Bayi Cegukan Bolehkan Disusui? Ibu Perlu Tahu Hal Ini

Cegukan merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada seorang bayi, khususnya bagi bayi yang baru lahir dan berusia di bwah 1 tahun. Bayi yang baru lahir sangat rentan sekali mengalami cegukan, hal ini karena sistem pernafasan dan sistem pencernaan pada bayi yang belum sempurna.

Cegukan yang dialami oleh bayi bisa membuat orang tua menjadi panik, khususnya bagi orang tua yang baru saja memiliki seorang bayi. sebenarnya, seperti yang sudah kami jelaskan tadi cegukan merupakanhal yang normal terjadi pada bayi. Namun, cegukan yang disertai dengan muntahan atau semacamnya yang dapat dikatakan mengganggu bayilah yang wajib anda waspadai.

boleh bayi cegukan disusui, bayi cegukan, menyusukan bayi cegukan, bayi, ibu menyusukan bayi cegukan, cegukan bayi

Cegukan pada bayi biasanya akan berhenti atau hilang dengan sendirinya tanpa harus melakukan tindakan yang berlebihan. Namun, walaupun demikian terdapat beberapa tanda cegukan pada bayi yang membutuhkan perhatian khusus dan harus segara ditangani.

Proses Terjadinya Cegukan pada Bayi Baru Lahir
Cegukan pada bayi baru lahir sebenarnya terjadi karena adanya reaksi pada diafragma. Proses terjadinya cegukan adalah disebabkan oleh otot diafragma yang memisahkan rongga dada dan perut, tepatnya di bawah tulang rusuk, yang berguna untuk membantu mengendalikan pernapasan yang mengalami ontraksi secara mendadak.

Reaksi pada otot diafragma tersebutlah yang menyebabkan diafragma mengencang tanpa disadari secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat pita suara yang ada di kerongkongan tertutup sehingga terjadilah cegukan.

Pita suara yang tertutup akan menghasilkan bunyi khas cegukan pada bagian atas tenggorakan bayi anda. 

Baca juga:
Bunda, Ini Berat Normal Bayi Usia Baru Lahir (0 Bulan), Catat Ya! 
Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Aman agar Anak Tidak Cedera 
Usia Berapa Bayi Tumbuh Gigi? Ini Penjelasan Waktu dan Fasenya

Kondisi yang Perlu Diwaspadai saat Bayi Cegukan
Bagi bayi sehat, cegukan mungkin merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Namun, untuk sebagian bayi cegukan dapat menganggu bayi tidak dapat bernapas dengan normal.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai pada saat bayi mengalami cegukan adalah sebagai berikut ini.

1. Bayi mengalami gastroesophageal reflux disease atau refluks asam lambung
Bayi yang mengalami penyakit tersebut kemungkinan akan lebih sering cegukan. Hal yang harus anda perhatikan ketika bayi cegukan adalah jika cegukan bayi disertai dengan upaya untuk meludah atau batuk dan rewel, maka segera konsultasikan masalah tersebut kepada dokter spesialis anak.

2. Bayi Sering Cegukan
Terlalu sering cegukan juga merupakan kondisi yang harus anda waspadai. Hal ini karena pada saat bayi terlalu sering mengalami cegukan yang secara terus menerus walaupun sudah menginjak usia diatas 1 tahun, maka hal ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius pada bayi Anda.

3. Cegukan Pada Bayi Prematur
Cegukan yang terjadi pada bayi yang terlahir premature juga harus diwaspadai karena bayi yang tengah menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilasi mekanis, bisa menyebabkan komplikasi pada saat cegukan. Cegukan mungkin terjadi karena adanya gangguan atau masalah sumbatan saluran pernapasan pada bagian tas dan kurangnya frekuensi pernapasan pada bayi anda.

Penyebab Cegukan pada Bayi Baru Lahir
Sebelum kita menjawab pertanyaan mengenai bolehkah menyususi bayi cegukan, sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebab cegukan pada bayi yang baru lahir.

Nah, bagi anda yang ingin tahu mengenai penyebab cegukan pada bayi. Yuk, simak ulasan tentang penyabab bayi cegukan dan bolehkah menyusui bayi cegukan secara lengkap berikut ini.

1. Terlalu kenyang
Penyebab bayi cegukan yang pertama adalah karena bayi anda terlalu kenyang. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan memberikan ASI pada bayi anda secara teratur, jangan biarkan bayi anda merasa kekenyangan. Hal ini karena, tidak hanya menyebabkan bayi cegukan namun dapat mengganggu sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna juga.

Keadaan bayi yang merasa kekenyangan akan membuat bayi anda cegukan, untuk itu sebisa mungkin anda harus berhenti menyusui bayi sebelum terlalu kenyang.

2. Menelan Udara Terlalu Banyak
Penyebab cegukan pada bayi yang kedua adadlah disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam mulut bayi yang terlalu banyak. Hal tersebut bisa terjadi pada bayi yang meminum susu dengan menggunakan dot atau botol susu bayi. Bayi akan menelan udara terlalu banyak pada saat botol susu bayi sudah kosong, namun bayi tetap mengedotnya. Oleh karena itu, karena boto yang beirsi susu sudah habis dan hanya berisi udara inilah yang dapat menyebabkan bayi cegukan.

Selain itu, bayi bisa menelan banyak udara pada posisi menyusui yang kurang tepat untuk dilakukan oleh anda sebagai seorang ibu. Pastikan anda menyusui bayi anda dengan posisi yang tepat agar tidak ada udara yang ikut masuk ke dalam mulut bayi. 

3. Minum atau Makan Terlalu Cepat
Bagi bayi yang baru lahir, mereka akan lebih sering mengalami cegukan. Selain disebabkan oleh beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas, bayi cegukan juga disebabkan karena mereka meminum susu atau memakan makanan pendamping susu dengan terlalu cepat.

Misalnya saja, bayi yang sudah sangat lapar akan membuat bayi tergesa-gesa pada saat meminum susu. Padahal hal tersebut bisa memicu terjadinya cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi Baru Lahir
Untuk mengatasi masalah cegukan pada bayi yag disebabkan oleh beberpaa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Seanjutnya kami akan membahas mengani cara mengatasi bayi cegukan yang bisa adna lakukan pada bayi anda.

Biasanya ibu akan menyusui bayi cegukan untuk menghentikan cegukannya. Namun, juga terdapat beberapa cara mengatasi cegukan bayi selain dengan menyusui bayi cegukan yang bisa dan coba lakukan.


Nah, untuk mengatahui beberapa cara atau metode yang bisa anda coba dirumah pada saat bayi anda sedang cegukan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Posisi Bayi Berdiri
Cara mengatasi bayi cegukan yang pertama adalah dengan memposisikan bayi untuk berdiri. Anda bisa melakukan cara ini dengan meletakkan kepala bayi ke bahu anda dengan posisi seperti berdiri.

Pastikan bahwa posisi bayi anda berada dalam keadaan berdiri dengan menghadap ke anda, kemudian tekan punggung bayi secara perlahan sampai cegukannya hilang.

2. Posisi Bayi Duduk
Seperti namaya, cara mengentikan cegukan pada bayi yangs satu ini dilakukan dengan cara memposisikan bayi anda untuk duduk. Kemudian tekan secara perlahan bagian pinggang dan perut bayi hingga cegukannya mereda.

3. Metode Dipangku
Cara yang ketiga untuk menghetikan bayi cegukan adalah dengan cara memangku bayi anda. pangku bayi anda terlebih dahulu, kemudian berikan sedikit tekanan pada daerah punggung bayi anda untuk mengurangi atau menghentikan cegukan pada bayi anda.

Namun, hal terpenting yang harus anda ingat adalah jangan terlalu kerasa menekan punggung, pinggang, atau perut bayi anda agar bayi anda tidak merasa kesakitan.

4. Menyusui Bayi Cegukan
Cara berikutnya yang dapat anda lakukan untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah dengan cara menyusui bayi cegukan. Cara mengatasi cegukan pada bayi yang satu ini dapat anda lakukan untuk menghentikan cegukan yang dialami oleh bayi anda.

Dalam beberapa kasus cara menyusui bayi cegukan yang satu ini tergolong merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk menghentikan cegukan. Ketika anda menyusui bayi cegukan, anda tidak perlu panik. Anda hanya perlu memberikannya jeda atau berhenti sejenak sambil membuat bayi merasa tenang.

Menyusui bayi cegukan harus dilakukan pada posisi menyusui yang benar. Anda bisa mengganti posisi menyusui bayi cegukan yang anda lakukan. Atau anda bisa membuatnya untuk bersendawa terlebih dahulu tunggu hingga beberapa menit sampai cegukannya berhenti. Hal ini dapat membantu menghentikannya pada saat anda menyusui bayi cegukan.

Namun, jika bayi sudah terlalu sering mengalami cegukan, pastikan anda menyusui bayi cegukan secara perlahan-lahan. Jika perlu tunda dulu untuk menyusui bayi namun jangan tunda terlalu lama karena hal ini dapat membuat bayi anda menjadi rewel.

Namun, walaupun demikian cegukan seringkali tidak mengganggu proses menyusui pada bayi. hal ini karena tak jarang bayi yang cegukan masih tetap bisa tidur dengan tenang.

5. Membiarkannya hingga sembuh sendiri
Selain dapat menyusui bayi cegukan, anda juga bisa membiarkan cegukan tersebut sampai sembuh sendiri. Hal ini karena cegukan akan berhenti dengan sendirinya secara alami.

Apabila anda merasa cegukan bayi tidak mengganggu atau tidak membuat bayi anda merasa tersiksa, anda dapat membiarkannya hingga sembuh sendiri.

Itulah beberapa informasi mengenai cegukan yang sering terjadi pada bayi. Jjadi, kesimpulan mengenai pertanyaan bolehkah bayi cegukan disusui jawabannya adalah boleh. Bahkan hal tersebut sering dijadikan sebagai cara yang efektif untuk menghentikan cegukan pada bayi oleh para ibu yang berpengalaman. Semoga bermanfaat.

Bayi Cegukan Bolehkan Disusui? Ibu Perlu Tahu Hal Ini