuaca terlalu panas, lalu basuh tubuh bayi anda dengan menggunakan air biasa dan waslap atau tisu basah.

Jika suhu dirasa dingin anda bisa mengganti bajunya dengan baju yang lebih tebal atau bungkus dengan menggunakan bedong agar suhu tubuh bayi tetap hangat.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi bayi rewel saat mengantuk yang bisa anda lakukan agar bayi bisa tidur dengan nyenyak dan pulas. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

7 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Mengantuk dan Susah Tidur