Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur tanpa Harus Digendong atau Disusui

Setiap orang tua yang memiliki buah hati sudah pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tidur merupakan suatu kegiatan dan kebutuhan yang dilakukan bayi dan tidur merupakan suatu hal yang sangat penting untuk buah hati anda.

Dengan tidur yang cukup akan berpengaruh terhadap perkembangan otak ang optimal dan baik untuk buah hati anda. Namun, seiring dengan berjalannya waktu terkadang buah hati tidak bisa tidur atau susah untuk tidur. Bayi anda mungkin juga tidak bisa tidur dengan sangat mudah karena beberapa hal. Ada saja gangguan yang biasanya datang, namun sebagai ibu tentunya kita harus bisa mengatasinya masalah tersebut agar si kecil bisa tidur dengan waktu yang maksimal.

cara menidurkan bayi tanpa digendong, cara menidurkan bayi, menidurkan bayi tanpa disusui, bayi tidur, bayi, bayi tidur tanpa disusui

Biasanya para orang tua akan menggendong anaknya untuk bisa tidur, namun lama kelamaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan dapat menguras tenaga. Nah, bagi anda yang ingin tahu cara menidurkan bayi yang susah tidur. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Bayi Selalu Ingin Digendong
Sebelum membahas mengenai cara menidurkan bayi yang susah tidur, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab bayi susah tidur jika tidak digendong.

Sebenarnya mengenai penyebab bayi selalu ingin digendong dan susah untuk tidur adalah karena kebiasaan yang sudah dilakukan oleh para orang tua yang memang selalu ingin menggendong si buah hati. Istilah yang ada dimasyarakat untuk bayi yang selalu ingin di gendong adalah bau tangan, yang artinya bayi akan rewe dan susah untuk tidur apabila tidak digendong.

Dampak Negatif Bayi Sering Digendong
Walaupun kebanyakan orang tua sangat senang sekali untuk menggendong bayi, namun kebiasaan tersebut tidaklah dibenarkan karena adanya dampak negative yang mungkin terjadi apabila kita sering menggendong bayi, sebenarnya anda bisa melakukan cara menidurkan bayi yang susah tidur tanpa harus menggendongnya.

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Mengantuk dan Susah Tidur 
10 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba 
7 Penyebab Bayi Susah Tidur Malam dan Solusi Biar Tidur Nyenyak

Namun, sebelum membahas mengenai cara menidurkan bayi yang susah tidur, kami akan menjelaskan dampak negative bayi yang sering digendong berikut ini.

1. Susah mandiri
Apabila anda sering menggendong bayi untuk tidur hal ini akan membuat bayi anda tidak mandiri dan seringkali manja. Dengan begitu akan sangat penting  untuk menerapkan cara menidurkan bayi yang susah tidur tanpa digendong agar bayi menjadi lebih mandiri kelak.

Dengan membiasakan tidak menggendongnya maka bayi tidak akan mencari sesuatu berdasarkan kenyamanan saja. Bayi akan memahami bahwa tidak semua keinginannya dapat dituruti dengan mudah.
2. Pemalas
Bayi akan menjadi pemalas karena dia berpikir segala keperluannya akan diatasi orang lain. Oleh sebab itu baik untuk anda mengetahui cara menidurkan bayi yang susah tidur tanpa harus menggendongnya.

3. Cengeng
Percaya atau tidak bayi yang sering digendong akan lebih cengeng jika dibandingkan dengan bayi yang terbiasa diletakkan di kasur. cara menidurkan bayi yang susah tidur sangat baik untuk anda pelajari agar bayi tidak rewel dan cengeng.

4. Terlambat Berjalan
Dampak negative yang lainnya apabila kita sering menggendong bayi akan membuat bayi memiliki pertumbuhan yang lambat misalnya lambat pada saat belajar berjalan. Hal ini karena bayi tidak terbiasa dilatih untuk berjalan. Salah satu ciri bayi anda memiliki pertumbuhan dan kecerdasan adalah ia akan tumbuh lebih pesat dibandingkan dengan yang lainnya.

5. Kelemahan
Otot bayi akan menjadi lebih lemah apabila tidak dibiasakan berlatih merangkak atau berjalan. Hal ini karena pertumbuhan otot bayi sangat penting untuk itu jangan biasakan menggendong bayi untuk melatih otot-otot dan gerak motorik bayi.

Anda juga bisa menambahkannya dengan memberikan asupan buah dan sayur yang cukup untuk menunjang pertumbuhan bayi. Sayur dan bauh memiliki manfaat sebagai sumber vitamin dan mineral yang diperlukan bayi dalam bertumbuh sesuai dengan kematangan usianya.


6. Obesitas
Dampak negative sering menidurkan bayi dengan menggendong berikutnya adalah bayi renatn obesitas karena sedikit bergerak dan lebih banyak menyusu. Hal ini karena jika susu formula dikonsumsi secara berlebihan akan membuat bayi banyak menyerap lemak. Jika begitu, bayi akan lebih mudah untuk terkena obesitas.

7. Pasif
Efek buruk lainnya jika bayi lebih sering digendong adalah bayi menjadi lebih pasif dibandingkan bayi lain seusianya. Berbeda dengan bayi yang aktif, ia akan semangat belajar merangkak atau berjalan. Sedangkan bayi yang pasif akan cenderung diam saja jika tidak dibantu digendong.

Tips Menidurkan Bayi tanpa Digendong
Nah, sudah tau kan apa saja dampak negative bagi bayi yang sering digendong, untuk itu sebagai cara menidurkan bayi yang susah tidur sebaiknya anda menghindari gendongan. Sebenarnya anda bisa melakukan cara menidurkan bayi yang susah tidur berikut ini tanpa menggunakan gendongan atau tanpa memberi susu. Yuk simak beberapa cara menidurkan bayi yang susah tidur berikut ini.

1. Tidurkan bayi di sebelah kita
Pada saat bayi sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sudah mengantuk, misalnya seperti mengucek mata dan menguap. Maka, sudah waktunya anda untuk menidurkan bayi anda.

Nah,apabila sebelumnya anda melakukan cara menidurkan bayi yang susah tidur dengan menggendongnya. Selanjutnya anda perlu mencoba hal yang berbeda. Anda bisa melakukannya dengan cara menidurkan bayi anda di sebelah kita, sembari menepuk-nepuk halus pantat atau punggung mereka.

2. Hindari kontak mata dengannya
Cara menidurkan bayi yang susah tidur tanpa digendong yang lainnya adalah coba anda letakkan bayi anda di keranjang atau box bayi ketika mereka mulai mengantuk. Hindari kontak mata dengan bayi agar mereka segera tidur.

3. Mandi air hangat
Agar bayi anda merasa rileks anda juga bisa memandikannya dengan air hangat sebagai salah satu cara menidurkan bayi yang susah tidur. Mandi air hangat dirasa akan mudah untuk membuat bayi terlelap dan mengantuk setelah mandi. cara menidurkan bayi yang susah tidur ini dianggap sangat efektif untuk membuat rasa kantuk pada bayi setelahnya.

Anda bisa memandikan bayi anda dengan menggunakan air hangat disertai dengan pijatan lembut  yang dapat membuat bayi lebih rileks dan mengantuk.

4. Memberikan wewangian yang lembut
cara menidurkan bayi yang susah tidur berikutnya adalah dengan memberikan wewangian yang beraroma lembut. Anda bisa menambahkan wewangian ini disekitar tempat tidur bayi atau box tidurnya.

Anda bisa memberikan wewangian yang lembut seperti wangi dari bunag lavender. Anda bisa menuangkannya ke tisu lalu meletekkannya di samping tempat tidur bayi.

5. Perhatikan yang ia kenakan
Cara menidurkan bayi yang susah tidur tanpa digendong yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan pakaiannya. Pakaian yang tidak nyaman akan membuat bayi akan sulit untuk tidur baik itu pada saat digendong ataupun tanpa digendong.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memilih baju yang pas untuk bayi seperti katun. Katun merupakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat, selain itu juga dapat mencegah irtasi pada kulit bayi yang sensitif.

6. Tidurkan di box bayi dan berikan suara-suara
Cara menidurkan bayi yang susah tidur yang berikutnya dengan meletakkan bayi anda di box bayi. Anda bisa memberikan suara-suara lembut dan kecil agar bayi anda bisa tertidur. Anda busa memutarkan lagu instrumental yang biasanya ada di box bayi.

cara menidurkan bayi yang susah tidur yang satu ini terbukti sangat efektif untuk membuat bayi anda tidur tanpa harus menggendongnya.

7. Biasakan supaya bayi tidur di ranjang bersama Anda
Bayi akan lebih merasa tenang dan merasa nyaman pada saat anda menemani tidurnya. Anda bisa mengajarkan bayi yang berusia 6-8 minggu untuk tidur tanpa digendong bunda. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, anda bisa menidurkan bayi di ranjang bersama dengan anda.

Yang perlu anda lakukan sebagai cara menidurkan bayi yang susah tidur adalah dengan membiasakan bayi anda untuk tidur di ranjang atau box bayi bersama dengan anda. Selain itu, kurangi kebiasaan untuk menggendong bayi hingga tertidur.

Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur tanpa Harus Digendong atau Disusui