10 Penyebab Utama Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah

Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat penting sekali. Kesehatan dan kebersihan mata harus selalu dijaga agar dikemudian hari tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu penglihatan. Apabila kesehatan mata kita tidak dijaga hal ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kesehtaan mata.

Orang dewasa pada umumnya sudah sadar akan kepentingan menjaga kebersihan dan kesehatan mata mereka masing – masing. Akan tetapi hal yang biasanya dikhawatirkan dan perlu mendapatkan perhatian lebih yaitu adalah pada usia balita.

mata bayi dikucek, bayi kucek mata, penyebab bayi kucek mata, mata bayi, bayi, mata bayi merah, mata bayi sering dikucek

Bahaya Bayi Sering Mengucek Mata hingga Merah
Pada usia balita mereka belum paham akan apa – apa yang berbahaya pada mata mereka, sehingga disini dibutuhkan kesadaran dan kepedulian orang tua untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mata sang buah hati.

Kebiasaan yang paling sering dilakukan pada saat bayi terhadap matanya adalah dengan mengucek- ucek matanya. Hal ini tentunya akna berbahaya pada kesehatan mata bayi anda apabila dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus mengerti arti dari tindakan anak anda apabila mereka sedang mengucek – ngucek mata mereka.

Ternyata banyak sekali alasa mengapa bayi sering mengucek – ngucek matanya. Bahasa tubuh bayi yang ini harus dipahami sekali oleh para orang tua. Bisa saja kebiasaan si kecil menggosok – gosok matanya ini merupakan salah satu pertanda bahwa di mata bayi tersebut telah terdapat masalah atau gangguan medis. Namun disisi lain, kebiasaan menggosok mata pada bayi juga memberikan arti lain yaitu salah satunya adalah bayi mencoba untuk melakukan penyesuaian terhadap gerak tubuh dan juga lingkungannya yang baru.

Baca juga:
11 Cara Mengatasi Bayi yang Sering Mengucek Mata dan Hidung 
7 Alasan Mengapa Bayi Suka Mengemut dan Menghisap Jarinya 
17 Penyebab Bayi Kuning dan Solusi Pengobatannya

Penyebab Bayi Sering Mengucek Matanya
Semua bayi pasti terlahir imut dan juga menggemaskan, sehingga hal ini menjadikna mereka sangat lucu bagi para orang dewasa. Kebiasaan bayi yaitu adalah kerap kali mengucek – ngucek matanya. Hal yang satu ini tentunya mempunyai arti yang berbeda – beda tergantung dari apa penyebabnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai alasan – alasan bayi mengucek – ngucek matanya.

1. Mata bayi terkena alergi
Tak jarang alasan mengapa bayi sering mengucek matanya yaitu dikarenakan mata bayi terkena alergi. Salah satu penyebab alergi pada mata bayi ini tentunya bisa dipicu dari berbagai macam hal salah satunya yaitu karena makanan, debu, obat – obatan tertentu, perubahan cuaca dan lain – lain. Penyebab alergi pada bayi tentunya snagat berbeda – beda, oleh karena itu pengamatan orang tua sangat penting sekali untuk mengetahui penyebab anaknya sering mengucek – ngucek matanya.

Alergi sangat mudah sekali untuk diketahui gejalanya. Gejala yang biasanya timbul apabila mata anak terkena alergi yaitu adalah anak sering merngucek – ngucek matanya karena merasa gatal. Karena sering digosok – gosok matanya maka mata bayi akan memerah. Karena rasa gatal pada mata mereka tersebut biasanya bayi akan merengek dan mengalami susah tidur.

Hal yang bisa dilakukan oleh orang tua apabila sang buah hati mengalami alergi pada mata yaitu dengan cara:

? Mengompres mata bayi dengan menggunakan air dingin. Jangan biarkan bayi anda menggaruk – garuk bagian matanya karena hal ini akan memperparah alergi pada bayi

? Hal sederhana yang biasanya dapat dilakukan ibu apabila terjadi gangguan pada mata bayi yaitu dengan meneteskan ASI pada mata bayi agar zat asing (elergen) pada mata mengencer.

? Apabila alergi pada bayi anda semakin parah maka lebih baik segera periksakan bayi anda ke dokter.

2. Si kecil mengantuk
Salah satu penyebab lainnya apabila sang buah hati sering mengucek matanya adalah si kecil mulai mengantuk. Tidak selalu bayi yang mengucek matanya akan mengalami gangguan kesehatan pada matanya. Bahasa tubuh yang satu ini tentunya harus disadari oleh orang tua karena bayi belum bisa berbicara. Apabila bayi anda sering mengucek matanya dan sesekali diiringi dengan menguap itu artinya adalah bayi anda sedang mengantuk.

Alasan yang satu ini merupakan penyebab paling umum mengapa bayi sering sekali mengucek matanya. Sama halnya dengan orang dewasa saat mengantuk, untuk mengatasi ketegangan pada otot – otot matanya biasanya mereka akan mengucek matanya. Hal sederhana ini perlu dipelajari dan disadari sekali oleh para orang tua.

3. Penyesuaian diri terhadap lingkungan baru
Alasan lain mengapa anka sering mengucek – ngucek matanya yaitu adalah si kecil ingin membiaakan dirinya dengan lingkungan atau hal yang baru. Kebiasaan pada bayi untuk menyesuaikan dirinya pada lingkungan yang baru yaitu dengan menggerak – gerakkan sebagian tubuhnuya seperti mengayunkan tangannya dan juga mengucek – ngucek matanya.


4. Bayi terkena belekan
Selain karena disebabkan oleh alergi, gangguan kesehatan yang biasanya menyerang bayi yaitu adalah belekan. Belekan tentunya juga disebbakan oleh berbagai macam faktor dan bahkan juga karena bayi terpapar langusng dengan penderita belek sehingga bayi anda terkena belekan. Penyakit belekan sangat mudah sekali penularannya, oleh karena itu apabila ada anggota keluarga yang terkena belekan sebaiknya dijauhkan dari bayi anda.

5. Ada sesuatu di mata bayi
Penyebab lainnya mengapa bayi sering mengucek – ngucek matanya yaitu karena terdapat benda asing di mata bayi anda sehingga hal ini mengganggu mereka. Karena mata bayi sangat rentan sekali mengucek – ngucek matanya saat terkena benda asing seperti lendir ataupun bulu mata mereka sendiri.

Apabila si kecil mengucek matanya dan terdapat sesuatu di sekitar area mata si kecil, maka segeralah untuk membersihkan mata bayi anda sebelum mereka melukai mata mereka sendiri.

6. Bayi mengalami mata kering
Mata kering bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia, baik itu terjadi pada orang tua maupun anak  anak dan bahkan pada bayi. Kekeringan pada mata biasanya disebabkan oleh kurangnya zat alami pelindung air mata, sehingga hal ini akan mengganggu sekali pada mata. Karena kekuarangan zat alami pelindung mata tersebut maka bayi akan secara reflek mengucek – ngucek matanya untuk menghasilkan air mata agar dapat membasahi matanya.

7. Infeksi
Gangguan kesehatan lainnya yang terjadi pada bayi apabila mereka sering mengucek – ngucek matanya yaitu adalah bayi mengalami infeksi pada matanya. Infeksi pada mata anak ini biasanya disebabkan karena mereka terkontaminasi oleh bakteri. Hal ini akan membuat mata memerah dan juga mengeluarkan nanah beserta kotoran mata.

Hal ini yang menyebbakan mata bayi anda gatal sehingga mereka mengucek matanya. Apabila bayi anda mengalami infeksi segeralah bawa bayi anda ke dokter agar segera mendapatkan perawatan.

8. Mata bayi terkena iritasi
Hal lain yang menyebabkan bayi mengucek matanya yaitu adalah karena mata bayi terkena iritasi. Hal ini biasanya disebabkan karena debu, benda – benda asing, maupun hal – hal lain yang bisa menimbulkan iritasi. Untuk menjaga kesehtan mata bayi anda maka sebaiknya anda membawa bayi anda ke dokter agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.

9. Ada Sesuatu Dimata Bayi
penyebab mata bayi sering dikucek yang selanjutnya adalah karena ada suatu hal yang mengganjal pada mata bayi anda yang dapat membuat bayi anda merasa tidak nyaman sehingga kemungkinan mata bayi sering dikucek.

10. Rasa Gatal dan Tidak Nyaman
Penyebab mata bayi sering dikucek berikutnya adalah bayi sering mengucek matanya karena ia merasa tidak nyaman dan ada suatu hal yang dapat membuat mata bayi menjadi gatal. Hal ini biasanya akan direspon secara reflek oleh bayi dengan mengucek matanya.

Berikut tadi merupakan alasan – alasan mengapa bayi mengucek matanya. Oleh karena itu sangat penting bagi bunda untuk mengerti bahasa tubuh bayi yang satu ini.

Cara Menangani Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah
Apabila bayi anda memiliki kebiasaan sering mengucek matanya, anda bisa melakuan hal berikut ini untuk menanganinya.

1. Coba Tutupi Kedua Tangannya
Mata bayi sering dikucek dapat membuat mata bayi menjadi merah, untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menutupi kedua tangan bayi anda agar bayi tidak biasa mengucek matanya.

Anda bisa memakaikan bayi anda sarung tangan, hal ini akan melindunginya pada saat bayi anda mengucek mata.

2. Memegang Tangan Si Kecil
Pastikan anda membuat bayi anda tidak sering mengucek matanya. Mata bayi sering dikucek juga dapat memperparah keadaan mata bayi yang sudah terkena iritasi atau alergi akibat kuman.

Oleh karena itu, anda bisa memegang tangan bayi anda agar tidak mengucek matanya atau anda bisa mengalihkan perhatian bayi anda.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab mata bayi sering dikucek dan cara penanganannya. Semoga bermanfaat.

10 Penyebab Utama Mata Bayi Sering Dikucek hingga Merah