15 Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh dan Sehat Sepenuhnya

Bayi yang baru lahir biasanya akan terkena penyakit kuning atau biasa disebut dengna jaundice. Hal ini karena banyaknya kadar bilirubin yang ada dalam darah yang cukup tinggi. Sehingga hal tersebut dapat membuat kulit bayi anda menjadi kuning.

Bilirubin merupakan zat yang bersifat toksin dalam tubuh bayi. bayi biasanya akan mengalami epenyakit kuning untuk beberpa hari pertama ketika ia baru lahir. Selain disebabkan oleh kadar bilirubin yang tinggi, bayi biasanya juga akan terkena penyakit kuning yang diakibatkan oleh adanay infeksi virus atau bakteri, kerusakan hati, kekurangan enzim, dan rendahnya sel darah merah yang ada di dalam tubuh bayi.

ciri bayi kuning sudah sembuh, bayi kuning sehat, ciri bayi kuning sehat, bayi kuning, bayi kuning sembuh, cara mengobati bayi kuning, bayi tidur

Bayi dikatakan menderita penyakit kuning yang tidak normal ketika bayi terlalu lama menderita penyakit, jika sudah demikian kami sarankan anda segara meminta bantuan dari dokter untuk mengatasi masalah ini.

Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh Total Secara Fisik

Bagi anda yang memiliki bayi yang menderita penyakit kuning, biasanya akan ditandai dengan ciri bayi kuning sudah sembuh berikut ini. Anda bisa melihat pada kondisi fisik dari bayi anda tanpa harus pergi ke dokter.

Nah, berikut ini ciri bayi kuning sudah sembuh yang dapat dilihat dari segi fisik bayi anda. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah sudah kembali normal atau belum.

Baca juga:
15 Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh dan Sehat Sepenuhnya 
Apakah Bahaya Bayi Suka Menghisap Jarinya? Ini Penjelasannya 
Bayi Cegukan Bolehkan Disusui? Ibu Perlu Tahu Hal Ini

1. Warna Kulit Normal
ciri bayi kuning sudah sembuh yang pertama adalah warna kulit bayi anda sudah berubah normal dan tidak kuning lagi. Anda bisa melihat warna kulit yang normal dari ujung kepala hingga ujung kaki dan juga warna mata bayi.

Untuk bisa melihat secara jelas warna kulit bayi anda, anda bisa membawa bayi ke tempat yang mempunyai sinar/penerangan cukup. Setelah itu perhatikan warna kulit bayi anda, dan pastikan warnanya tidak kuning. Anda bisa melakukan percobaan kecil misalnya dengan menghimpit lembut telapak tangan, dahi, atau kakinya. Jika pada saat jari diangkat warna kulit bayi telah normal, maka itu berarti penyakit kuning yang diderita telah sembuh total.

2. Bayi Tampak Segar dan Fresh
Bayi yang menderita penyakit kuning biasanya akan tampak lesu dan tidak bersemangat. Biasanya bayi akan tidur selama seharian penuh dan tidak merasa lapar dan tidak memerlukan ASI.

Walaupun memang bayi yang baru lahir akan sering banyak tidur, namun bayi yang menderita penyakit kuning akan tampak berbeda.  Bayi yang menderita penyakit kuning biasanya akan tidur lebih dari 6 jam penuh dan jarang terbangun.

Ciri bayi kuning sudah sembuh adalah bayi akan sehat dan terlihat segar dan fresh kembai, berbeda dengan biasanya. Selain itu ciri bayi kuning sudah sembuh juga ditandai dengan bayi yang sudah banyak minum ASI dan bergerak aktif.

3. Warna Feses Bayi Normal
Ciri bayi  kuning sudah sembuh yang berikutnya adalah warna fesesnya yang sudah berwarna normal. Warna feses mengisyaratkan seorang sakit atau tidak begitu juga warna feses bayi.

Bayi yang mengalami penyakit kuning, biasanya warna fesesnya relative kuning pucat (keputihan) dengan sedikit warna abu-abu. Hal itu berarti, hati bayi tidak mengolah bilirubin yang tidak di keluarkan lewat darah serta tinja.

4. Bayi Ingin Menyusu
Ciri bayi kuning sudah sembuh berikutnya dapat anda ketahui dari nafsu makan dari bayi tersebut. Bayi yang sudah sembuh dari penyakit kuning akan selalu ingin mneyusu dan merasa lapar.

Hal ini berbeda dengan bayi yang terkena penyakit kuning yang tidak sempat merasa lapar. Bahkan pada saat bayi dibangunkan untuk meminum ASI atau susu formula bayi akan menampik untuk minum. Hal ini karena fungsi hati yang terganggu serta badan jadi menampik semuanya type makanan yang masuk.

5. Berat Tubuh Bayi Bertambah
Berat tubuh bayi yang semakin bertambah merupakan ciri bayi kuning sudah sembuh. Hal ini karena bayi yang sudah sembuh dari penyakit kuning akan mengkonsumsi ASI dan susu formula.

Setelah bayi sudah pulih dari penyakit kuningnya biasanya bayi akan selalu ingin meminum susu ASI atau susu formula. Biasanya berat bayi akan bertambah lebih dari batas garis minimum ke batas normal.

6. Warna Mata Normal
Tidak hanya warna kulit yang berwarna normal, ciri bayi kuning sudah sembuh yang lainnya dapat anda lihat dari warna matanya yang sudah normal. Hal ini karena bayi yang terkena penyakit kuning biasanya akan memiliki sisi mata yang berwarna putih juga akan terlihat kekuning-kuningan.

Jadi, apabila bayi sudah sembuh secara total dair penyakit kuning akan menunjukkan warna yang putih di daerah matanya. Mata bayi kuning yang sudah sembuh juga akan tampak berbinar.

7. Bayi Mulai Aktif
Bayi yang menderita penyakit kuning biasanya akan terlihat selallu lemas dan tidur sepanjang waktu. Hal ini karena penyakit kuning pada bayi menyerang organ hati yang ada di dalam tubuh bayi yang berfungsi untuk meningkatkan bilirubin.

Bayi yang sakit kuning juga tidak nafsu makan atau minum susu sehingga menyebabkan bayi selalu lemas. Nah, ciri bayi kuning sudah sembuh yang selanjutnya adalah bayi akan bergerak aktif kembali dan tidak merasa lemas lagi. Hal ini karena bayi akan selalu bersemangat untuk menyusui.


8. Suhu Tubuh Bayi Mulai Normal
Ciri bayi kuning sudah sembuh total yang selanjutnya adalah suhu tubuhnya sudha mulai kembali normal dibandingkan pada saat ia sakit. Pada saat bayi alami sakit kuning, suhu tubuh bayi dapat mencapai 37 derajat celcius dan dapat dikatakan sebagai demam. Ketika bayi sudah tidak demam dna suhu badan yang diukur dengan termometer tunjukkan angka sekitaran 36 derajat celcius. Sudah dapat dipastikan bayi anda sudah pulih dari penyakitnya.

9. Bayi Tidak Muntah
Penyakit kuning yang sudah parah dan kronis biasanya akan sering muntah karena sistem pencernaan bayi anda yang mulai terganggu keseluruhannya. Selain itu, bayi anda juga akan terserang demam dan tidak ingi makan atau minum ASI. Oleh karena itu, bayi akan sering muntah. Jadi, Ciri bayi kuning sudah sembuh adalah bayi anda sudah tidak mengalami muntah lagi. 

10. Bayi Nikmati Masa Menyusui
Bayi yang terkena penyakit kuning biasanya akan kehilangan nafsu makannya untuk meminum ASI. ia akan merasa malas dan tidak ingin meminum ASI, hal inilah yang menyebabkan bayi akan merasa lemas dan semakin tidak bergairah untuk mengkonsumsi ASI. Hal ini berbeda dengan bayi yang menderita sakit kuning, ciri bayi kuning sudah sembuh juga ditandai dengan kondisi bayi yang lahap menyusui.

11. Warna Gusi Normal
Tidak hanya warna kuli dan warna mata bayi yang berubah menjadi kuning, namun gusi bayi juga akan tampak berwarna kuning pada saat bayi anda menderita penyakit ini. Hal ini karena gigi bayi akan tumbuh pada saaat berumur 4 tahun, dan pada saat bayi baru lahir yang terjena penyakit kuning hal terssebut juga menyerang gusinya.

Namun, hal ini berbeda pada saat bayi kuning sudah sembuh total. Ciri bayi kuning sudah sembuh adalah gusinya akan berwarna normal dan tidak berwarna kuning lagi. 

12. Warna Urin Normal
Warna urin bayi yang terserang sakit kuning yaitu kuning pekat seperti teh. Jadi, satu diantara ciri bayi kuning sudah sembuh yaitu warna urinnya normal, atau dapat dikatakan bahwa warna urin akan kembali putih bening.

Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh zecara Medis
13. Kandungan Bilirubin pada Tes Darah Normal
Bilirubin merupakan pigmen kuning yang dibuat oleh penguraian sel darah merah. Ciri bayi kuning sudah sembuh adalah kandungan bilirubinnya berada dalam keadaan normal.

Kandungan billirubin yang normal untuk bayi adalah maksimum yaitu 10 mg/dl. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes laboratorium yang akan diakukan oleh pihak medis. Jika hasil tes menunjukkan kadar bilirubin kurang atau sama juga dengan 5 mg/dl,  hal ini berarti bayi anda sudah sembuh dari penyakit kuning.

14. Kandungan Bilirubin Tinggi, namun Keadaan Bayi Normal
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ciri bayi kuning sudah sembuh adalah memiliki kandungan bilirubin yang rendah yakni dibawah 12 mg/dl.

Apabila anda sudah melakukan tes laboratorium dan dokter sudah melakukan tes darah anda akan mengetahui kandungan bilirubin yang ada dalam tubuh bayi anda. jika kandungan bilirubin tinggi namun keadaan bayi yang dilihat dari warna kulit, mata, gusi, dan air kencingnya normal maka dapat dipastikan bayi anda sudah sembuh dari penyakit kuning yang diderita.

15. Kandungan Bilirubin Menurun
Jika pada asil tes pada kandungan billirubin dalam darah menunjukkan angka yang tinggi, belum juga pasti mengisyaratkan penyakit kuning masih tetap berada dalam tubuh bayi. hal ini karena kandungan billirubin pada pasien yang telah pulih selalu mengalami penurunan dalam beberapa waktu.

Penurunan bilirubin biasanya terjadi mulai dari 3 hinga 7 hari bayi dilahirkan. Kandungan bilirubin yang menurun merupakan ciri bayi kuning sudah sembuh yang dapat anda ketahui selanjutnya melalui bantuan medis.

Itulah beberapa ciri bayi kuning sudah sembuh yang dapat kami informasikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

15 Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh dan Sehat Sepenuhnya