9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh

Biang keringat adalah masalah kulit yang mungkin paling sering dialami oleh semua kalangan masyarakat, dari anak-anak hingga dewasa. Namun biang keringat lebih sering dan mudah terjadi pada bayi. Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan anak-anak lebih rentan terkena biang keringat. Hal itu karena pori-pori kulit yang dimiliki masih kecil serta kelenjar dan saluran keluar keringat belum sepenuhnya berkembang.

Faktor Penyebab Biang Keringat Bayi
Biang keringat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah biang keringat bisa terjadi saat kulit bayi mengeluarkan keringat namun pori-pori kulit yang mengeluarkan keringat dari dalam tubuh malah tersumbat. Hal ini menyebabkan keringat tidak bisa keluar dan membuat pori-pori kulit mengalami pembengkakan. Selain itu, biang keringat juga bisa diakibatkan oleh cuaca yang lembap dan panas atau jika si Buah Hati demam.

cara menghilangkan biang keringat bayi, biang keringat bayi, biang keringat, bayi keringat, bayi, tips menghilangkan biang keringat, biang keringat di leher bayi

Biang keringat ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil berwarna merah akan muncul pada kulit bayi. Kemunculan biang keringat ini didampingi rasa gatal dan panas sensasi kesemutan, dan tusukan yang sangat mengganggu.

Tak heran jika bayi menjadi gelisah dan rewel saat menderita biang keringat. Biang keringat sering muncul pada bagian wajah, punggung bayi, perut, lipatan kulit, dada bagian atas, leher, kaki, daerah popok, selangkangan, atau ketiak. Bahkan biang keringat bisa ditemukan pada kepala.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Bayi Secara Efektif dan Cepat
Masalah kulit yang satu ini memang bukan merupakan masalah yang bisa menimbulkan risiko fatal, namun jika ia dibiarkan begitu saja tanpa perawatan dan tidak segera diatasi, maka bayi Anda tentu akan terus rewel karena tersiksa oleh rasa gatal yang teramat sangat. Untuk mengatasi masalah biang keringat ini, bunda perlu tahu cara menghilangkan keringat bayi. Berikut adalah cara menghilangkan biang keringat bayi.

Baca juga:
10 Penyebab Utama Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah 
11 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata dan Hidung 
Bayi Cegukan Bolehkan Disusui? Ibu Perlu Tahu Hal Ini

1. Hilangkan Sumber Panas dan Lembab
Jika bayi sedang tersiksa karena menderita biang keringat, salah satu cara menghilangkan keringat bayi yang harus dilakukan adalah menjauhkan bayi dari sumber panas dan lembab.

Dalam mengatasi biang keringat, suhu ruangan harus sejuk dan tidak lembab apalagi panas, sehingga bayi tidak akan gerah dan berkeringat, serta kulit akan terbuka pori-porinya. Anda bisa memasang kipas angina apabila cuaca memang sedang panas. Namun pastikan kipas anda tidak menghadap ke bayi anda secara langsung karena hal ini hanya dilakukan agar sirkulasi udara pada ruangan menjadi lancar.

Hal terpenting yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya biang keringat adalah dengan menjaga suhu lingkungan pada saat bayi anda berada.

2. Menjaga kulit bayi tetap dingin
Usahakan menjaga kulit si Kecil yang terjangkit biang keringat tetap dingin menggunakan kain basah dingin sebagai cara menghilangkan biang keringat bayi. Atau, bisa juga bayi anda dimandikan. Setelah dibasahi dan didinginkan, jangan keringkan bayi dengan handuk atau lap kering.

Hal ini akan membuat kulit bayi bisa iritasi yang berakibat pada gatal-gatal. Kulit bayi juga akan menjadi kering, dan biang keringat susah teratasi. Lebih baik diamkan saja terkena angin hingga kering dengan sendirinya.

Anda bisa menerapkan cara menghilangkan biang keringat bayi ini dengan cara sebagai berikut:
▪ Gunakan lap basah dingin ini pada permukaan kulit buah hati anda yang terkena biang keringat dengan cara diusapkan secara perlahan-lahan.

▪ Anda juga bisa memakai es batu yang dibungkus kain. Namun dalam pengaplikasiannya harus hati-hati.

▪ Jangan gunakan lap yang terlalu dingin agar bayi tidak akan kaget dan membuat perawatan biang keringat akan menjadi sulit.

3. Gunakan Lotion Dan Krim Hanya Bila Diperlukan Saja
Sebisa mungkin anda hindari penggunaan salep atau krim untuk dioleskan pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Ini hanya akan memperparah biang keringat, sebab salep dan krim dapat memerangkap kelembaban pada kulit.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan krim hidrokortison (0,5%) atas anjuran dari dokter jika biang keringat bayi sudah parah dan tak kunjung sembuh. Para ibu disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya karena dapat membuat ruam menjadi parah.Jika si Kecil menangis ketika Bunda menyentuh kulitnya, oleskan lotion calamine  pada kulitnya. Hati-hati saat mengoleskan lotion pada bayi, jangan sampai terkena area kulit di dekat mata si Kecil. Untuk menerapakn cara ini, pastikan dulu anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak dengan menyampaikan keluhan atau masalah yang ada pada bayi anda.


4. Gunakan Oatmeal
Oatmeal juga bisa bunda manfaatkan sebagai cara menghilangkan biang keringat bayi. Selain biasanya digunakan sebagai bahan makanan. Oatmeal yang terbuat dari gandum ini ternyata memiliki manfaat luar biasa lainnya.

Oat memiliki kandungan anti-peradangan yang dapat membuat kulit menjadi halus dan mulus. Hal ini membuat oat dapat membuat peradangan pada kulit akan cepat berkurang dan rasa gatal akan hilang sepenuhnya jika diaplikasikan pada biang keringat,.

Untuk memanfaatkan oatmeal sebagai cara menghilangkan biang keringat bayi, anda tinggal mencampurkan oatmeal dengan air hangat hingga mempunyai tekstur seperti pasta. Kemudian oleskan pada kulit yang ditumbuhi biang keringat.

Jika anda merasa cara ini belum cukup, anda bisa memandikan bayi anda dengan cairan oatmeal ini. Pastikan anda melakukannya secara rutin agar bayi anda yang menderita biang keringat dapat beristirahat dengan tenang dan lebih ceria lagi.

5. Pilihkan Bayi Pakaian Yang Tepat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa keringat merupakan salah satu penyebab munculnya biang keringat. Mengenakan pakaian yang berlapis-lapis akan membuat bayi gerah dan berkeringat, dan berujung pada biang keringat.

Oleh sebab itu, singkirkan lapisan pakaian yang berlebih untuk si kecil. Pilihkan baju yang longgar dan nyaman agar kulitnya bisa bernapas lega dan biang keringat tidak menyebar ke daerah kulit yang lain.

Pilihkan bayi pakaian yang tepat, terutama jika cuaca sedang panas. Hindari memilihkan pakaian dari kain sintetis, seperti nilon dan polyester untuk bayi, karena akan memerangkap panas. Sebaiknya pilihkan bayi pakaian yang berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Pilih juga pakaian yang tipis dan ringan untuk bayi.

Untuk bahan pakaian yang kami rekomendasikan agar bayi anda merasa nyaman dan tidak terkena biang keringat, pastikan bayi anda menggunakan baju atau pakaian yang berbahan dasar katun 100% karena bahan kain jenis ini dapat menyerap keringat secara maksimal.

6. Menggunakan Kacang Hijau
Cara menghilangkan biang keringat bayi juga dapat dilakukan menggunakan kacang hijau. Caranya mudah, anda tinggal menumbk 1 ons kacang hijau hingga halus, lalu seduh dengan air panas. Sebelum diminumkan pada bayi, dinginkan dulu sejenak. Minumkan pada bayi Anda setiap 3 kali sehari.

7. Menggunakan Buah Timun
Mendinginkan kulit yang menderita biang keringat juga merupakan cara menghilangkan biang keringat bayi. Cara ini bisa efektif untuk meredakan tangisan bayi yang disebabkan oleh rasa panas dan gatal dari biang keringat yang sangat mengganggu.

Anda bisa memanfaatkan buah timun yang sudah dihaluskan lalu dibalurkan ke seluruh kulit bayi yang terkena biang keringat. Biarkan selama 5 menit agar airnya meresap, lalu bersihkan. Dengan cara ini bisa memberikan sensasi dingin dan sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi.

8. Menggunakan Lidah Buaya
Anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan pendingin biang keringat selain mentimun. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat mengatasi biang keringat bayi yang meradang.

Cara pemanfaatannya juga sederhana, yaitu dengan membalurkan gel yang ada pada daging lidah buaya ke bagian kulit yang ditumbuhi biang keringat secara merata, biarkan 20 menit, lalu mandikan bayi dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini minimal 2 kali sehari selama seminggu.

9. Menggunakan Minyak Telon atau VCO
Cara menghilangkan biang keringat bayi juga dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak telon atau minyak VCO. oleskan minyak ke kulit yang ditumbuhi biang keringat setiap kali habis mandi hingga. Akan lebih baik jika jenis minyak yang digunakan adalah minyak telon yang mengandung minyak kelapa tinggi (60%).

 Meskipun biang keringat bukan penyakit yang fatal, namun kehadirannya dapat mengganggu kenyamanan dan aktifitas bayi. Jika bayi anda menderita biang keringat, maka segera cari cara menghilangkan biang keringat bayi agar tidak semakin parah dan bayi dapat kembali ceria. Demikian beberapa cara menghilangkan biang keringat bayi. Semoga bermanfaat!

9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh