10 Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi dan Solusi Mengatasinya

Cegukan merupakan suatu hal yang umum dan wajar terhadap bayi, terutama bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Bayi dengan usia dibawah 1 tahun sangat rentan mengalami cegukan. Hal ini disebabkan oleh adanya reaksi otot-otot diafragma, bukan pada pernapasan. Reaksi tersebut yang menyebabkan diafragma mengencang secara tiba-tiba. Selain itu, tanpa disadari hal tersebut bisa menutup pita suara yang ada di kerongkongan. Hal inilah yang yang menyebabkan dihasilkannya bunyi khas cegukan di bagian atas tenggorokan.

Faktor Penyebab Cegukan pada Bayi yang Harus Anda Ketahui
Bayi yang mengalami cegukan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor penyebab cegukan pada bayi adalah sebagai berikut:

cara hentikan cegukan bayi, bayi cegukan, menghentikan bayi cegukan, cegukan pada bayi, bayi, solusi bayi cegukan

• Bayi merasa kedinginan sehingga bayi sampai menggigil bisa menjadi faktor pemicu cegukan pada bayi karena perubahan pada suhu tubuh.
• Akibat Menyusui yang menyebabkan udara masuk ke dalam mulut
• Makanan yang dikonsumsi tidak baik, misalnya makanan yang memicu adanya gas dalam perut.
• Stres yang mungkin dialami oleh seorang bayi juga bisa menjadi penyebab bayi cegukan
• Adanya iritasi atau stimulasi pada otot diafragma yang menyebabkan adanya kontraksi secara mendadak.

Cegukan pada bayi baik yang baru lahir ataupun balita, pada umumnya merupakan sesuatu yang normal dan tidak berbahaya. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Namun, apabila cegukan mengganggukenyamanan bayi anda, hal tersebut perlu untuk diatasi.

Baca juga:
11 Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mudah Menanganinya 
10 Penyebab Bayi Susah BAB dan Keras serta Cara Mengatasinya 
12 Cara Penanganan Bayi Kuning agar Bisa Sembuh dan Normal Lagi

Cara Menghentikan Cegukan Bayi secara Alami dan Efektif
Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menghentikan cegukan bayi yang bisa anda lakukan pada bayi anda yang atas cegukan yang mengganggu. Yuk, simak ulasan cara menghentikan cegukakan bayi berikut ini.

1. Menepuk Punggung Bayi
cara menghentikan cegukan bayi  yang pertama adalah dengan menepuk punggung bayi, anda bisa mengatasi cegukan pada bayi yang barus lahir dengan menepuk-nepuk punggungnya.

Cara menghentikan cegukan bayi dengan cara ini dapat anda lakukan dengan menggendong bayi dengan posisi seperti berdiri, kemudian tepuk lembut bagian punggung bayi secara perlahan hingg bayi bersendawa. Jika cara ini terus dilakukan dan dibiasakan maka cara ini termasuk cara ampuh dan efektif menghentikan cegukan bayi.

2. Memeluk Bayi
Cara menghentikan cegukan bayi yang baru lahir yang paling simple dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memeluk bayi anda. Memeluk bayi pada saat cegukan dipercaya mampu untuk memberi ketenangan pada saat bayi dengan tubuh mungilnya mengalami cegukan yang sedikit menganggu.

Biasanya dalam beberapa menit cegukan pada bayi akan berhenti dan pernapasan bayi akan kembali normal.

3. Ganti Posisi Menyusui
Cara menghentikan cegukan bayi yang selanjutnya adalah dengan mengganti posisi menyusui pada bayi anda. cegukan pada bayi terjadi karena adanya udara yang ikut masuk ke dalam mulut bayi pada saat menyusui.

Untuk itu, perlu bagi anda untuk mengatahui posisi menyusui yang baik. Setelah anda melakukan cara menghentikan cegukan bayi dengan mengganti posisi menyusui, diharapkan bayi anda tidak lagi kemasukan udara ke dalam mulutnya yang bisa menyebabkan cegukan. 

4. Pastikan Posisi Menyusui Benar
Setelah anda mengetahui bahwa posisi menyusui anda salah, selanjutnya benarkan dulu posisi menyusui anda sebagai cara menghentikan cegukan bayi. jadi, posisi menyusui yang benar adalah dengan mengarahkan puting beserta areola (bagian kulit yang berwarna gelap yang melingkari putung) masuk sepenuhnya ke dalam mulit bayi.

selain itu, pastikan perut bayi anda berhadapan langusng dengan perut anda. Jika sudah demikian, sudah dapat dipastikan bayi anda akan bisa menerima ASI secara perlahan dan cegukan pun berhasil dihentikan.


5. Beri Makan Sedikit Demi Sedikit
Jika bayi anda sudah mulai pmengkonsumsi makanan pendamping ASI, cara untuk menghentikan cegukan bayi pada kondisi adalah dengan memberikan makan makanan sedikit dmei sedikit secara perlahan.

Dengan begitu, bayi anda tidak akan terburu-buru pada saat makan dan menelannya. Apabila bayi anda cegukan dengan disertai muntah, segera bawalah bayi anda ke dokter karena bisa jadi bayi anda sedang mengalami masalah pada perut.

6. Memijat lembut alis bayi
Selain cara menghentikan cegukan bayi yang sudah kami jelaskan diatas, Anda juga bisa mencoba cara menghentikan cegukan bayi dengan memijat lembut bagian alis bayi. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk membantu bayi anda bisa bernafas dengan baik.

Setelah anda melakukan cara ini, biasanya bayi akan merasa lebih tenang dan cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Namun, hal yang harus anda perhatikan adalah jangan terlalu keras pada saat memijat alis bayi. Hal ini karena saraf pada bayi masih lembut dan masih sangat sensitive jika anda menekannya terlalu keras.

7. Coba berikan ASI atau susu formula
Cara menghentikan cegukan bayi yang selanjutnya adalah dengan mencoba memberikan ASI atau susu formula pada bayi anda. Hal ini karena salah satu penyebab yang dapat membuat bayi cegukan adalah pada saat seorang bayi merasa haus dan tenggorokannya kering.

Anda bisa memberikan ASI perah yang sudah dimasukkan ke dalam dot pada bayi anda. selain itu, anda juga bisa memberikan susu formula pada bayi anda sebagai cara menghentikan cegukan bayi secara alami. Beberapa ibu biasanya juga mencoba menghentikan cegukan bayi dengan memberikan susu secara langsung dengan alat atau pipet khusus pada bayi. Lakukan cara ini secara hati-hati, jangan sampai susu yang diebrikan membuat bayi tersedak.

8. Perhatikan jika bayi sering menangis
Bayi yang sering menangis biasanya juga akan mengalami cegukan yang lebih sering. Nah, untuk mengatasi masaah ini, maka sebagai orang tua sebaiknya anda jangan membiarkan bayi anda terlalu lama.

Hal ini karena jika bayi dibiarkan menangis terlalu lama, maka akan banyak udara yang masuk ke dalam mulutnya dan menyerang sistem pernafasan bayi anda. Cara menghentikan cegukan bayi yang satu ini bisa membuat bayi yang mengalami perut kembung dan  bayi cegukan yang parah sembuh dengan sendirinya.

Untuk itu, agar bayi anda tidak menangis terlalu lama dan cepat tenang. Anda harus menjaga pola makannya, jangan sampai bayi anda menahan lapar terlalu lama karena hal tersebut akan membuat bayi anda rewel dan mudah menangis.

9. Hindari Makanan Pemicu Gas
Cara menghentikan cegukan pada bayi yang berikutnya adalah dilakukan pada sisi anda sebagai ibu. Pasalnya bayi yang sering mengalami cegukan mungkin juga disebabkan karena ibu yang menyusui sering mengkonsumsi makanan yang dapat memicu gas. Kebiasaan memakan makanan yang dapat memicu gas ini bisa menyebabkan bayi mengalami perut kembung.

Hal ini karena apa saja zat makanan atau nutrisi tertentu yanga ada didalam tubuh bayi memang diperoleh dari tubuh ibu. Ketika ibu mengkonsumsi banyak makanan yang membuat gas perut, maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada bayi anda. Bayi anda juga akan mengalami hal yang sama dan mengalami cegukan yang parah. Untuk menghindari terjadinya cegukan pada bayi, anda sebagai seorang ibu harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Makanan pemicu gas misalnya seperti bawang putih, kubis, dan semua jenis produk diet atau produk susu.

10. Biarkan Cegukan Berhenti Sendiri
Apabila bayi anda mengalami cegukan yang anda rasa masih belum mengganggu bayi anda. Anda bisa melakukan cara menghentikan cegukan bayi dengan cara membiarkan cegukan bayi berhenti sendiri.

Menurut dokter spesialis anak sekaligus penulis buku “Play and Learn”, bayi yang sedang mengalami cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya pada saat abyi anda tertidur.

Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia bayi cegukan pada bayi juga tak akan lagi muncul atau jarang muncul. Hal ini karena keseimbangan pada sistem tubuh bayi anda yang semakin hari semakin meningkat.

Namun untuk meminimalisir rasa kurang nyaman pada saat bayi anda cegukan,  anda bisa mengikuti beberapa cara yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghentikan cegukan bayi secara efektif dan alami yang bisa anda lakukan pada bayi anda yang sering cegukan. Namun, seperti yang sudah kami jelaskan tadi, cegukan pada bayi merupakan suatu hal yang normal terjadi pada bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun.

Oleh karena itu, jika menurut anda cegukan pada bayi anda masih berada pada batas normal dan tidak mengganggu pernafasan bayi anda. Maka, anda bisa menunggu cegukan yang terjadi berhenti dengan sendirinya. Hal ini karena biasanya cegukan akan berhenti sendiri pada saat bayi anda sudah merasa tenang.

10 Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi dan Solusi Mengatasinya