7 Penyebab Bayi Susah Tidur Malam dan Solusi Biar Tidur Nyenyak

Menjadi orangtua merupakan suatu hal yang sangat indah, namun menjadi orang tua juga merupakan suatu hal yang sangat berat. Hal ini karena setelah bayi anda lahir maka bayi akan mengalami pertumbuhan dari hari ke hari.

Bayi yang baru lahir biasanya akan mengalami kebiasaan tidur sepanjang hari dan sulit untuk tidur pada malam hari. Namun, hal tersebut tidak akan terus berkelanjutan ada dalam diri bayi. Seiring dengan bertambahnya usia bayi akan berubah pula kebiasaannya. Poa tidur bayi akan berubah jika kita melatihnya untuk terbiasa tidur di malam hari.

penyebab bayi susah tidur malam, penyebab bayi susah tidur, bayi susah tidur, bayi tidur, bayi, bayi tidur nyenyak

Namun, bayi biasanya akan mulai rewel dan tidak bisa tidur pada malam hari. Hal ini merupaka salah satu tantangan menjadi orang tua yang baru adalah mengatasi bayi yang susah untuk tidur. Oleh karena itu, anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menjadi penyebab bayi susah tidur.

Bayi yang susah untuk tidur merupakan suatu hal yang dikhawatirkan oleh para orang tua. Hal ini karena tidur merupakan suatu kebutuhan pokok bayi untuk beristirahat. Tidak menutup kemungkinan jika bayi yang sulit untuk tidur akan mempengaruhi kesehatannya.

Untuk itu sebagai orang tua anda harus mengetahui beberapa hal penyebab bayi susah tidur di malam hari. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa penyebab bayi susah tidur dan bagaimana solusinya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:
Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur tanpa Harus Digendong atau Disusui 
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Mengantuk dan Susah Tidur 
10 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Suka Menangis Tiba-tiba 

Penyebab Bayi Susah Tidur di Malam Hari
Bayi yang sulit untuk tidur tidak hanya membuat kita sebagai orang tua lelah, namun bayi yang susah tidur juga bisa membuat orang tuanya frustasi. Secara umum, alasan atau penyebab bayi susah tidur  tidaklah serius. Biasanya penyebab bayi susah tidur  adalah karena ia merasa haus, lapar, sakit, lelah, dan mau tumbuh gigi.

1. Lapar dan Haus
Penyebab bayi susah tidur yang pertama adalah karena bayi lapar dan haus. Tidak hanya orang dewasa saja yang tidak bisa tidur karena perut lapar, namun bayi juga demikian. Bayi yang merasa lapar dan haus biasanya akan sulit untuk memejamkan mata atau tidur.

Kebanyakan dari orang tua suda mengerti ciri-ciri bayi yang sedang lapar dan juga haus. ha ini merupakan masalah umum yang sering terjadi yang menjadi penyebab bayi susah tidur. Bayi bisa saja terbangun pada malam hari karena ia merasa lapar.

Umumnya bayi yang sering lapar adalah bayi yang sedang berada di masa percepatan pertumbuhan. Yakni pada usia 7-10 hari, 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Jadi, walaupun sebelum tidur ia mungkin sudah diberi ASI, susu, makanan, atau rutin diberi makan setiap 4 jam sekali, namun kemungkinan bayi masih akan tetap merasa lapar pada saat malam hari. 

2. Merasa Kehilangan dan Sendirian
Bayi akan merasa kesepian dan sendirian apabila anda meninggalkannya. Hal ini bisa saja menjadi penyebab bayi susah tidur yang juga perlu anda ketahui. Walaupun bayi masih belum bisa berbicara namun bayi memiliki feeling yang sangat kuat.

Bayi juga bisa merasa kehilangan sesuatu, misalnya saja bayi yang terbiasa tidur dengan menggunakan dot, botol, atau saat minum ASI misalnya. Ketika benda-benda yang biasa menemaninya tidak bersamanya lagi atau tidak ada didekatnya maka bayi akan menangis dan susah tidur. 

Hal ini bisa menjadi penyebab bayi susah tidur  yang dapat anda ketahui. Bayi yang susah tidur pada malam hari biasanya karena memang memiliki siklus tidur yang beragam. Ada bayi yang suka terbangun setiap 1 sampai dengan 2 menit, ada pula bayi yang terbangun setiap sejam sekali namun biasanya akan tertidur dengan sendirinya.


Namun, hal ini berbeda dengan bayi yang memiliki kebiasaan untuk memgang sesuatu sesaat sebelum tidur. Misalnya bayi yang terbiasa terlelap dengan dot atau saat diberi ASI, maka akan sulit untuk membuatnya bisa tertidur dengan sendirinya.

Hal Inilah yang menjadi alasan mengapa tidur siang bayi hanya sebentar saja, dan mengapa ia sering bangun saat malam hari.

3. Pola Tidur yang Berubah-ubah
Apabila anda memiliki keinginan untuk membiasakan bayi anda untuk tidur sendiri maka anda harus konsisten dalam melakukan hal tersebut. Beberapa hal yang menjadi penyebab bayi susah tidur salah satunya adalah perubahan ritual tidur bisa membuatnya susah terlelap.

4. Bayi Terlalu Lelah
Kondisi bayi yang terlalu lelah atau sebaliknya juga bisa menjadi penyebab bayi susah tidur. Sama halnya seperti orang dewasa, bayi yang berada dalam kondisi terlalu lelah juga akan susah untuk tidur.

Bayi yang lelah akan membuatnya kurang tidur dan lebih sering untuk bangun. Selain suah untuk tidur, bayi biasanya kaan mulai rewel dan menangis. Selain itu beberapa bunyi yang cukup berisik juga dapat mengganggu tidur bayi. Misanya suara pada saat mematikan lampu atau mematikan TV akan membuat bayi sulit untuk tenang.

5. Sakit
Bayi yang sedang sakit juga bisa menjadi penyebab bayi susah tidur berikutnya. Bayi yang kurang sehat biasanya akan sulit untuk tidur karena merasa terganggu. Misalnya saja bayi yang sedang sakit perut, kembung, naiknya asam lambung, demam, batuk, hingga tumbuh gigi bisa membuat anak rewel dan sering bangun saat malam.

Selain itu, bayi yang pilek atau mengalami infeksi saluran pernafasan juga bisa terbangun karena merasa hidungnya tersumbat.

6. Ingin Selalu Ditemani
Bayi yang terbiasa ditemani pada saat ia tidur akan membuatnya sulit untuk tidur ketika ditinggal oleh orang tuanya. jadi, penyebab bayi susah tidur adalah karena bayi anda mengalmai kegelisahan yang membuat bayi anda menjadi rewel dan sering menangis. Salah satu penyebabnya adalah anda yang sering meninggalkannya. Pada usia 6-8 bulan biasanya bayi akan lebih sering meminta anda untuk menemaninya.

7. Susah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru
Apabila anda sedang pindah rumah atau memindah kamar bayi anda, tidak menutup kemungkinan jika ini bisa menjadi penyebab bayi susah tidur berikutnya. Biasanya bayi akan merasa takut, gelisah dan sulit untuk tidur pada saat ia berada di lingkungan yang berbeda.

Tips Cerdas untuk Mengatasi Bayi Susah Tidur
Nah, setelah anda mengerti apa saja penyebab bayi susah tidur. Selanjutnya akan kami jelaskan mengenai tips cerdas mengatasi bayi yang susah tidur.

1. Siapkan Makanan dan Susu Ekstra
Solusi yang pertama untuk mengatasi penyebab bayi susah tidur karena apar dan haus adalah dengan menyiapkan makanan dan susu ekstra. Jika anda sedang menyusui, maka berikan ASI kepada buah hati anda tanpa berhemat dan takut untuk kehabisan.

Pastikan anda menyuplai ASI anda secara cukup kepada si keci. Apabila anda memberikan asupan ASI yang cukup kepada si buah hati maka Anda hanya perlu menambah asupan cairan karena besar kemungkinan, Anda merasa haus setelah menyusui.

Sama seperti rasa lapar, haus juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa bayi susah untuk tidur. Anda harus dapat memastikan bahwa bayi anda tidak terhidrasi pada siang hari dan jika perlu anda bisa memberik air putih jika bayi anda sudah ada pada usia 6 bulan.

2. Latih Untuk Mandiri
Apabila yang menajdi penyebab bayi susah tidur adalah karena ia merasa kehilangan sesuatu atau terbiasa menggunakan dot, susu, mainan dan lain sebagainya untuk selanjutnya anda bisa melatih bayi anda untuk terbiasa mandiri. Anda bisa mencoba menidurkannya tanpa bantuan alat apapun saat bayi mulai mengantuk Anda bisa menemani bayi sambil mengelusnya dengan kasih sayang.

3. Ubah Pola Tidur Bayi
Untuk mengatasi penyebab bayi susah tidur karena pola tidurnya yang berubah-ubah atau tidak konsisten. Hindari jam tidur bayi pada siang atau sore hari karena bayi yang tidur pada sore hari akan membuatnya susah untuk tidur di malam hari.

Selain itu, jika anda mengatasi penyebab bayi susah tidur dengan cara menggendongnya usahakan anda tidak menaruh bayi ke ranjangnya terlalu dini karena akan menyebabkan bayi akan terbangun.

4. Menciptakan Lingkungan Yang Tenang
Penyebab bayi susah tidur mungkin karena lingkungan sekitarnya yang berisik dan mengganggunya. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut cobalah untuk menciptakan lingkungan yang tenang agar buah hati anda mudah terlelap.

Anda juga bisa memandikannya dengan menggunakan air hangat, serta membarikan pijatan, peluk dan timang, bacakan cerita, atau buai dengan selendang agar ia bisa tenang menjelang jam tidurnya.

Hal ini bisa menumbuhkan mood bayi anda menjadi lebih baik ketika bangun keesokan harinya. 

5. Beri Sesuatu yang Membuatnya Tenang
Apabila bayi anda sedang mengalami sakit perut anda bisa mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih disekitar pusarnya.

6. Menemani atau Membiasakannya Mandiri
Anda bisa menemani bayi anda jika penyebab bayi susah tidur karena ingin ditemani. Namun , apabila anda ingin membuat bayi anda menjadi mandiri. Anda bisa mengurangi intensitas kehadiran anda pada saat ia akan tidur.

Pada saat bayi anda terbangun pada malam hari dan mulai menangis anda bisa tetap berada di kamarnya namun ketika sudah mulai membaik anda bisa secara perlahan-lahan meninggalkan bayi anda sendiri di kamarnya.

7. Pastikan Menidurkannya Ditempat yang Sama
Penyebab bayi susah tidur mungkin karena ia berada di lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan anda untuk menidurkan buah hati di tempat yang sama setiap malam dengan atmosfer yang sama pula.

Bisa jadi suhu udara diluar juga akan mempengaruhi kualitas tidur bayi anda. Oleh karena itu, anda harus bisa menjaga suhu tubuh bayi anda dengan memakaikannya baju yang sesuai dengan suhu lingkungan sekitar. 

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab bayi susah tidur dan tips untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

7 Penyebab Bayi Susah Tidur Malam dan Solusi Biar Tidur Nyenyak