15 Cemilan Bayi 11 Bulan yang Aman dan Sehat buat Bayi

Memiliki buah hati yang masih bayi tentunya memerlukan perhatian khusus terutama untuk pilihan jenis makanan yang bisa dikonsumsinya. Memilih makanan cemilan bayi 11 bulan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang cocok. Dengan begitu bayi Anda akan selalu terpenuhi nutrisinya.

Makanan yang dikonsumsi bayi setiap harinya tentu sangat mempengaruhi kemajuan perkembangan fisik dan tingkat kecerdasannya. Maka dari itu sebelum memberikan cemilan atau makanan untuk si kecil, Anda perlu mengetahui apa saja makanan yang paling bagus dan memiliki gizi yang lengkap.

cemilan bayi, cemilan bayi 11 bulan, makanan bayi 11 bulan, cemilan bayi sehat, cemilan bayi aman, cemilan, bayi

15 Ragam Cemilan Bayi 11 Bulan yang Sehat untuk Buah Hati Tercinta
Bayi yang sudah menginjak usia 11 bulan pada umumnya sudah semakin aktif baik dari gerak fisiknya, ataupun kemampuan berbicaranya. Untuk membantunya semakin cerdas dan sehat, Anda perlu memberikan cemilan-cemilan yang bernutrisi tinggi agar perkembangannya seimbang. 

Lantas apa saja cemilan bayi 11 bulan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk sehari-hari? Berikut penjelasannya untuk Anda:

1. Kentang kukus
Bayi yang sudah berusia 11 bulan tentu membutuhkan berbagai nutrisi dan gizi yang lebih banyak, salah satunya karbohidrat. Untuk camilannya, Anda dapat membuatkan makanan sehat dengan membuatkan kentang yang dikukus atau direbus. Untuk variasi lain Anda bisa mengolahnya menjadi mash potato.

Cemilan bayi 11 bulan yang terbuat dari kentang dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama karena terdapat kandungan karbohidrat. Dengan begitu cemilan ini bisa menjadi pengganti nasi.

Baca juga:
13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan yang Sehat dan Bergizi 
Begini Cara Tengkurapkan Bayi agar Tidak Cedera dan Aman 
10 Penyebab Bayi Diare di Usia 1 - 9 Bulan, Catat Ya Bun!

2. Bulir jeruk
Jeruk memiliki serat dan vitamin C yang tinggi yang bagus untuk nutrisi si kecil. Buah jeruk bisa dikonsumsi dengan aman oleh bayi Anda. Caranya kupas kulit jeruk yang tipis, hingga yang tersisa adalah bulir-bulir jeruknya. Jeruk yang dijadikan bulir akan lebih mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi.

3. Bubur kacang hijau
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi bayi. Cara mengolah kacang hijau agar bisa dikonsumsi bayi adalah dengan membuatkannya menjadi bubur kacang. Dengan begitu selain lebih enak, bayi juga lebih mudah mengkonsumsinya.

4. Tim alpukat
Buah alpukat memiliki vitamin E tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit dan dapat melancarkan pencernaan si kecil. Cara mengolahnya, Anda dapat membuat tim alpukat dengan mengukus alpukat sekitar 10 menit. Untuk tambahan, Anda bisa mencampurkannya dengan ASI atau susu formula.

5. Brokoli kukus
Brokoli yang dikukus sangat bagus untuk kesehatan bayi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai cemilan bayi 11 bulan. Untuk variasinya, Anda juga bisa mengkombinasikan brokoli kukus dengan jus jeruk. Dengan menu camilan yang berbeda tentunya dapat membuat menu cemilan menjadi lebih menarik.

6. Buncis kukus
Jenis sayuran lain yang dapat dijadikan sebagai camilan bayi adalah buncis yang dikukus. Agar bayi dapat lebih mudah untuk memakannya, Anda bisa memotong buncis menjadi 2 atau 3 bagian agar lebih pendek dan mudah digenggam oleh tangannya yang mungil.

7. Pepaya
Pepaya  sangat baik dikonsumsi oleh bayi karena memiliki vitamin yang bagus untuk pencernaannya. Buah pepaya sangat bagus untuk dijadikan cemilan sehari-hari bayi karena dapat mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan seperti saat buang air besar.

8. Pisang
Pisang sangat bagus untuk dijadikan cemilan bayi 11 bulan karena memiliki kandungan vitamin, magnesium, kalsium, dan zat gizi lainnya. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi pertumbuhan si kecil sehingga cocok dijadikan cemilan sehari-hari.


9. Buah Naga
Buah naga tak hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tapi juga bagus untuk bayi berusia 11 bulan. Warna buah yang mencolok tentu dapat menarik perhatian si bayi sehingga bayi akan merasa senang saat mengkonsumsinya.

10. Buah mangga
Buah mangga, selain memiliki warna yang cerah juga memiliki harum yang menggoda terutama buah harumanis. Bau buah yang harum juga dapat menarik selera si kecil sehingga membuatnya lebih lahap saat memakannya.

Untuk penyajiannya, Anda bisa memotongnya kecil-kecil seperti bentuk dadu. Berikan mangga yang sudah matang dan manis untuk si bayi. Cemilan dari buah mangga sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi buah hati Anda.

11. Tahu Kukus
Tahu memiliki kandungan protein yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi. Tahu yang dikukus dapat menjadi cemilan bayi 11 bulan yang aman dan sehat dikonsumsi. Sebelum mengukusnya, jangan lupa untuk mencuci tahu terlebih dahulu agar bersih.

12. Stroberi
Cemilan untuk bayi usia 11 bulan berikutnya adalah buah stroberi. Buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi karena memiliki vitamin yang bagus untuk kesehatan si bayi. Anda bisa memberikan buah stroberi yang berwarna merah segar dan manis.

Namun jika bayi Anda masih kesulitan untuk mengunyahnya, Anda dapat mengukusnya terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih lembut dan mudah dicerna.

13. Wortel rebus
Wortel yang direbus sangat cocok untuk dijadikan cemilan bayi 11 bulan yang sehat dan aman dikonsumsi. Wortel yang sudah direbus akan menjadi lebih lembut sehingga mudah untuk dikunyah dan ditelan oleh bayi Anda.

14. Puding susu dan pudding cokelat
Jika Anda ingin mengenalkan variasi menu baru pada si kecil, Anda bisa mencoba membuatkan pudding susu ataupun pudding coklat. Tekstur yang agak kenyal dapat memberikan pengalaman baru bagi si kecil.

15. Biskuit gandum
Jika ingin memberikan cemilan snack ringan, Anda bisa memberikannya biskuit gandum. Biskuit gandum sangat baik untuk kesehatan bayi. Selain itu biskuit yang berbahan dasar gandum dapat memberikan efek kenyang yang cukup lama.

Untuk menambahkan rasa cemilan lebih enak Anda bisa menambahkan beberapa topping yang menarik. Keju dapat dijadikan sebagai tambahan dalam cemilan agar rasanya lebih enak. Keju dapat ditambahkan saat Anda membuat cemilan tim brokoli, buah naga, atau yang lainnya.

Dengan variasi yang selalu berbeda tentunya si kecil akan selalu bersemangat saat jadwal makan sudah tiba. Jika bayi Anda memiliki selera makan yang baik tentunya tumbuh kembangnya akan berjalan sangat baik.

Waktu yang Tepat untuk Makan Cemilan Bagi Bayi Usia 11 Bulan
Memberikan cemilan bagi si kecil tentunya tidak bisa diberikan sembarangan. Anda perlu memberikannya pada waktu yang tepat agar nutrisinya dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Untuk menentukan kapan waktu yang tepat memberikan cemilan, Anda bisa menyesuaikannya dengan jadwal makan bayi Anda.

Selain disesuaikan dengan jadwal makan, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan jadwal tidurnya.

Berikut adalah contoh mengatur jadwal makan dan jadwal makan cemilan bayi 11 bulan:
- Makan pagi dan ASI jam 07.00
- Makan cemilan buah atau biskuit jam 09.00
- Makan siang jam 12.00
- Tidur siang jam 13.30 sampai 16.00
- Mandi sore jam 16.00 setelah bangun tidur
- Makan cemilan berat seperti bubur kacang atau kentang rebus jam 17.00

Selain jadwal tersebut, Anda juga dapat membuat jadwal makan bayi sendiri. Namun jangan lupa untuk memperhatikan variasi menu yang diberikan pada si kecil setiap harinya agar bayi Anda tidak merasa bosan.

Hal ini menjadi hal yang penting karena jika bayi sudah merasa jenuh dan bosan dengan menu makanannya, ia akan mulai malas untuk makan dan dapat menghambat pertumbuhannya. Maka dari itu Anda perlu mengkombinasikan cemilannya setiap hari seunik dan semenarik mungkin.

Mengenali Alergi Makanan Pada Bayi 11 Bulan
Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki alergi, bayi usia 11 bulan pun bisa memiliki alergi pada makanan tertentu. Untuk itu, agar makanan yang Anda berikan tepat, Anda perlu mengenali jenis makanan yang dapat membuat bayi Anda alergi.

Beberapa makanan yang bisa membuat bayi alergi di antaranya adalah telur, susu sapi, kacang-kacangan, ikan, dan jenis seafood seperti cumi dan udang. Selain itu, perhatikan pula asupan garam dan gula yang terdapat dalam makanan bayi agar gizi yang masuk tetap seimbang.

Untuk cemilan bayi 11 bulan, jangan berikan gula dan garam terlalu sering karena dapat memberikan efek buruk untuk pencernaan bayi Anda. Kelebihan gula dapat membuat metabolisme pada tubuh bayi menjadi terganggu.

Memilih cemilan bayi 11 bulan tentunya bukan hanya sekedar enak dan tidaknya saja, tapi juga harus diperhatikan keseimbangan gizi dan nutrisinya. Selain itu, perhatikan pula makanan yang bisa memungkinkan bayi Anda menu cemilan yang Anda berikan tidak salah.

15 Cemilan Bayi 11 Bulan yang Aman dan Sehat buat Bayi