14 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Bergizi, Bagus untuk Kesehatan

Sangat penting bagi seorang ibu untuk selalu memperhatikan makanan yang di konsumsi oleh bayi 9 bulan. Pada usia tersebut, si kecil membutuhkan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya. Cemilan bayi berusia 9 bulan sangat bervariasi.

Pemberian makanan tambahan bagi si kecil harus disesuaikan dengan usia dan kondisi pencernaannya. Bayi yang baru berumur 1 bulan hanya bisa mengkonsumsi ASI karena saat itu kondisi pencernaannya masih dalam tahap perkembangan.

cemilan bayi 9 bulan, cemilan bayi, makanan bayi 9 bulan, makan ringan bayi 9 bulan, cemilan bayi sembilan bulan, cemilan bayi bergizi, cemilan bayi sehat,cemilan bayi

14 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Bergizi dan Bernutrisi
Tambahan makanan bagi si kecil harus disesuaikan dengan usia agar pencernaannya dapat menerima makanan yang masuk. Seiring bertambahnya usia, seorang bayi akan memerlukan makanan tambahan selain ASI agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

ASI memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil, akan tetapi bagi bayi yang berusia 9 bulan hal itu belumlah cukup. Bayi 9 bulan memerlukan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan bayi yang berusia dibawah 5 bulan.

Sebagai seorang ibu, Anda harus mengetahui makanan tambahan apa saja yang mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil agar dia dapat tumbuh kembang dengan baik. Berikut ini akan dipaparkan beberapa jenis makanan tambahan yang dapat Anda berikan kepada buah hati.

Baca juga:
10 Cemilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan Bisa Dibuat Sendiri
15 Cemilan Bayi 11 Bulan yang Aman dan Sehat buat Bayi
13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan yang Sehat dan Bergizi 

1. Tim Alpukat
Salah satu makanan tambahan yang dapat Anda jadikan cemilan bayi berusia 9 bulan adalah buah alpukat. Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah alpukat memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dapat berguna bagi tumbuh kembang si kecil.

Cara menyajikan buah yang memiliki biji berukuran besar ini tidaklah sulit, cukup dengan mengukus buah alpukat selama 10 menit kemudian dicampurkan ke dalam ASI atau susu formula. Tekstur buah alpukat yang lembut memudahkan buah hati untuk mencernanya.

2. Wortel Rebus atau Kukus
Wortel rebus atau kukus memiliki banyak manfaat bagi tubuh si kecil karena memiliki berbagai kandungan gizi, nutrisi dan vitamin. Anda dapat memberikan wortel rebus kepada si kecil sebagai cemilan bayi berusia 9 bulan.  Wortel rebus dapat merangsang pertumbuhan gigi buah hati Anda.

3. Bubur dari Susu Apel
Makanan tambahan untuk si kecil harus memiliki tekstur yang lembut agar mudah dicerna. Apel memiliki kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan buah hati. Jika dalam bentuk utuh bayi tidak mampu memakannya, maka harus dirubah cara penyajiannya.

Salah satu cara penyajian apel agar mampu dikonsumsi dan dicerna oleh bayi adalah dengan membuat bubur dari susu apel. Cara membuatnya tidaklah sulit, cukup dengan menghaluskan apel dan kemudian dicampurkan dengan susu.

4. Tahu Kukus
Salah satu makanan yang dapat dijadikan cemilan bayi berusia 9 bulan adalah tahu. Anda dapat mencuci tahu tersebut dengan air bersih, kemudian mengukusnya terlebih dahulu sebelum disajikan kepada si kecil.

5. Pepaya
Anda dapat memberikan pepaya yang sudah matang kepada buah hati untuk disajikan sebagai cemilan bayi berusia 9 bulan. Buah pepaya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil. Buah pepaya berkhasiat untuk memperlancar buang air besar bagi si kecil.

6. Mangga
Mangga dapat dijadikan sebagai cemilan bayi berusia 9 bulan karena mengandung nutrisi yang cukup penting bagi bayi. Anda dapat memberikan buah mangga yang telah matang dan memiliki rasa manis kepada si kecil.

7. Kentang Rebus atau Kukus
Pengolahan kentang untuk cemilan bayi berusia 9 bulan dapat dengan cara dikukus atau direbus. Kentang memiliki kandungan karbohidrat, kalsium dan nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi Anda.


8. Bubur Kacang Hijau
Cemilan bayi berusia 9 bulan yang selanjutnya adalah bubur kacang hijau. Anda dapat membuat bubur kacang hijau untuk makanan tambahan bayi atau bisa juga dijadikan sebagai menu utama bagi si kecil.

9. Pisang
Buah lain yang dapat dijadikan sebagai makanan tambahan bagi si kecil adalah pisang. Buah yang berwarna kuning tersebut memiliki kandungan kalsium, magnesium, vitamin dan zat gizi lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

10. Ubi Ungu Keju
Ubi ungu dapat dijadikan sebagai cemilan bayi berusia 9 bulan sebagai pendamping ASI. Adapun cara untuk menyajikannya yaitu dengan mengukus ubi ungu kemudian menghaluskannya dan dicampurkan dengan keju sehingga akan lebih mudah dicerna oleh bayi.

11. Perkedel
Perkedel merupakan makanan yang menggunakan kentang sebagai bahan bakunya. Perkedel dapat dijadikan sebagai makanan tambahan bagi buah hati. Anda dapat menambahkan daging ayam ataupun daging sapi giling ke dalam perkedel agar rasanya lebih nikmat.

12. Buncis Kukus
Buncis merupakan sayuran yang kerap kali digunakan untuk membuat sayur sop. Adapun cara menyajikannya pada si kecil yaitu dengan memotong buncis menjadi dua bagian agar dia dapat dengan mudah menjangkau menggunakan mulutnya.

13. Buah Naga
Anda dapat mengenalkan buah naga kepada si kecil dengan mencoba untuk memberikannya sedikit demi sedikit. Buah naga memiliki berbagai kandungan yang dapat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi. Ketika si kecil mengkonsumsi buah naga, maka fesesnya akan berwarna merah.

14. Strawberry
Strawberry merupakan salah satu buah yang sangat populer. Anda dapat memberikan strawberry kepada si kecil untuk memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Adapun cara menyajikannya, dapat dilakukan secara langsung atau dengan mengukusnya terlebih dahulu.

Panduan Cemilan Sehat Bagi Si Kecil
Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan menu makan si kecil. Sangat penting untuk memberikan cemilan sehat bagi buah hati. Berikut ini akan dipaparkan beberapa poin mengenai panduan cemilan sehat bagi si kecil.

1. Jadikan Sayuran sebagai Cemilan
Sayuran tidak hanya dapat dijadikan sebagai menu utama, namun dapat dijadikan juga sebagai menu sampingan yaitu dengan merebus atau mengukusnya terlebih dahulu. Kemudian sayuran yang telah direbus atau dikukus tersebut diberikan kepada bayi disela-sela aktivitasnya agar dijadikan cemilan.

2. Jadikan Buah sebagai Cemilan
Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh bayi. Kandungan vitamin dan berbagai nutrisi yang terdapat pada buah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, buah-buahan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil.

3. Pilihlah Cemilan yang Mengandung Banyak Nutrisi
Ada banyak pilihan cemilan yang dapat Anda berikan untuk si kecil, namun pastikan bahwa makanan tersebut mengandung banyak nutrisi. Seorang bayi sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi agar dapat tumbuh kembang dengan baik.

Tips Memilih Cemilan yang Tepat untuk Bayi
Seorang ibu yang baru memiliki buah hati belum mengetahui cara memilih cemilan yang tepat untuk bayi. Apabila Anda memberi cemilan yang tidak tepat pada si kecil, maka dia akan menolak untuk memakan makanan tersebut. Berikut ini akan dipaparkan tips memilih cemilan yang tepat untuk bayi.

1. Ukuran Makanan Pas di Tangan Anak
Kegiatan ngemil tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi, namun kegiatan tersebut juga mampu menstimulasi kemampuan motorik dan melatih self-feeding skill. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan ukuran makanan yang pas di tangan si kecil.

Pastikan bahwa ukuran makanan tidak terlalu kecil untuk digenggam oleh si kecil dan tidak terlalu besar agar makanan dapat masuk dengan pas ke dalam mulutnya. Pada intinya, Anda harus menyediakan ukuran makanan yang ideal bagi si kecil.

2. Makanan Kaya akan Nutrisi
Jangan pernah memberikan makanan yang tidak memiliki kandungan gizi ataupun nutrisi kepada si kecil karena hal tersebut dapat membuatnya jatuh sakit. Seorang bayi membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. 

3. Mudah Hancur di Mulut
Pada umumnya bayi yang berusia 9 bulan baru memiliki dua buah gigi di bagian bawah sehingga dia belum mampu mengunyah makanan dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan makanan yang lembut dan mudah hancur ketika masuk ke dalam mulut.

Demikianlah penjelasan mengenai cemilan bayi berusia 9 bulan. Ada banyak cemilan yang dapat diberikan kepada bayi berusia  bulan. Namun sebagai orang tua, Anda tetap harus memperhatikan nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang di konsumsi oleh buah hati.

14 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Bergizi, Bagus untuk Kesehatan