7 Cara Efektif Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas

Pada awal kelahirannya, kulit bayi akan sangat sensitif dan rentan terhadap gangguan-gangguan kulit manapun. Hal ini karena lapisan kulit pada bayi belum sempurna. Dibutuhkan waktu kurang lebih selama satu tahun hingga kulit epidermisnya berkembang, dan juga berfungsi dengan baik. Kulit bayi, terutama yang baru lahir, masih sangat tipis, mempunyai pigmen yang lebih sedikit, ikatan antara sel-selnya sangat lemah dan juga tidak bisa mengatur suhu tubuh seperti pada orang dewasa.

Hal tersebut membuat kulit bayi sering dan mudah mengalami iritasi yang membuat kulit leher bayi merah. Penyebab kulit leher bayi menjadi merah sendiri pun bermacam-macam. Penyebab utama terjadinya ruam bayi di leher adalah kondisi iklim yang lembab dan panas, sehingga memicu terjadinya keringat yang berlebihan pada tubuh. Penumpukan keringat dalam waktu lama membuat iritasi di lipatan leher bayi dan akan menjadi tempat berkembang biak jamur. Leher bayi yang terlalu gemuk juga dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit leher bayi.

cara mengobati ruam kulit leher bayi, ruam kulit, ruam kulit bayi, bayi, obat ruam kulit bayi, ruam di leher bayi

Ciri-Ciri Bayi Terkena Ruam Kulit
Gejala kulit bayi anda sedang terkena ruam adalah sebagai berikut:
• Kemunculan ruam biasanya berkelompok;
• Ruam akan berwarna merah terkadang sedikit bernanah;
• Ruam menimbulkan rasa panas, perih dan gatal yang pastinya membuat bayi Anda merasa tidak nyaman;
• Selain itu, ruam juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak segera diatasi;
• Ruam akan pecah jika digaruk, cairan dari ruam yang pecah tersebutlah yang membuat ruam menyebar ke bagian tubuh bayi lainnya.

Leher merupakan daerah yang rawan terkena ruam. Hal ini disebabkan leher sangat mudah terkena biang keringat, karena kepadatan kelenjar keringat di leher lebih tinggi dibandingkan pada daerah kulit lainnya.

Memiliki bayi yang sedang mengalami masalah dengan ruam / bintik-bintik tentunya membuat para orang tua merasa cemas dan turut merasakan ketidak nyamanannya. Tentu anda ingin bayi anda segera sembuh dan bisa kembali ceria lagi. Karena itu anda perlu mencari cara mengobati ruam kulit di leher bayi hingga tuntas.

Baca juga:
9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh 
10 Penyebab Utama Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah 
11 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata dan Hidung 

Cara Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas
Berikut ini adalah 7 cara mengobati ruam kulit di leher bayi hingga tuntas

1. Tetap Jaga Kondisi Suhu Tubuh Bayi
Para ibu perlu menjaga kondisi suhu tubuh buah hati anda agar kulit bayi anda tetap dingin agar. Usahakan anda menghindarkan bayi anda dari panas berlebihan serta tempat yang lembab.  Jaga buah hati anda agar tidak berkeringat berlebihan, mengingat salah satu penyebab utama ruam pada leher adalah keringat. Jika bayi anda mengeluarkan keringat yang berlebihan, maka segera bersihkan leher buah hati anda dan jangan lupa untuk membersihkan daerah lipatan lehernya juga.

Anda juga harus pandai-pandai dalam menjaga keadaan dan suhu ruang agar tetap sejuk. Hal ini perlu dilakukan agar kulit bayi tidak menjadi merah karena iritasi yang disebabkan udara yang panas. Udara yang  panas akan membuat bayi gerah dan berkeringat terus. Cara mengobati ruam kulit di leher bayi ini sangat sederhana namun sangat penting untuk anda lakukan demi buah hati anda.

2. Kompres Dengan Es Batu Atau Air Dingin
Salah satu cara mengobati ruam kulit di leher bayi anda dengan pengobatan alternatif yaitu dengan mengkompres  es batu atau air dingin. Hal ini ampuh untuk mengatasi ruam merah di leher bayi anda. Namun perlu anda ingat, jangan menggunakan kompresan ini terlalu sering dan berlebihan pada buah hati Anda untuk mencegah mereka agar tidak mudah terserang flu.

Anda bisa melakukannya dengan cara merendam kain atau waslap yang bersih dengan air es atau es batu balok. Setelah itu, letakkan kain yang sudah direndam di air es tersebut ke leher yang terkena ruam. Biarkan hingga mongering. Namun, untuk melakukan cara ini pastikan anda melakukannya pada saat siang hari.

3. Gunakan Lotion yang Mengandung Calamine dan Hindari Penggunaan Lotion Antiseptic
Salah satu cara mengobati ruam kulit di leher bayi adalah dengan menghindari penggunaan lotion antiseptic, karena penggunaan lotion anticeptic hanya akan memperparah ruam pada leher bayi Anda.

Cara yang lebih baik adalah sebaiknya anda menggunakan lotion yang mengandung calamine karena dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh ruam. Lotion yang mengandung calamine sangat mudah untuk didapatkan, anda bisa membelinya langsung di apotek.

Lotion yang mengandung calamine akan dapat membuat ruam yang ada pada leher bayi anda cepat kering dan meredakan rasa panas dan gatal yang dapat membuat bayi anda merasa tidak nyaman.

4. Gunakan Bedak Dingin Setelah Mandi
Penggunaan bedak dingin pada bayi terutama di leher setelah mandi, merupakan cara yang tepat dan sederhana untuk mengurangi rasa panas, perih dan gatal pada kulit leher yang terkena ruam.

Cara ini merupakan cara mengobati ruam kulit di leher bayi yang sangat sederhana namun efektif untuk membebaskan buah hati anda dari ruam. Jadi, pastikan anda menggunakan bedak khusus untuk ruam yang dapat membuat sensasi dingin pada kulit leher bayi anda yang sedang terkena ruam.


5. Menggunakan Sabun Khusus Bayi
Menggunakan sabun khusus bayi ini sangat penting dilakukan. Hal tersebut dikarenakan sabun khusus bayi memang diciptakan khusus menyesuaikan kulit bayi yang masih sensitif, tidak menyebabkan kulit leher merah dan lebih lembut.

Para ibu dianjurkan untuk tidak sekali-kali mencoba menggunakan sabun wangi dan mewah tanpa memperhatikan kandungan dalam sabun serta melihat efek sampingnya pada kulit bayi. Sebaiknya anda menggunakan sponge bayi karena ini lebih lembut untuk kulit bayi sehingga lebih baik daripada menggunakan handuk.

Selain itu, para ibu disarankan menggunakan sponge bayi yang kering dan hangat untuk mengelap leher bayi untuk mecegah timbulnya kemerahan pada kulit leher bayi. Fungsi dari sponge sendiri yaitu untuk menyerap air yang ada di leher bayi secara maksimal agar nantinya tidak menimbulkan ruam leher kembali.

6. Mengeringkan Tubuh Bayi Secara Menyeluruh
Cara mengobati ruam kulit di leher bayi yang penting untuk dilakukan oleh para ibu adalah mengeringkan tubuh bayi setelah bayi mandi. Pengeringan ini dilakukan setelah mencuci dan membersihkan kulit leher bayi dari keringat dan kotoran yang menempel secara menyeluruh.

Kondisi kulit leher bayi yang lembab atau basah membuat kulit leher bayi anda menjadi rentan dan mudah teritasi dan menjadi penyebab munculnya ruam. Alangkah lebih baiknya jika para ibu mengeringkan bagian leher, ketiak dan lainnya secara menyeluruh hingga benar-benar kering, setiap bayi anda selesai dimandikan.

7. Memilih Pakaian yang Tepat untuk Bayi
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Selain mencari cara mengobati ruam kulit di leher bayi, ada baiknya Anda juga melakukan pencegahan terlebih dahulu agar iritasi pada leher bayi tidak terlalu parah atau menjadi semakin parah. Para ibu dianjurkan memilih pakaian yang tepat untuk bayi, yaitu pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang adem untuk bayi agar mudah menyerap keringat sang bayi.

Bahan pakaian yang tidak tepat bisa menyebabkan iritasi dan membuat kulit leher bayi merah. Bila perlu, gantilah pakaian bayi minimal setiap 6 jam, atau anda bisa mengganti pakaian bayi jangan sampai keringat berlebihan muncul. Usahakan bayi anda mengenakan kain yang berbahan katun 100% agar dapat menyerap keringat.

Ruam di leher bayi akan menjauh dari buah hati anda, jika Anda selalu menjaga kebersihan si kecil. Pastikan anda selalu membersihkan leher bayi dan jangan sampai melewatkan area lipatan-lipatannya, agar bayi anda terhindar dari ruam merah atau biang keringat.

Jika kondisi ruam cukup parah dan tidak kunjung membaik atau sembuh dengan cara mengobati ruam kulit di leher bayi di atas, maka ada baiknya segera membawa si kecil ke dokter ahli kepercayaan anda untuk agar bayi anda mendapatkan penanganan medis yang tepat. Berikan buah hati anda obat yang dianjurkan oleh dokter atau krim sesuai anjuran dokter.

Sekian cara mengobati ruam kulit di leher bayi anda, semoga dapat bermanfaat untuk membebaskan buah hati tercinta anda dari ruam yang mengganggu.

7 Cara Efektif Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas