Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Aman agar Anak Tidak Cedera

Menggendong bayi merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang tua, namun jika and tidak berhati-hati dalam menggendong bayi akan berdampak fatal dan tidak baik bagi perkembangan dan pertumbuhan buah hati anda.

Menggendong seorang bayi tidak boleh sembarangan kareana tubuh bayi yang masih menggemaskan dan mungil ini sangatlah rapuh. Anda harus belajar menggendong bayi anda dengan luwes dan benar agar bayi anda merasa nyaman dan aman.

cara menggendong bayi yang benar, cara menggendong bayi yang aman, menggendong bayi, menggendong bayi yang benar, tips menggendong bayi, agar bayi tidak cedera digendong

Cara Menggendong Bayi yang Benar sesuai Usia
Menggendong bayi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Nah, oleh karena itu  anda juga harus memperhatikan posisi menggendong bayi yang benar sesuai dengan usianya dan juga cara menggendong bayi yang benar. Cara menggendong bayi berbeda-beda sesuai dengan usianya. Dan juga terdapat beberapa jenis cara menggendong bayi yang bisa anda terapkan pada saat menggendong bayi anda.

Untuk mengetahui cara menggendong bayi yang benar dan aman, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Cara Menggendong Bayi Usia 0-3 Bulan
Cara menggendong bayi pada usia 0 hingga 3 bulan yang benar adalah dengan cara membungkukkan badan anda kearah bayi pada saat berada pada keadaan telentang. kemudian selipkan tangan anda pada bagan lehernya untuk bisa menyangga kepala bayi. Letakkan tangan anda pada bagian belakang badan bayi yang bertubuh mungil agar dapat menopang bagian punggung dan bokongnya.

Letakkan bagian kepala bayi, leher dan juga punggungnya pada lipatan siku tangan kanan Anda agar bayi merasa nyaman. Sedangkan tangan kiri dan telapak tangan satunya menopang bagian bokong bayi. Pastikan si kecil berada dekat dengan dada Anda untuk membuatnya merasa nyaman.

Baca juga:
Usia Berapa Bayi Tumbuh Gigi? Ini Penjelasan Waktu dan Fasenya 
7 Alasan Mengapa Bayi Suka Mengemut dan Menghisap Jarinya 
7 Cara Efektif Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas 

Selain itu, anda juga dapat menggendong bayi anda dengan posisi badan yang tegak dan kepala bayi berada di atas bagu anda dengan menghadap kea rah belakang. Sandarkan bagian dada bayi anda tepat diatas dada anda, topang bagian lehernya dengan menggunakan satu tangan dan tangan yang lainnya menopang bagian punggung hingga ke bokongnya.

Bagi bayi yang usianya berada di atas satu bulan, anda dapat memposisikannya setengah duduk dengan satu tangan meyangga bagian bokong bayi dan tangan yang lainnya memegang bagian dadanya. Pastikan kepala bayi bersandar pada dada anda.

2. Cara Menggendng Bayi Usia 3 – 6 Bulan
Selanjutnya cara menggendong bayi dengan usia 3 hingga 6 bulan yang benar. Biasanya bayi akan merasa senang apabila digendong pada posisi duduk dan menghadap ke depan. Hal ini karena bayi sudah bisa duduk di pangkuan anda dan ia tidak betah jika dibaringkan.

pada saat bayi berada pada usia empat bulan, posisi menggendong bayi juga dapat menjadi lebih luwes lagi, anda bisa menggendongnya menghadap ke depan, belakang, ataupun berhadapan.

Sedangkan pada usia 5 bulan, akan lebih baik jika anda menggunakan kain gendongan. Hal ini karena tubuh bayi yang semakin berat. Anda bisa menggendongnya dengan posisi seperti mendudukkan bayi di pinggang, dan pada bagian depan perut dengan posisi berhadapan dengan menopangnya menggunakan satu lengan. Nah, dengan cara menggendong bayi yang seperti ini anda dapat melakukan kegiatan dengan lebih mudah.

untuk lebih jelasnya anda bisa menggunakan cara menggendong bayi 3 bulan sebagai berikut ini:

• Posisi Kacang Merah
Cara menggendong bayi pada posisi ini sama halnya dengan tanaman kacang merah. anda Cara menggendong bayi dengan posisi ini merupakan cara yang tepat bagi bayi anda yang berusia 2 hingga 3 bulan.

Posisi menggendong bayi dengan cara ini sama seperti pada saat bayi masih di dalam rahim. Cara menggendongnya adalah dengan membaringkan tubuh bayi anda pada satu lengan anda, sedangkan tangan yang lainnya digunakan untuk memegang bagian kaki bayi. Usahakan kepala bayi harus agak sedikit menekuk pada lengan untuk membuat bayi merasa sagat nyaman pada saat digendong.

• Gendongan di Atas Nampan
Cara menggendong bayi pada posisi yang tidak nyaman dapat menyebabkan bayi menjadi rewel. Apabila anda menggendong bayi anda dengan cara pertama, namun bayi anda merasa tidak nyaman. Anda bisa mencoba posisi menggendong bayi dengan cara menggendong bayi selanjutnya yaitu gendongan di atas nampan.


Cara menggendong bayi dengan posisi ini adalah dengan meletakkan bayi dibawah lengan, kemudian letakkan tubuh bayi bagian bawah terletak di perut Anda. biarkan kaki bayi ada  mengayun dan merasa bebas dan nyaman.

Apabila bayi anda merasa bosan dan ingin bermain maka anda bisa membuat posisi bayi anda untuk menghadap ke Anda sehingga anda bisa berkontak mata dengan bayi anda.  Pada posisi ini anda bisa dengan mudah menggoda dan mengajak bayi bicara sehingga mencegah masalah anak lambat bicara.

• Posisi Seperti Duduk di Kursi
pada saat bayi anda sudah berusia 3 bulan, anda bisa menggendong bayi anda dengan posisi seperti duduk di kursi. posisi dan cara menggendong bayi yang seperti ini dapat anda lakukan dengan membuat bayi bersandar pada tubuh Anda menghadap ke depan seperti Anda.

Setelah itu, pegang bagian kedua kaki bayi anda untuk membuat tulang belakang bayi lebih aman dan nyaman. Pada saat anda menggendong bayi dalam posisi ini Anda bisa mencoba untuk memegang lembut bagian tangan agar bayi tidak jatuh. Cara menggendong bayi pada posisi ini terkadang juga bisa berbahaya sehingga bayi benar-benar harus bertumpu pada badan Anda, dan bukan badan bayi sendiri.

• Menggendong Dengan Posisi M
Apabila anda lebih nyaman dengan cara menggendong bayi anda menggunakan gendongan, pastikan anda mengetahui cara menggendong bayi dengan benar dan tepat. Bayi yang berusia 3 bualn biasanya sudah memiliki tulang punggung yang cukup kuat.

Oleh karena itu, anda sudah bisa mulai menggendongnya menggunakan alat bantu kain gendongan bayi yang lembut dan nyaman. Pastikan bayi anda menghadap ke tubuh anda, dan posisikan kaki bayi agak jongkok dan posisikan lutut bayi dengan nyaman.

Pada posisi ini, pastikan leher bayi anda leih tegak dan bersandar pada kain gendongan yang anda gunakan. Walaupun anda sudah menggunakan gendongan, namun tetap pastikan anda menopang bagian tubuh belakang bayi anda dengan benar.

• Menggendong di Bahu Anda
Cara menggendong bayi usia 3 bulan yang terahir adalah dengan menggunakan metode terakhir yaitu cara menggendong bayi di bagian bahu Anda. Cara ini sangat baik untuk mengatasi bayi yang sering muntah setelah minum susu formula atau ASI karena dapat mengeluarkan udara yang tertelan selama menyusui.

Cara menggendongnya juga cukup mudah, anda hanya perlu memegang bagian kepala bayi dan bagian belakang bayi anda denga menggunakan kedua tangan yang berbeda. Setelah itu, biarkan bagian tubuh bayi bersandar pada tubuh Anda, dan kepala bayi terjatuh dalam bahu anda. Tahan agar bagian kepala bayi tidak terlalu menunduk untuk menghindari hal-hal fatal yang mungkin terjadi.

3. Cara Menggendong Bayi Usia di Atas 6 Bulan
Pada usia 6 bulan keadaan bayi sudah tidak terlalu ringkih lagi karena bagian tulang dan otot bayi juga sudah semakin kuat. Untuk itu, pada usia ini anda bisa menggendong bayi dengan berbagai macam posisi.

Anda bisa menggendong bayi pada posisi duduk di bagian depan dada anda dengan menggunakan satu tangan yang menyangga bokongnya. Sedangkan, posisi tangan lainnya melingkari bagian perutnya, dengan posisi bayi yang duduk dan setengah berhadapan dengan badan anda akan membuat bayi merasa nyaman. Anda bisa menggunakan alat bantu gendongan yang terbuat dari kain.

4. Cara Menggendong Bayi Usia di Atas 8 Bulan
Cara menggendong bayi pada usia diatas  8 bulan ini tetap dianjurkan bagi orang tua yang masih ingin menggendong anaknya. Namun, meskipun demikian jangan terlalu sering untuk menggendong anak anda. Pastikan anda memberikan kesempatan bagi anak anda untuk mengekplorasi kemampuannya baik di kasur ataupun dilantai.

Anda bisa menggendong bayi dengan posisi menghadap ke anda dan posisi kaki melingkari bagian pinggul anda. Cara menggendong bayi pada posisi ini sudah aman karena otot dan tulang bayi sudah mulai kuat dan tidak rapuh lagi.

Itulah informasi mengenai cara menggendong bayi yang baik dan benar agar bayi anda tidak mengalami cidera. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Menggendong Bayi yang Benar dan Aman agar Anak Tidak Cedera