14 Penyebab Utama Bayi Menangis Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Menangis merupakan cara seorang bayi mengkomunikasikan sesuatu kepada orang-orang yang ada disekitarnya, khususnya anda sebagai orang tua. terdapat banyak makna pada bayi yang menangis secara tiba-tiba dan menjadi rewel.

Menangis merupakan hal yang wajar yang sering dialami oleh bayi. karena merupakan hal pertama yang biasanya dilakukan oleh bayi yang baru lahir.  proses fisiologis dalam kehidupan bayi. Baca ulasan singkat mengenai makna tangisan bayi dan berbagai sebab bayi sering menangis dalam artikel ini.

penyebab bayi nangis tiba-tiba, bayi menangis tiba-tiba, cara mengatasi bayi menangis, bayi menangis, bayi tiba-tiba nangis, bayi

Faktor Penyebab Bayi Menangis secara Tiba-tiba
Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, menangis merupakan cara berkomunikasi kepada orang lain  karena bayi yang bari lahir tidak masih belum bisa berbicara pada orang lain. Walaupun biasanya ia akan memberikan tanda seperti menendang kaki, melambaikan tangan, menggerakkan kepala dan lainnya tapi bayi lebih seiring mengekspresikan kebutuhan dan keinginannya dalam bentuk tangisan.

Terdapat beberapa makna dari bayi yang sering menangis tiba-tiba, misalnya pada saat bayi merasa lapar, popok basah, terlalu panas atau dingin, pakaian yang terlalu ketat, kesakitan, dan sebagainya.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab bayi menangis secara tiba. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:
15 Ciri Bayi Kuning Sudah Sembuh dan Sehat Sepenuhnya 
17 Penyebab Bayi Kuning dan Solusi Pengobatannya 
Apakah Bahaya Bayi Suka Menghisap Jarinya? Ini Penjelasannya

1. Popok Basah
Penyebab bayi menangis secara tiba-tiba dapat dikarenakan bayi merasa kurang nyaman atas apa yang dikenakan. misalnya popok yang basah karena pipis atau buang air besar yang menyebabkan bayi merasa tidak nyaman sehingga bayi akan tiba-tiba menangis dan tidak berhenti menangis.

2. Lapar
Bayi yang merasa kelaparan juga bisa menjadi penyebab bayi menangis secara tiba-tiba pada malam hari. hal ini karena mungkin anda lupa untuk memberikan susu pada bayi anda, yang dapat menyebabkan bayi anda menjadi rewel sepanjang malam.

Hal ini biasanya terjadi pada saat bulan-bulan awal setelah bayi dilahirkan. Mereka akan terus menangis jika telat diberika susu. untuk itu, pastikan anda memberikan susu pada bayi anda jangan sampai anda telat untuk memberikannya.

3. Sakit Perut
Penyebab bayi menangis tiba-tiba juga bisa disebabkan karena bayi mengalami sakit di bagian perutnya. Hal ini mungkin terjadi pada bayi yang kembung atau masuk angin. Biasanya bayi akan merasa sakit perut pada saat bayi memakan makanan yang salah atau adanya bakteri di dalam tubuh.

4. Digigit Nyamuk
Penyebab bayi menangis yang selanjutnya bisa jadi disebabkan oleh adanya gigitan nyaman yang dirasa mengganggu sehingga bayi biasanya akan menangis secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah tersebuta anda bisa memasang kelambu pada ranjang bayi agar nyamuk tidak masuk dan menggigitnya.

5. Hidung tersumbat
Hidung tersumbat karena flu merupakan penyebab bayi menangis berikutnya. biasanya bayi akan menangis pada saat tidak bisa tidur, nah bayi yang tidka bisa tidur biasanya disebabkan oleh flu atau hidung yang tersumbat.

Penyumbatan yang terjadi pada hidung biasanya akan membuat saluran nafasnya menjadi tebuka. untuk mengatasi masalah tersebut pastikan bayi anda berada pada suhu yang hangat.

6. Dahak di tenggorokan
Penyebab bayi menangis secara tiba-tiba juga dapat disebabkan oleh gangguan pada tenggorokannya, misalnya adanya dahak yang membuat bayi sulit bernafas sehingga membuatnya sering menangis.

7. Sakit sekujur badan
Bayi yang merasakan sakit di sekujur tubuhnya juga dapat menjadi penyebab bayi menangis. hal ini biasanya akan membuat bayi terbangun dan menangis secara tiba-tiba.

8. Ruam popok
Popok yang terlalu ketat, basah dan tidak segera diganti akan mengakibatkan ruam pada pantat bayi yang disebabkan oleh bakteri yang ada pada popok. Selain itu, ruam popok juga dapat terjadi karena alergi terhadap poopok bayi yang memiliki bahan yang elastis.

Ruam popok yang terjadi pada bayi biasanya akan menjadi penyebab bayi menangis dan susah tidur. selain itu,juga terdapat jenis penyakit kulit lainnya yang dapat menyebabkan bayi menangis misalnya  eksema, kandidiasis, dll juga akan mengakibatkan masalah yang sama dan membuat bayi menangis keras.

9. Sakit telinga
Infreksi yang berada di dalam telinga juga dapat menjadi penyebab bayi menangis secara tiba-tiba. infeksi dapat terjadi karena cuaca yang lembab. Selain itu, infeksi juga mungkin menyebar dari tenggorokan.

Infeksi yang ada di telinga dapat berakibat pecahnya gendang telinga dan menyebabkan keluarnya nanah. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang dapat menjadi penyebab bayi menangis secara tiba-tiba karena telinga akan semakin sakit menjelang malam pada saat tidur.


10. Kolik
Kolik juga bisa menjadi penyebab bayi menangis secara tiba-tiba dan terus menerus. penyabab terjadinya kolik masih belum ditemukan secara pasti. Menurut dokter, kolik biasaya berhubungan dengan perut bayi yang mengalami kembung. selain itu, cegukan pada bayi yang tidak kunjung berhenti juga dapat menyebabkan kolik.

Biasanya bayi yang menderita kolik akan merasa lebih baik jika tidur dalam posisi tengkurap. ada juga bayi yang biasanya tidak menginginkan orang lain untuk menyentuh perutnya pada saat ia mengalami kolik.

11. Infeksi
Segala jenis infeksi baik itu infeksi yang sedikit ataupun banyak akan menyebabkan sakit ataupun iritasi pada bayi. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab bayi menangis tanpa henti.

Infeksi yang terjadi dapat menyerang semua area pada tubuh dan biasanya gejala terjadinya infeksi adalah diikuti dengan demam, ruam dan merah-merah serta bengkak.

12. Kelelahan
Pada saat bayi kelelahan setelah melakukan perjalanan dan tidak bisa tidu juga bisa menjadi penyebab bayi menangis. Hal ini disebabkan karena bayi merasa capek dengan suasana yang ada disekitarnya dan merasa tidak nyaman.

13. Merasa Tidak Nyaman
Bayi biasanya akan rewel dan menangis pada saat ia merasa tidak nyaman mengenai apa saja yang dikenakannya. misalnya saja baju yang terlalu ketat, akan membuat bayi sulit untuk bernafas dan dapat menjadi penyebab bayi menangis secara tiba-tiba. Celana yang terlalu ketat akan membuat bayi merasa sakit pada daerah pinggangnya.

14. Suhu Udara disekitar
Penyebab bayi menangis keras lainnya adalah karena bayi merasa kepanasan atau kedinginan. Apabila bayi merasa suhu disekitar terlalu panas atau terlalu dingin biasanya bayi akan merasa tidak nyaman dan sulit untuk tidur. Bayi akan merasa nyaman berada dalam ruangan yang memiliki ventilasi yang bagus.

Cara Mengatasi Bayi Menangis dan Rewel
Adapun cara mengatasi bayi yang menangis dan rewel, anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini.

1. Peluk Bayi Anda
cara mengatasi bayi menangis yang pertama adalah dengan memeluk bayi anda sehingga ia akan merasa lebih nyaman.

2. Bedong
cara selanjutnya untuk menghentikan bayi yang menangis adalah dengan membedong bayi anda menggunakan kain yang lembut. Membedong bayi merupakan cara efektif untuk membaut bayi merasa nyaman dan aman.

Selain itu, membedong bayi juga berfungsi untuk memberikan bayi kehangatan pada saat ia merasa kedinginan.

3. Posisi Meringkuk
posisi meringkuk bayi juga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi bayi yang menangis. Anda bisa menggendong bayi anda dengan posisi meringkuk untuk membuat bayi merasa lebih nyaman.

Namun, hal yang perlu anda perhatikan adalah lakukan cara ini hanya pada saat bayi anda terus-menerus menangis dan pastikan anda terus mengawasinya. sedangkan, pada kondisi biasa selalu letakkan bayi anda dalam posisi telentang.

4. Berbisik
Dengan membisikkan suara yang lembut juga dapat membuat bayi merasa tenang. anda bisa mengeluarkan suara yang mirip dengan suara mendesing yang biasa bayi dengar di dalam rahim ibunya.

Anda juga bisa menyalakan hair dryer atau kipas angin sebagai pengganti suara anda. namun, penelitian menyebutkan bahwa suara ibu merupakan cara efektif untuk membuat bayi berhenti menangis.

5. Mengayun
Jika bayi anda menangis, coba ayunkan dan goyangkan bayi anda dengan gerakan yang konstan. Hal ini akan mengingatkan bayi anda ketika berada di dalam kandungan.

6. Mengisap
Kegiatan menghisap yang dilakukan bayi dapat membuatnya merasa relaks. Nah, hal ini bisa nada gunakan sebagai cara mengatasi bayi menangis dan rewel.

Anda bisa memberikannya empeng atau biasanya bayi akan menghisap jarinya sendiri. namun, hal ini bukan cara terbaik untuk menghentikan bayi yang sedang menangis.

7. Mandi
Cara mengatasi bayi menangis yang selanjutnya adalah dengan cara memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Suara air yang mengalir dan hangatnya air yang menyentuh kulit bayi dapat dijadikan solusi bagi anda untuk mengatasi bayi yang menangis dan tidak kunjung reda.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab bayi menangis secara tiba-tiba dan cara efektif mengatasi bayi menangis dan rewel. Semoga bermanfaat.

14 Penyebab Utama Bayi Menangis Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya