11 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata dan Hidung

Bayi biasanya akan lebih sering mengucek-ngucek matanya menggaruk muka dan sebagainya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda memasangkan bayi anda sarung tangan untuk menghindari adanya luka pada daerah muka bayi yang rawan terkena cakaran. Bagi anda para orang tua pasti penasaran kan apa saja yang menjadi penyebab bayi sering mengucek mata dan hidung serta bagaimana cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung agar bayi tidak terus menerus melakukannya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung serta apa penyebab dibalik itu semua. Penasaran kan bunda? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

bayi mengucek mata, cara mengatasi bayi sering mengucek mata, mata bayi, bayi, bayi bermata biru, bayi mengucek hidung

Alasan Bayi Sering Mengucek Mata dan Hidung
Bayi tidak serta merta mengucek mata atau hidungnya jika tanpa alasan. Seperti halnya orang dewasa yang merasa tidak nyaman akan sesuatu yang ada di mata atau hidungnya pasti akan mencoba untuk mengucek mata atau hidung anda kan? Begitu juga bayi, bayi juga kemungkinan besar merasa tidak nyaman mengenai sesuatu yang mungkin ada di salah satu anggota tubuhnya seperti mata dan hidung.

Mata dan hidung merupakan bagian tubuh yang rentan terkena bakteri dan iritasi akibat adanya virus. Biasanya bayi yang merasa tidak nyaman akan sering mengucek mata dan hidungnya. Bayi tidak akan bisa mengatakan sesuatu kepada anda sebagai orang tua, oleh karena itu anda sebagai orang tualah yang harus peka akan keadaan bayi anda.

Untuk mengetahui mengapa bayi anda sering mengucek mata, yuk simak alasan bayi sering mengucek mata dan hidung berikut ini.

Baca juga:
10 Penyebab Utama Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah 
9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh 
7 Cara Efektif Mengobati Ruam Kulit di Leher Bayi Hingga Tuntas

1. Mengantuk
Alasan bayi mengucek mata yang pertama adalah karena buah hati anda merasa ngantuk. Hal ini merupakan alasan yang paling umum terjadi pada bayi anda yang sering mengucek mata. Bayi yang sering mengucek mata biasanya menandakan bahwa mereka sudah merasa lelah dan ingin sekali untuk cepat tidur.

Sama halnya seperti orang dewasa, si kecil tentunya juga akan respek jika ia merasa lelah pada otot disekitar mata mereka. Hal inilah yang menyebabkan bayi anda selalu mencoba menenangkan otot matanya yang kaku dengan cara menggosok matanya.

Cara mengatasi bayi mengucek mata yang satu ini dapat anda lakukan dengan cara segera menidurkan bayi anda jika anda merasa bayi anda sudah mengantuk. Cobalah untuk membuat jadwal tidur agar si kecil dapat tidur secara teratur, atau jika bayi tidak mau anda bisa mencoba untuk membaringkan bayi anda di kamarnya dan menemani bayi anda dengan memberikan selimut untuk tujuan menghilangkan rasa kantuknya.

2. Ada Sesuatu di Mata dan Hidungnya
Bayi yang sering mengucek mata juga dapat disebabkan karena ada benda asing yang ada di mata. Selain itu, bayi yang juga sering mengucek hidungnya juga demikian, ada benda yang membuat buah hati anda merasa tidak nyaman.

Mata dan hidung bayi masih rentan sekali terhadap debu atau benda-benda kecil yang berada di sekitarnya, misalnya seperti bulu mata dan bulu hidung, lender yang ada di mata dan juga lender hidung dan sebagainya.

Bayi yang sering mengucek mata dan hidungnya bisa jadi disebabkan karena mata dan hidung bati anda kemasukan debu yang menempel. Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut bayi akan cenderung untuk mengucek mata atau daerah disekitar mata.

Cara mengatasi bayi yang mengucek mata seperti ini dapat anda lakukan dengan segera mengeluarkan debu atau benda halus yang berada di dalam mata atau hidung bayi. Namun, pastikan dulu anda membersihkan tangan anda dan menjaganya agar tetap steril pada saat membersihkan sesuatu pada mata atau hidung buah hati anda.

3. Mata atau Hidugnya sedang Sakit atau Gatal
Mata atau hidung bayi sangat rentan sekali terkena infeksi, biasanya bayi yang terkena infeksi di daerah mata dan hidungnya akan sering mengucek matanya. Infeksi yang ada di mata atau hidung bayi dapat disebabkan karena debu atau kuman dan bakteri yang masuk ke dalam mata atau hidung.

Gejela infeksi yang ditimbulkan biasanya bermacam-macam, misalnya seperti bengkak, ruam, demam, gatal-gatal dan sebagainya yang dapat menyebabkan mata dan hidung bayi anda berwarna kemerahan.

Cara mengatasi bayi yang mengucek mata jika terjadi masalah yang seperti ini, anda dapat memeriksakan buah hati anda ke dokter spesialis anak yang terdekat agar mereka mendapatan penanganan yang cukup intensif.


4. Mata dan Hidung Kering
Penyebab bayi sering mengucek mata yang selanjutnya adalah bisa diakibatkan karena mata dan hidung buah hati anda yang kering. Mata kering dapat menimpa siapa saja tak terkecuali bayi anda, pada saat bayi anda terkena infeksi, biasanya bayi akan lebih sering untuk mengucek matanya. Hal ini juga bisa terjadi pada saat mata dan hidung bayi anda kering.

Mata kering biasanya disebabkan oleh kekurangan zat alami pelindung air mata dan juga terkenan udara yang berlebihan dan terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang relatif lama.

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan mata si kecil menjadi gatal dan merah serta bayi anda akan mencoba mengucek matanya. Mengucek mata dalam kondisi seperti mampu memicu air mata untuk keluar sehingga hal tersebut dapat membasahi mata yang kering.

Itu dia beberapa alasana bayi sering mengucek mata ataupun hidungnya. Nah, selanjutnya kami akan membahas mengenai cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidungnya.

Tips Ampuh Mengatasi Bayi yang Mengucek Mata atau Hidung

1. Mengatur Suhu Ruangan Bayi
cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung yang pertama adalah pastikan anda mengatur suhu ruangan bayi agar tetap nyaman. Maksudnya adalah pastikan suhu ruangan pada bayi tidak terlal panas dan juga tidak terlalu dingin.

Suhu yang dingin akan menyebabkan bayi anda rentan terkena flu dan akan menyebabkan bayi anda lebih sering mengucek hidung. Bahkan, pada saat bayi merasa tidak nyaman di daerah hidungnya bayi biasanya juga akan mengucek matanya dan daerah di sekitar wajah. Oleh karena itu cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung yang efektif adalah dengan menjaga suhu ruangan bayi anda.

2. Hindari Dari Debu dan Kotoran
Hindari bayi anda kontak langsung dengan benda yang penuh dengan debu atau kotoran sebagai cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi debu dan kotoran dapat menyebabkan bayi anda alergi dan iritasi terutama pada bagian mata dan hidungnya.

3. Membersihkan Tangan Anak Lebih Sering
Pastikan anda menjaga kebersihan tangan bayi anda agar tetap terjaga, anda bisa membersihkannya dengan tisu basah yang non alkohol untuk membunuh kuman dan bakteri akibat tangan yang kotor. Hal ini dapat anda jadikan sebagai cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung yang disebabkan oleh bakteri penyebab iritasi.

4. Menggendong Bayi
Anda bisa menggendong bayi anda pada saat bayi anda sering  mengucek matanya. Dengan menggendong bayi anda, bayi akan merasa lebih nyaman jika berada di dalam dekapan anda dan juga bayi akan merasa terlindungi sehingga bayi akan lupa tentang kondisi mata atau hidungnya. Ini juga dapat anda coba sebagai cara mengatasi bayi yang mengucek mata.

5. Menyusui Bayi
Untuk mengalihkan perhatian bayi yang sering mengucek matanya anda juga bisa lakukan dengan cara menyusui bayi anda sambil memegangi tangannya. cara mengatasi bayi yang mengucek mata ini terbukrti efektif.

6. Memeriksa Mata dan Hidung Bayi
cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung yang selanjutnya adalah memeriksan mata atau hidung bayi anda mungkin terdapat benda asing di dalamnya.

7. Membersihkan Mata Bayi
Cara mengatasi bayi yang mengucek mata bayi yang selanjutnya adalah dengan membersihkannya. Apabila terdapat benda asing di mata bayi anda bisa membersihkan dengan menggunakan kain bersih atau bola kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin dan tekan mata bayi secara perlahan untuk membuang benda asing tersebut.

8. Membersihkan Hidung Bayi secara Rutin
Bersihkan hidung bayi secara rutin, bayi yang sering mengucek hidung dapat disebabkan karena hidung yang tersumbat akibat adanya upil.

9. Memberikan Kain Penutup atau Sarung Tangan Pada Bayi
Cara mengatasi bayi yang mengucek mata yang berikutnya adalah dengan cara memasangkan kain penutup atau sarung tangan pada bayi anda untuk menghindari tangan yang kotor.

10. Mengalihkan Perhatiannya
cara mengatasi bayi yang mengucek mata selanjutnya juga dapat anda lakukan dengan mengalihkan perhatiannya sambil lalu memegang lembut tangan mungil bayi anda.

11. Beri Mainan di Tangannya
Cara mengatasi bayi yang mengucek mata dengan mengalihkan perhatian yang selanjutnya adalah dengan cara memberikan mainan di tangannya. Namun, hal yag harus anda perhatikan adalah pastikan mainan yang bayi anda pegang sudah bersih dan higenis.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi bayi yang mengucek mata dan hidung yang dapat anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

11 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata dan Hidung