15 Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Tetap Sehat dan Ceria

Merawat bayi yang baru lahir memang bukan perkara mudah terlebih bagi Anda pasangan muda yang baru memiliki momongan. Sebenarnya cara merawat bayi tidaklah rumit asalkan Anda tahu aturannya dan tidak merasa takut.

Kondisi buah hati yang masih kecil kadang membuat bunda tidak yakin saat akan memandikan atau bahkan memakaikan popok. Hal ini tentu adalah sesuatu yang wajar karena pengalaman pertama bagi Anda dan suami. Namun Anda bisa mempelajari tahapan dalam merawat bayi baik dari buku atau bertanya kepada orang tua.

cara merawat bayi baru lahir, cara merawat bayi, perawatan bayi baru lahir, perawatan bayi, bayi baru lahir, bayi

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir
Bunda dan buah hati pasti memiliki koneksi atau hubungan yang terjalin secara alami. Bahkan ketika bayi menderita sakit, Anda juga dapat merasakannya. Interaksi ini harus dimanfaatkan dengan baik agar buah hati merasa nyaman di dekat Anda.

Jika ingin mengetahui cara merawat bayi dengan baik dan benar, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti, beberapa diantaranya adalah:

1. Menunda pekerjaan lain
Membesarkan bayi bukan hal yang mudah, butuh tenaga super ekstra karena Anda harus tetap terjaga sepanjang hari. Untuk mempertahankan kondisi fisik agar tetap fokus pada buah hati sebaiknya tunda beberapa pekerjaan yang sering Anda lakukan seperti membersihkan rumah, dan lain-lain.

Baca juga:
Bunda, Ini Berat Normal Bayi Usia Baru Lahir (0 Bulan), Catat Ya! 
Bayi Cegukan Bolehkan Disusui? Ibu Perlu Tahu Hal Ini
17 Penyebab Bayi Kuning dan Solusi Pengobatannya

2. Bangun suasana yang ceria
Merawat buah hati tidak berarti harus berdiam diri di rumah terus. Sekali-kali ajak bayi keluar rumah untuk merasakan udara segar sembari berinteraksi dengan tetangga. Suasana yang ceria akan memberikan energi positif untuk buah hati.

3. Tidur bersama dengan buah hati
Cara merawat bayi yang satu ini terbilang cukup mudah namun sulit dikerjakan. Bagaimanapun juga Anda harus menjaga kondisi fisik buah hati dan diri sendiri. Jika tidak bisa tidur bersama buah hati karena satu dan lain hal, minta suami untuk menggantikannya.

4. Hilangkan rasa takut
Anda tidak akan mengetahui hasilnya jika tidak mau mencoba. Perhatikan dengan benar cara menggendong bayi agar buah hati tidak mengalami cidera yang membuatnya menangis. Lakukan dengan pelan-pelan dan jangan terlalu memaksa.

5. Mengganti popok
Barangkali Anda merasa kikuk karena tidak terbiasa mengganti popok bayi yang dalam sehari bisa dilakukan selama 10 kali. Saat ini ada produk popok yang menyesuaikan usia buah hati sehingga sangat mudah dikenakan dan aman.

6. Jangan ragu meminta bantuan
Karena ini adalah pengalaman pertama bagi Anda, maka sangat wajar jika belum tahu benar cara merawat bayi. Jangan malu meminta bantuan pada keluarga jika mengalami kesulitan atau harus meninggalkan buah hati karena ada urusan yang mendesak.

7. Bersihkan diri saat berinteraksi dengan bayi
Kondisi bayi yang baru lahir memang sangat sensitif kondisi kesehatannya dan mudah terkena serangan bakteri, kuman, serta virus pembawa penyakit. Karena itu sebelum memegang atau menggendong bayi, pastikan kondisi tangan bersih dan steril.

cara merawat bayi, cara merawat bayi baru lahir, perawatan bayi, perawatan bayi baru lahir, bayi baru lahir

8. Memberi ASI
Memberi ASI menjadi salah satu cara merawat bayi yang harus Anda lakukan karena menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi buah hati. Dalam sehari, bayi sebaiknya diberi ASI sebanyak 10 hingga 15 kali. Ini karena kapasitas perutnya masih kecil sehingga tidak bisa menampung volume berlebih.

Saat menyusui sebaiknya atur posisi senyaman mungkin agar tidak capek. Bisa juga dengan berbaring atau duduk asalkan buah hati tidak merasa terganggu.

9. Memandikan bayi
Karena usianya baru hitungan hari, maka cara memandikan bayi harus sangat berhati-hati. Aktivitas ini biasa dilakukan dua kali dalam seminggu. Gunakan sabun atau shampoo yang dirancang khusus untuk kondisi buah hati yang masih kecil.

Peralatan pendukung lainnya berupa spon, handuk halus, bak mandi, dan juga waslap. Gunakan air hangat ketika memandikan buah hati.


10. Menjemur bayi
Aktivitas yang dilakukan saat pagi hari ini bertujuan untuk merangsang perkembangan tulang pada bayi. Kebiasaan ini sangat bagus dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan buah hati agar tidak mudah terkena penyakit dan menurunkan kadar bilirubin.

Cara menjemur bayi bisa dengan digendong atau dimasukkan kedalam box bayi. Hindari sengatan matahari yang terik untuk mencegah radiasi sinar UV.

11. Menidurkan bayi
Langkah yang paling mudah untuk menidurkan bayi adalah dengan memberinya ASI. Jika kondisi perut terisi maka buah hati akan cepat tertidur. Ada juga yang menggendongnya sembari dinyanyikan lagu pengantar tidur yang merdu.

12. Merawat tali pusar
Cara merawat bayi tak terlepas dari menjaga kondisi tali pusar agar tetap kering. Dalam waktu 1 hingga 2 minggu tali pusar akan terlepas dengan sendirinya.

Bunda sebaiknya merawat tali pusar agar tidak lembab karena dapat menimbulkan infeksi. Saat dimandikan, usahakan bagian ini tidak terkena air dan cukup dilap saja dengan kain yang basah lalu keringkan dengan handuk.

13. Jaga kondisi bayi agar tetap hangat
Tradisi membedong bayi dengan kain yang banyak dilakukan pada zaman dulu bertujuan untuk menjaga suhu badan bayi agar tetap hangat. Banyak pro kontra yang bermunculan mengenai kebiasaan ini, beberapa ada yang melarang bahkan ada juga yang menganjurkan.

Faktanya masiih banyak ibu muda yang menggunakan cara merawat bayi tersebut hanya sampai usia beberapa bulan saja. Selebihnya buah hati akan dipakaikan selimut supaya tidak kedinginan.

14. Perhatikan kondisi feses bayi
Karena asupan gizinya hanya berasal dari ASI, tak heran jika buah hati akan sering buang air besar. Kejadian ini tidak perlu dicemaskan karena sudah wajar dialami oleh bayi. Tujuannya untuk membuang zat bilirubin dari tubuh bayi.

15. Rendam bayi di bak khusus
Cara memandikan bayi pun sangat bervariasi, ada yang dilap dan juga direndam dalam bak khusus. Memandikan buah hati dengan cara dimasukkan kedalam bak yang sudah terisi air hangat akan membuatnya merasa senang.

Fungsi lainnya adalah untuk memperlancar aliran darah. Namun jika masih takut memandikan bayi di bak, bisa minta bantuan kepada keluarga agar Anda bisa berlatih supaya kedepannya tidak grogi lagi.

cara merawat bayi, cara merawat bayi baru lahir, merawat bayi baru lahir, perawatan bayi baru lahir, bayi

Jenis Perlengkapan Mandi untuk Bayi yang Baru Lahir
Beberapa ibu muda yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya pasti antusiasnya sangat tinggi terutama saat menyiapkan perlengkapan apa saja yang diperlukan.

Sejatinya peralatan yang dipergunakan sebagai pendukung cara merawat bayi akan selalu berganti menyesuaikan dengan umur bayi. Namun jika buah hati baru lahir sebaiknya miliki beberapa perlengkapan mandi dibawah ini agar kondisinya tetap terjaga, diantaranya adalah:

1. Bak mandi khusus bayi
Desain bak ini menyesuaikan dengan ukuran serta bentuk tubuh buah hati sehingga bunda bisa memandikan bayi dengan aman. Jika Anda membeli bak yang tidak untuk bayi, akan menyulitkan Anda ketika ingin membersihkan beberapa anggota badan. Salah-salah malah bisa membuat bayi tidak nyaman.

2. Handuk khusus bayi
Anda harus memiliki minimal dua handuk untuk bayi yang baru lahir. Seratnya sangat halus cocok untuk kulit buah hati yang masih sensitif. Untuk pemilihan warna, sesuaikan dengan keinginan Anda.

3. Shampoo dan sabun khusus bayi
Sebaiknya gunakan produk sabun dan shampoo untuk bayi karena mampu membersihkan badan secara maksimal dan tidak menimbulkan iritasi. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kulit bayi masih sensitif sehingga tidak boleh menggunakan sembarang merk produk kebersihan.

Cara Menidurkan Bayi yang Baru Lahir agar Terlelap
Selain mengetahui cara merawat bayi, bunda juga wajib mempelajari metode untuk menidurkan bayi agar terlelap dan tidak mudah terganggu.

Jam tidur bayi yang teratur mempengaruhi kondisi fisiknya. Buah hati yang terbiasa tidur dengan lelap, perkembangan tubuh, syaraf motorik serta sensorik, bisa berjalan lancar. Mungkin awalnya akan terasa sulit namun jika sudah terbiasa, bayi bisa mudah ditidurkan.

1. Mengatur aktivitas bermain bayi ketika siang hari
2. Mainkan alunan musik yang lembut
3. Memberi ASI tepat waktu
4. Tidurkan bayi pada jam yang sama setiap harinya
5. Matikan lampu saat tidur atau gunakan lampu tidur yang redup
6. Atur suhu ruangan supaya sirkulasi udara lancar
7. Tidurkan bayi saat mulai mengantuk
8. Samakan jam tidur buah hati dan bunda

Memiliki bayi yang lucu menjadi kebahagiaan sendiri yang tak terhingga, namun ternyata cara merawat bayi tidaklah mudah. Sebagai seorang ibu pastinya Anda akan melakukan apa saja agar kondisi buah hati sehat dan ceria beberapa diantaranya dengan mempraktikkan metode yang disebutkan diatas.

15 Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Tetap Sehat dan Ceria