Usia Berapa Bayi Tumbuh Gigi? Ini Penjelasan Waktu dan Fasenya

Dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan pada bayi, munculnya gigi pada sang buah hati tentu menjadi momen yang sangat di tunggu – tunggu oleh para orang tua. Masa – masa pertumbuhan gigi pada bayi ini tentunya membutuhkan waktu yang lumayan lama sama halnya dengan proses bayi bisa berjalan dan juga melatih kemampuan berbicaranya. Karena prosesnya yang lama ini maka tak heran jika para orangtua sangat menantikan sekali fase – fase ini.

Pertumbuhan dan perkembangan gigi pada setiap bayi tidak semuanya sama. Pada umumnya pertumbuhan gigi susu atau gigi primer pada bayi di mulai pada usia bayi mulai memasuki umur 6 sampai dengan 7 bulan. Namun terkadang juga ada sebagian bayi yang mengalami pertumbuhan bayi pada usia satu tahun lebih. Hal ini wajar – wajar saja bunda, jadi bagi anda para orang tua tidak perlu terlalu khawatir.

usia berapa bayi tumbuh gigi, bayi tumbuh gigi, umur bayi tumbuh gigi, bayi, gigi bayi tumbuh, gigi bayi, waktu tumbuh gigi bayi

Pentingnya Mengetahui Usia Pertumbuhan Gigi pada Bayi
Laju pertumbuhan gigi pada bayi sangatlah bervariasi sehingga hal ini harus diketahui oleh para orang tua. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini yaitu karena asupan kalsium yang berbeda – beda saat kehamilan sang ibu. Tidak selamanya ibu hamil yang mempunyai asupan kalsium yang banyak saat masa kehamilannya akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi yang cepat pula. Hal ini dkarenakan daya serap kalsium pada setiap janin berbeda – beda.

Karena laju pertumbuhan gigi pada bayi yang sangat bervariatif tersebut bukan berarti para orangtua tidak bisa melakukan apa –apa untuk membantu proses pertumbuhan gigi pada sang buah hati. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan para orangtua untuk merangsang pertumbuhan gigi anaknya.

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan biskuit kepada bayi sehingga bayi bisa belajar menggigit. Langkah lainnya yaitu dengan memberikan bayi mainan gigitan yang aman dan juga terjaga kebersihannya.

Baca juga:
7 Alasan Mengapa Bayi Suka Mengemut dan Menghisap Jarinya 
7 Cara Efektif Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas 
9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh

Jenis – jenis Gigi yang Tumbuh
Sebelum membahas mengenai fase – fase pertumbuhan gigi pada bayi, alangkah baiknya kita mengenal jenis – jenis gigi terlebih dahulu. Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengai beberapa jenis gigi serta fungsinya.

1. Gigi seri
gigi seri yaitu gigi yang terletak pada bagian depan baik pada rahang atas maupun rahang bawah. Gigi seri sendiri mempunyai kegunaan yaitu untuk menggigit makanan. Pada umumnya gigi seri atas dan bawah muncul pada waktu yang bersamaan.

2. Gigi taring
Selanjutnya yaitu ada gigi taring. Letak gigi taring yaitu mengapit gigi seri pada rahang atas dan rahang bawah dan biasanya bentuknya sedikit lancip dibandingkan gigi lainnya. Kegunaan dari gigi taring sendiri yaitu untuk memotong makanan.

3. Gigi geraham depan
Jenis gigi selanjutnya adalah gigi geraham depan. Gigi geraham depan ini terletak setelah gigi taring pada rahang atas maupun rahang bawah. Fungsi gigi geraham depan sendiri yaitu untuk mengahncurkan makanan.

4. Gigi geraham belakang
Selain gigi geraham depan jenis gigi lainnya yaitu adalah gigi geraham belakang. Sama halnya dengan gigi geraham depan, gigi geraham belakang ini juga berfungsi untuk menghancurkan makanan namun bedanya yaitu dia memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan gigi geraham belakang.

Nah itu tadi merupakan penjelaan mengenai jenis – jenis gigi. Selanjutnya kita akan membahas mengenai fase – fase pertumbuhan gigi pada bayi.

Fase – Fase Pertumbuhan Gigi pada Bayi
Fase pertumbuhan pada bayi terjadi pada waktu yang sangat bervariasi. Normalnya bayi mulai tumbuh giginya pada usia antara 6 sampai dengan 7 bulan. Akan tetapi ada juga bayi yang tumbuh giginya pada usia yang dini dan sebagian ada yang agak terlambat. Hal ini dikarenakan fase pertumbuhan gigi pada setiap bayi tidak semuanya sama. Jadi bagi para orang tua hal ini tidak perlu dikhawatirkan.


Berikut ini akan dijekaskan mengenai tahap – tahap pertumbuhan gigi pada bayi.

1. Usia 5 bulan
Usia bayi tumbuh gigi sangat bervariasi, misalnya pada usia 5 bulan. Pada usia ini sebagian besar bayi mulai menunjukkan ciri – cirinya gigi akan muncul. Akan tetapi ada sebagian bayi yang lebih awal tumbuhnya dan ada juga yang agak mundur. Pada saat ini,biasanya pertumbuhan gigi bayi akan ditandai dengan membengkaknya gusi dan gusi akan berwarna kemerahan. 

Selain itu, tanda bayi akan tumbuh gigi juga dapat ditandai dengan bayi yang mudah menangis dan rewel. Hal ini karena bayi merasa tidak nyaman dengan keadaan sesaat sebelum gigi mereka tumbuh. Bayi juga akan sering untuk menggigit benda yang karena gusi bayi anda pada saat sebelum tumbuh gigi biasanya akan terasa gatal. Sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman dan ingin menggesek-gesakkan sebuah benda ke gusinya.

2. Usia 6 bulan
Normalnya bayi akan mulai tumbuh giginya pada usia 6 bulanan sampai dengan 7 bulan. Pada usia ini gigi pertama bayi akan mulai muncul yaitu diawali pada bagian gigi yang berada di rahang bawah.

Pertumbuhan gigi pada bayi usia 6 bulanan ini biasanya ditandai dengan munculnya dua gigi seri pada bagian rahang bawah secara bersamaan. Pada saat gigi sudah muncul, anda dapat memebersihkan gigi bayi anda setelah mereka disusui atau setelah mereka makan dengan cara diseka.

3. Usia 7 bulan
Setelah kemunculan dua gigi seri pada rahang bawah, usia bayi tumbuh gigi ada pada saat bayi berusia 7 bulan biasanya akan mulai tumbuh lagi gigi seri di bagian rahang atas bagian depan. Pada usia bayi 7 bulan biasanya mereka sudah mulai bisa diberika makanan dengan tekstur yang agak padat. Sehingga dapat merangsang pertumbuhan gigi dengan lebih cepat.

4. Usia bayi 9 – 16 bulan
Usia bayi tumbuh gigi selanjutnya adalah saat bayi mulai memasuki 9 sampai dengan 16 bulan. Setelah kemunculan gigi seri bagian atas dan bawah, tahapan selanjutnya yaitu munculnya gigi seri samping yang berpasang – pasangan kanan dan kiri pada rahang atas dan juga rahang  bawah.

5. Usia 14 bulan
Usia 14 bulan merupakan usia bayi tumbuh gigi pada bagian atas rahang dan geraham. Pada usia ini gigi geraham bayi akan mulai muncul dimualai pada raham bagian atas dan selanjutnya disusul pada rahang bagian atas. Karena pertumbuhan gigi bayi yang bervariatif, ada sebagian bayi yang mulai tumbuh gigi gerahamnya pada usia 12 dan ada yang agak terlambat.

6. Usia 18 bulan
Pada usia bayi tumbuh gigi ini terjadi setelah tumbuhnya gigi geraham, selanjutnya pertumbuhan gigi bayi akan disusul dengan munculnya gigi taring pada bagian rahang bawah dan juga pada rahang atas. Biasanya rentang pertumbuhan gigi gerhaman ini terjadi pada bayi saat usia 16 sampai dengan 22 bulan.

7. Usia 24 bulan
Pada usia 24 bulan merupakan usia bayi tumbuh gigi geraham kedua bayi akan mulai tumbuh kembali. Kemunculan gigi geraham kedua ini tentunya diawali pada rahang bagian bawah dan kemudia baru diikuti pada rahang bagian atas.

Pertumbuhan kembali gigi ini dapat membuat anda agak sedikit rewel karena pertumbuhan gigi pada usia ini akan membuat bayi anda merasa sakit pada bagian gusi yang akan tumbuh gigi.

8. Usia 2 sampai dengan 3 tahun
Pada saat usia bayi 2 sampai dengan 3 tahun biasanya merupakan usia bayi tumbuh gigi setelah  semua fase pertumbuhan gigi susu pada bayi bagian depan yaitu gigi seri sampai dengan gigi geraham sudah selesai.

Biasanya pada usia bayi tumbuh gigi ini, gigi bayi anda sudah mulai lengkap pertumbuhannya yaitu pada kisaran usia antara 2 samapai dengan 3 tahun. Jumlah gigi lengkap ada adak biasanya berada pada kisaran 20 buah gigi, yaitu masing – masing 10 pada rahang bawah dan 10 pada rahang atas.

Nah, diatas tadi merupakan informasi mengenai usia bayi tumbuh gigi dan fase-fase pertumbuhan gigi pada bayi anda. Apabila bayi sudah mulai tumbuh giginya sebaiknya mulai sejak itu pula bunda harus selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi bayi anda. Anda bisa menggunakan pasta gigi khusus untuk bayi dan pastikan anda menggosok gigi buah hati anda secara rutin.

Itulah informasi mengenai usia bayi tumbuh gigi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Usia Berapa Bayi Tumbuh Gigi? Ini Penjelasan Waktu dan Fasenya