10 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba

Bayi merupakan karunia luar biasa yang diberikan Tuhan kepada kita, untuk itu kita harus terus menjaganya dengan sepenuh hati. Bagi orang tua yang baru memiliki bayi, pasti banyak hal yang masih belum diketahui terutama pada saat bayi suka menangis tiba-tiba. Terkadang kita akan dibuat panik dan bingung mengenai bagaimana Cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba.

Ada yang menyebutkan bahwa terkadang bayi yang menangis tiba-tiba karena diganggu oleh makhluk halus atau jin. Hal tersebut memang kemungkinan bisa terjadi namun kita juga harus tahu sebenarnya apa yang menyebabkan bayi menangis dan bagaimana cara mengatasi bayi rewel secara logis.

bayi rewel suka menangis, cara mengatasi bayi rewel, cara mengatasi bayi menangis, bayi rewel, bayi mengangis, bayi, menangis, bayi menangis tiba-tiba

Bayi yang menangis merupakan cara bayi untuk berkomuikasi dan menyampaikan kepada kita para orang tua bahwa mereka sedang merasa tidak nyaman, takut dan juga membutuhkan sesuatu.

Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab bayi menangis secara tiba-tiba dan cara mengatasi bayi rewel. Kami akan menjelaskan secara lebih rinci untuk bisa anda terapkan cara mengatasi bayi rewel. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba
1. Gangguan Perut dan Pencernaan
Bayi yang suka menangis secara tiba-tiba bisa dikarenakan oleh adanya gangguan perut dan pencernaan atau biasa disebut dengan kolik. Kolik merupakan gangguan pencernaan pada bayi gangguan perut tersebut bisa disebabkan karena bayi mengalami perut kembung, sembelit atau tidak bisa membuang angina,

2. Kelaparan
Penyebab bayi rewel bisa saja karena bayi merasa lapar dan membutuhkan asupan ASI. Hal ini karena bayi memiliki perut yang kecil dan tidak bisa menampung banyak makanan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, bayi akan lebih sering merasa lapar.

Anda harus peka terhadap tingkah laku bayi anda, bayi yang kelaparan biasanya akan terlihat meregang atau menggeliat, mengeluarkan suara seperti sedang menghisap atau menggerakkan mulut dan menghisap jari. Jika bayi anda melakukan ha tersebut bisa jadi itu pertanda bahwa bayi anda sedang merasa kelaparan.

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Mengantuk dan Susah Tidur 
Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur tanpa Harus Digendong atau Disusui
7 Penyebab Bayi Susah Tidur Malam dan Solusi Biar Tidur Nyenyak

3. Merasa Tidak Nyaman
Penyebab bayi rewel selanjutnya adalah perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh bayi. Hal ini bisa disebabkan oleh pakaian yang dipakai tidak pas di tubuh bayi atau kulitnya yang sensitive. Hal lainnya yang mungkin terjadi adalah bayi anda mengenakan popok yang sudah kotor dan merasa tidak nyaman lagi.

Bayi biasanya tidak akan merasa nyaman dan tidak suka jika berlama-lama menggunakan popok yang kotor. Nah, karena belum bisa menyampaikan hal tersebut kepada orang tua, bayi biasanya akan menangis sebagai pertanda bahwa ia merasa tidak nyaman.

Selain membuat bayi merasa tidak nyaman, popok yang kotor juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang masih lembut dan sangat sensitive.

4. Tumbuh Gigi
Bayi biasanya akan rewel dan suka menangis tiba-tiba karena ia mulai akan tumbuh gigi. Hal ini bisa menjadi factor penyebab bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba. Proses tumbuh gigi akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit ketika gigi mulai menembus gusi atau biasa disebut erupsi.

Untuk bisa mengetahuinya anda bisa mencoba periksa gigi bayi anda dengan cara membersihkan jari jemari anda kemudian raba dan rasakan gusi pada bayi anda apakah tampak menonjol dan memerah atau tidak.

Pertanda bayi akan tumbuh gigi juga bisa anda lihat dari gusinya yang mulai membengkak sehingga bayi akan memiliki kebiasaan untuk menggigit sesuatu.

5. Suhu yang Terlalu Dingin atau Terlalu Panas
Hal lain yang biasanya juga akan menjadi penyebab bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba adalah bayi merasa kepanasan atau kedinginan. Oleh karena itu, biasanya bayi yang baru lahir akan dibungkus dengan sehelai kain atau pakaian untuk membuat suhu tubuh bayi tetap hangat.

Namun, bayi juga tidak menyukai jika suhu tubuhnya terlalu dingin atau terlalu hangat. Untuk itu,lebih baik anda mencoba untuk memperhatikan pakaian yang dipakai bayi anda jangan hanya karena style dan trend anda membuat bayi anda tidak nyaman atau kegerahan. Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan oleh bayi anda dan juga cuaca dan suhu rumah anda.


6. Sedang Sakit
Penyebab bayi rewel dan menangis secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh rasa sakit atau demam yang dirasakan bayi. Dalam hal ini, bayi tidak akan memberitahu anda bahwa ia sedang tidak enak badan, oleh karena itu bayi akan lebih memilih untuk menangis untuk membuat anda mengerti maksud dari tangisannya tersebut.

Apabila bayi sedang demam atau tidak enak badan biasanya tangisannya akan berbeda dengan tangisan biasanya. Tangisan bayi akan terdengar lemah dan lebih sering bernada tinggi. Jika bayi anda berada pada kondisi yang demikian kemungkinan bayi anda sedang sakit baik itu karena demam, batuk, pilek atau flu. Bayi yang sakit tidak bisa disamakan dengan anak-anak atau orang dewasa yang sakit.  Oleh karena itu, anda harus memberikan penanganan yang tepat.

7. Kelelahan
Bayi juga bisa merasa lelah seperti halnya orang tua. Pada saat bayi merasa lelah mereka biasanya tidak tahu harus berbuat apa dan akhirnya mereka memilih untuk menangis. Penyebab kelelahan pada bayi bisa disebabkan karena melakukan perjalanan yang cukup jauh atau terlalu banyak bermain.

Bayi yang merasa kelelahan akan merasa sulit untuk tidur dan biasanya mereka akan cenderung akan merengek dan menangis.

8. Iritasi pada Kulit Bayi
Penyebab bayi rewel dan tiba-tiba menangis yang selanjutnya adalah karena masalah ruam atau iritasi kulit akibat popok yang mereka gunakan. Ruam popok biasa terjadi pada bagian paha atas, bokong dan area genital atau selangkangan dan juga sekitarnya.

Ruam yang terjadi pada area tersebut biasanya akan membuat bayi anda menangis ketika sedang dicebokin akibat rasa sakit dan terkena cairan urin. Hal ini bisa menjadi penyebab bayi anda akan menangis dan rewel karena tidak merasa nyaman.

9. Ingin Bersendawa
Penyebab bayi rewel dan menangis tiba-tiba untuk selanjutnya adalah bayi ingin bersendawa setelah diberikan ASI atau susu formula. Bayi biasanya akan memiliki kecenderungan untuk menelan udara pada saat ia menyusu dan apabila udara tersebut tidak dikeluarkan melalui sendawa maka hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi.

10. Mimpi Buruk
Bayi yang tiba-tiba menangis pada saat tidur bisa jadi disebabkan oleh hal-hal yang buruk atau mimpi buruk. Tidak hanya orang dewasa yang bisa mengalami mimpi buruk, bayi juga bisa mengalami mimpi buruk.

Tips Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba
Setelah anda mengetahui apa saja penyebab  bayi anda rewel dan suka menangis tiba-tiba, sekarang kita bahas mengenai 10 cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba berikut ini.

1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat atau Meletakkan Kain Hangat
Apabila anda merasa bayi anda mengalami gangguan pencernaan atau perut anda bisa mencoba memandikannnya dengan air hangat. Selain itu, anda juga bisa meletakkan air hangat di atas perut sikecil agar perutnya tidak kembung. Hal ini akan memberi rasa lega terhadap bayi anda. Anda bisa melakukannya 2 hingga 3 kali sehari.

2. Berikan ASI yang Cukup dan Rutin
Cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba yang selanjutnya adalah pastikan anda memberikan ASI kepada si kecil secara rutin dan tepat waktu. Jangan sampai buah hati anda merasa kelaparan.

3. Ganti dan Periksa Popok Bayi
Cara mengatasi bayi rewel jika disebabkan ketidaknyamanan popok yang digunakan, maka anda harus mengganti dan memeriksa popok bayi anda dengan benar. Bayi yang rewel mungkin disebabkan oleh popoknya yang sudah kotor, oleh karena itu akan lebih baik jika anda mengganti popok bayi anda secara tertatur dua atau tiga jam. Hal ini akan mengurangi risiko bayi terkena ruam popok.

4. Beri Wortel Dingin
Apabila bayi anda rewel disebabkan karena tumbuh gigi maka anda bisa memberikannya wortel dingin agar si kecil bisa belajar menggigit secara perlahan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi Anda juga dapat dengan lembut memijat gusi yang sakit.

Anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi bayi rewel akibat gigi yang akan tumbuh bisa ini bisa membantu menenangkan bayi anda yang rewel dan menangis.

5. Menjaga Suhu Tubuh Bayi dan Ruangan
Cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba yang selanjutnya adalah dengan menjaga suhu tubuh bayi dan juga ruangan agar seimbang. Apabila bayi anda merasa kedinginan anda bisa menyelimutinya dengan kain agar tetap hangat, namun sebaliknya apabila anda merasa bayi anda kepanasan anda bisa mengambil selimutnya.

Selain itu, anda bisa memperhatikan suhu kamar bayi agar tetap berada di suhu sekitar 64 atau 65 derajat Fahrenheit (18 derajat cecius)

6. Konsultasikan dengan Dokter
Apabila anda sudah melakukan berbagai macam cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis, namun tetap saja bayi tetap rewel dan menangis. Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter mengenai pengobatannya.

Saat bayi anda sedang sakit, jangan memberikan obat apapun kepada bayi anda tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Perhatikan Pola Tidur Bayi Anda
Cara mengatasi bayi rewel selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan rutinitas dan pola tidur si kecil. Bisa saja bayi anda rewel karena kelelahan dan tidak bisa tidur.

Anda bisa memeluk bayi dan mengayunkan bayi dengan lembut sambil di ninabobokan atau dinyanyikan sampai bayi anda tertidur.

8. Oleskan Krim atau Obat Ruam
Apabila bayi anda rewel dan sering menangis akibat adanya iritasi atau ruam pada kulit bayi, anda bisa mengoleskan krim atau obat ruam di area kulit yang merah dan meradang. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan saran yang lebih lanjut.

Segera bersihkan dan mengganti popok bayi buang air untuk mencegah terjadinya ruam lagi. Hal ini biasa terjadi karena kulit bayi sangat sensitive.

9. Dekap Bayi dan Tepuk-tepuk Punggungnya
Cara mengatasi bayi rewel akibat bayi ingin bersendawa bisa anda lakukan dengan mengangkat bayi anda dalam dekapan dengna posisi yang tegak menghadap ke tubuh anda. Setelah itu, tepuk perlahan punggung bayi anda hingga bayi bersendawa atau mengeluarkan udara yang ada di dalam perutnya.

10. Beri Perhatian
Beberapa bayi memiliki perasaan yang sangat sensitive dan butuh pelukan yang banyak. Cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis yang terakhir adalah dengan memberikannya perhatian dan sentuhan penuh kasih saying.

Anda bisa mendekap bayi anda untuk menghentikan tangisanya, selain itu anda dan bayi anda juga akan sama-sama merasakan irama detak jantung dan kehangatan serta aroma tubuh sang ibu.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi bayi rewel dan suka menangis tiba-tiba yang bisa anda lakukan pada bayi anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

10 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba