15 Cemilan Bayi 7 Bulan yang Aman dan Sehat untuk Bayi

Makanan penunjang ASI untuk bayi 7 bulan diperlukan untuk menyeimbangkan tumbuh kembangnya. Cemilan bayi 7 bulan tersebut haruslah berasal dari bahan alami yang aman untuk si kecil. Anda perlu memilah sekian macam bahan yang ada dan mengolahnya sekreatif mungkin sebelum memberikannya pada bayi.

Cemilan hendaknya mengandung nutrisi yang baik. Selain biskuit atau produk buatan pabrik lain, Anda dapat mencoba membuat cemilan bayi ini. Karena semakin minim bahan pengawet yang digunakan maka semakin baik untuknya.

cemilan bayi usia 7 bulan, cemilan bayi, cemilan bayi umur 7 bulan, cemilan, bayi 7 bulan, bayi, makanan bayi

15 Cemilan Bayi 7 Bulan yang Mudah Dibuat
1. Tim Alpukat
Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak sehat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Selain itu buah ini juga dapat melancarkan dan mempermudah pencernaan makanan. Anda dapat membuat sajian tim alpukat dengan campuran susu di dalamnya.

Kukus alpukat yang telah di bersihkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang, potong alpukat menjadi beberapa bagian dan tuang susu ASI atau susu formula yang biasa dikonsumsi bayi. Aduk rata hingga menjadi bubur tim alpukat yang lembut.

2. Wortel Kukus
Cemilan bayi 7 bulan nomor dua adalah wortel kukus atau wortel rebus. Cemilan ini berfungsi sebagai kudapan perangsang pertumbuhan gigi si kecil. Cara membuatnya hanya dengan membersihkan wortel dan kukuslah selama beberapa saat hingga matang.

Baca juga:
12 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Disukai Bayi Sehat dan Bergizi
14 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Bergizi, Bagus untuk Kesehatan
10 Cemilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan Bisa Dibuat Sendiri

3. Mangga
Rasa mangga yang manis acap kali menjadi cemilan bayi 7 bulan favorit bayi. Buah tropis ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan bayi. Anda cukup mengupas mangga sampai bersih dan memotongnya seukuran dadu.

4. Kentang Rebus
Sayuran yang sarat akan kalsium dan karbohidrat ini dapat Anda rebus sebagai cemilan bayi 7 bulan. Kentang harus direbus hingga matang dan empuk. Selain rebusan kentang, Anda dapat mencoba mash potato yang yummy.

5. Brokoli Rebus
Brokoli seringkali menjadi sayuran yang tak disukai si kecil. Maka dari itu, Anda perlu membiasakan bayi untuk mengonsumsi sayur jenis ini sedini mungkin. Hal tersebut penting dilakukan karena brokoli mengandung potasium, vitamin K, folat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

Selain direbus, brokoli yang diblender bersama jus jeruk juga dapat dicoba. Pemberian jus jeruk baik sebagai cemilan bayi 7 bulan asal tidak diberi gula berlebihan. Antara brokoli rebus dan jus brokoli jeruk sama baiknya bagi bayi.

6. Apel Rebus
Vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan mineral yang ada di setiap buah apel baik untuk menjaga imunitas dan kecerdasan otak bayi. Selain itu pertumbuhan gigi dan tulangnya dapat berkembang baik bila banyak mengonsumsi apel. Anda mulai dapat mengenalkan si kecil pada apel sebelum ia berumur 7 bulan.

Caranyapun tak berbeda dari sajian kukus cemilan bayi 7 bulan lainnya. Cuci bersih apel dan potong dadu, lalu rebus hingga lunak. Jangan berikan apel secara langsung tanpa direbus terlebih dahulu karena bayi belum cukup mampu untuk mengunyahnya.

7. Jeruk
Buah yang satu ini juga baik karena memiliki banyak vitamin dan serat. Kupas dan bersihkan jeruk hingga ke bulirnya, lalu suapkanlah ke si kecil. Pemberian jeruk ini dapat melatih indera perasa bayi untuk mengenal banyak jenis makanan dan rasa.



8. Pepaya
Cemilan bayi 7 bulan ini dapat dimulai dengan memotong pepaya yang matang seukuran dadu agar mudah diraih si kecil. Buah pepaya banyak direkomendasikan sebagai cemilan oleh dokter dan pakar kesehatan lain. Manfaat buah pepaya yaitu dapat mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan bayi.

9. Bubur Buah Naga Merah dan Apel
Buah naga merah mengandung fosfor, serat, vitamin, kalsium, dan tentu saja air yang tinggi. Anda dapat membuat cemilan bayi 7 bulan ini dengan memilih buah naga yang warnanya tua. Semakin berwarna buah naga tersebut, maka nutrisi didalamnya juga makin banyak.

Kupas buah naga merah dan apel, lalu campurkan dengan air hangat. Campuran apel dan buah naga merah tersebut harus sama banyak. Blender semua bahan menjadi satu agar lembut seperti bubur.

10. Bubur Pisang dan Buah Naga
Olahan bubur selanjutnya adalah perpaduan antara pisang dan buah naga. Buah naga yang digunakan bisa yang merah atau putih, tergantung selera. Sediakan bahan yang terdiri dari pisang, buah naga, dan air atau susu, bisa berupa ASI atau susu formula bayi.

Pisang yang dipakai bisa berupa pisang ambon. Potong buah yang diperlukan dan rebus sampai lembut. Setelah matang, maka haluskan buah-buahan tersebut dan berikan air atau susu yang sudah disiapkan sebesar 100 hingga 200 ml.

11. Pisang
Jika poin sebelumnya menyebutkan tentang olahan pisang, maka di nomor ini pisang saja dapat menjadi cemilan bayi 7 bulan. Pisang cocok untuk bayi karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Selain itu vitamin, magnesiaum, kalsium, dan kandungan lainnya juga baik untuk tumbuh kembang si kecil.

12. Buncis Rebus
Kembali ke sayuran, buncis rebus adalah cemilan yang sehat untuk bayi. Anda akan dapat dengan mudah menemukan sayuran jenis ini di pasar maupun supermarket. Potong buncis menjadi dua lalu rebus hingga empuk.

13. Strawberry
Buah yang memiliki rasa asam ini dapat melatih bayi untuk mengecap rasa lain selain manis. Pilih buah yang telah matang atau berwarna merah segar. Apabila si kecil belum bisa mengunyah dengan baik, maka kukus sebentar stroberi hingga lunak.

14. Bubur Kacang Hijau
Kacang hijau baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan bayi. Olahan bubur kacang hijau mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, dan zat besi. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di luar asalkan cukup higienis untuknya.

15. Momsicle
Momsicle adalah es krim yang terbuat dari ASI yang dibekukan. Pemberian momsicle ini memang masih jarang dilakukan di Indonesia, namun bukan berarti hal tersebut dilarang. Bayi boleh saja diberi es atau cemilan dingin lainnya selama ia dalam keadaan fit dan sehat.

Pilih Bahan Alami dan Ringan
Seperti namanya, cemilan, maka bahan yang diolah harusnya ringan. Tidak terlalu mengenyangkan, dan aman dikonsumsi. Cemilan yang sehat adalah cemilan yang berasal dari bahan alami dan tidak mengandung penyedap rasa.

Bahan alami adalah pilihan yang wajib. Namun, dengan memberikan cemilan yang dibuat sendiri bukan berarti bayi sama sekali tidak boleh mengonsumsi cemilan buatan pabrik.

Biskuit bisa menjadi makanan pendamping ASI. Namun, karena cemilan tersebut bukan olahan pribadi dan merupakan produksi massal dari pabrik, maka pengawet dan bahan non alami lain pasti dibubuhkan di dalamnya. Maka dari itu, pemberian biskuit bayi perlu dikurangi dan sebaiknya tidak dijadikan cemilan sehari-harinya.

Sebisa mungkin meminimalisir pemberian garam dan gula dalam kudapan bayi. Pemberian gula dan garam bagi bayi di bawah 7 bulan masih belum tepat. Perbanyak saja buah dan sayur dengan variasi setiap harinya.

Selain itu, nutrisi yang terkandung di cemilan yang Anda buat juga harus tepat sasaran. Sesuaikan dengan usia bayi. Jangan berikan cemilan yang belum sesuai dengan umurnya.

Fokus Dengan Manfaatnya
Manfaat dari cemilan bayi 7 bulan adalah hal yang penting yang menjadi perhatian orang tua. Jika Anda ingin memfokuskan diri pada imunitas datau daya tahan tubuh, maka olahlah bahan yang memiliki manfaat tersebut. Misalnya saja kacang hijau yang terdapat flavonoid yang dapat berguna sebagai anti mikroba.

Karena cemilan ini ditujukan bagi bayi di bawah 7 bulan, maka sesuaikan pula dengan kemampuan si kecil di umur itu. Jangan berikan makan cemilan yang berasal dari ayam, daging, atau ikan karena belum saatnya ia makan makanan tersebut. Bayi tidak akan mau memakannya.

Memang variasi cemilannya tak banyak. Sebagian besar hanyalah sajian kukus atau rebus. Namun memang begitulah seharusnya bayi 7 bulan menyantap kudapannya.

Lebih dari apapun, cemilan yang berasal dari buatan rumah akan lebih berarti bagi bayi. Apalagi jika si ibu yang membuatnya secara langsung. Selain itu ibu yang menyuapinya dengan telaten juga dapat mengembangkan rasa nyaman pada bayi.

Cemilan di sini hanya berfungsi sebagai pendamping ASI. Maka dari itu air susu ibulah yang menjadi konsumsi utama bayi. Bukan karena Anda telah memberikan cemilan bayi 7 bulan itu maka Anda tak perlu melanjutkan pemberian ASI-nya.

15 Cemilan Bayi 7 Bulan yang Aman dan Sehat untuk Bayi