12 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Disukai Bayi Sehat dan Bergizi

Bertambahnya usia bayi tentu berpengaruh terhadap asupan gizi yang diberikan kepada bayi. Selain mendapatkan ASI dan susu formula, bayi usia 9 bulan juga membutuhkan asupan gizi lain berupa cemilan bayi usia 9 tahun yang sehat dan bergizi tinggi.

Anda dapat membuat cemilan dari bahan dasar sayuran maupun buah-buahan yang kaya akan vitamin. Selain itu, Anda juga dapat memberikan cemilan lain berupa makanan yang lunak seperti finger foods agar memudahkan bayi dalam menggigit dan menelan cemilan tersebut.

cemilan bayi usia 9 bulan, cemilan bayi 9 bulan, cemilan bayi, cemilan bayi umur 9 bulan, cemilan, makanan ringan untuk bayi, makanan bayi 9 bulan

Tekstur Cemilan untuk Bayi Usia 9 Bulan
Dalam memberikan asupan gizi yang baik untuk bayi, Anda perlu memperhatikan tekstur makanannya. Bayi usia 9 tahun memang sudah diperkenankan dengan makanan selain ASI atau susu formula.

Namun, jangan sampai memberikan makanan yang sifatnya padat dan susah untuk dicerna. Berilah makanan yang padat namun teksturnya lembut agar memudahkan bayi saat menelan. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung tekstur lembut yang cocok untuk bayi:

Anda dapat memberikan makanan yang sedikit lebih padat seperti nasi dengan tekstur lembut dicampur dengan sayuran yang telah dimasak agar lebih bervariasi.

Baca juga:
14 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Bergizi, Bagus untuk Kesehatan 
10 Cemilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan Bisa Dibuat Sendiri 
15 Cemilan Bayi 11 Bulan yang Aman dan Sehat buat Bayi

Anda juga dapat membuat cemilan bayi usia 9 bulan dengan potongan sayuran yang kecil serta buah-buahan yang memiliki tekstur lembut. Sayuran seperti kembang kol maupun brokoli juga baik diberikan kepada bayi. Anda juga dapat menambahkan wortel yang dipotong kecil-kecil sebagai tambahan vitamin untuk bayi.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan cemilan yang dapat dipegang oleh tangan bayi. Hal tersebut dapat melatih bayi agar bisa makan sendiri. Cemilan seperti roti yang lembut serta beragam buah yang mudah dikunyah dapat Anda berikan kepada bayi agar bisa merangsang gigi dan struktur lidah bayi.

Berbagai Cemilan Sehat dan Bergizi Untuk Bayi Usia 9 Bulan
Cemilan bayi usia 9 bulan sangat bervariasi. Meskipun sudah diberikan ASI maupun susu formula, bayi juga memerlukan asupan gizi yang terdapat dalam makanan agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Selain berupa makanan finger foods yang kecil dan mudah ditelan, Anda juga dapat tetap memberikan asupan gizi dengan bubur yang dimix dengan aneka sayuran yang bergizi.

Selain beberapa cemilan berupa bubur yang dimix dengan sayuran, Anda juga dapat membuat cemilan yang lebih bervariasi lagi menggunakan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Berikut ini beberapa cemilan bayi usia 9 tahun yang dapat Anda buat sendiri di rumah:

1. Bubur tim daging keju dan beras merah
Untuk bayi usia 9 bulan, bubur memang salah satu makanan yang disukai bayi. Agar bubur lebih bervariasi campurkan daging dan keju sehingga rasanya lebih nikmat dan tidak membuat bayi bosan.

Selain bubur tim keju, Anda juga dapat membuat bubur daging beras merah yang disukai bayi. Anda hanya tinggal mencampurkan beras merah yang sudah direbus matang dengan daging giling dan juga sayuran meliputi wortel, tomat, bayam, seledri serta tambahkan sedikit keju.

2. Bubur Kentang Tahu dan beras tuna sayur
Anda juga dapat membuat bubur dengan menggunakan kentang yang dicampur tahu. Selain memiliki tekstur yang lembut, kentang dan tahu juga kaya akan karbohidrat yang baik untuk bayi sehingga dapat tumbuh secara optimal.

Sayuran menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membuat cemilan bayi usia 9 bulan yang penting untuk pertumbuhan bayi. Anda dapat membuat bubur dengan campuran berbagai macam sayuran dan juga ikan tuna yang sangat baik untuk bayi karena memiliki kandungan vitamin yang penting bagi kecerdasan otak bayi.


3. Bubur dari susu apel
Selain bubur yang dibuat dari beras, Anda dapat membuat variasi bubur dengan menggunakan buah apel yang dihaluskan dan dicampur dengan susu. Ini sangat mudah dibuat tanpa memerlukan bahan yang banyak.

4. Cemilan tahu sayur
Cemilan ini sangat disukai bayi karena tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan tahu dengan aneka sayuran seperti wortel yang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk pertumbuhan bayi.

5. Semur tahu daging
Selain tahu sayur, Anda juga dapat membuat semur tahu daging agar lebih bervariasi. Cara membuatnya juga sangat mudah dengan mencampurkan tahu dan daging yang sudah dihaluskan kemudian campur dengan sedikit air.

6. Campuran buah Avokad dan jeruk
Anda juga dapat membuat variasi cemilan bayi 9 bulan dengan buah-buahan seperti avokad dan jeruk. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan memblender avokad kemudian campurkan dengan sedikit perasan air jeruk agar rasanya lebih enak.

7. Cemilan perkedel
Selain sebagai makanan untuk orang dewasa, perkedel juga dapat diberikan kepada bayi untuk cemilan. Anda hanya perlu menambahkan sedikit campuran daging sapi yang sudah digiling dan juga wortel agar rasanya lebih nikmat.

8. Ubi keju ungu
Ternyata ubi ungu juga dapat diberikan kepada bayi sebagai cemilan bayi usia 9 bulan. Ubi memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh bayi. Anda hanya tinggal mencampurkan ubi ungu yang telah dihaluskan dengan parutan keju kemudian aduk rata dan sajikan.

9. Sup ikan tuna
Sayuran yang ditambah dengan ikan tuna juga sangat disukai bayi. Anda dapat membuat cemilan ini sebagai pengganti bubur hanya dengan mencampurkan berbagai macam sayuran dengan ikan tuna yang kaya akan DHA untuk perkembangan kecerdasan otak.

10. Bola nasi sayur
Anda juga dapat membuat camilan yang bervariasi dengan bahan dasar nasi yang lembek. Kemudian campurkan dengan wortel yang sudah diparut, tahu dan telur ayam kampung. Setelah tercampur, buatlah bola-bola kecil dan sajikan untuk bayi Anda.

11. Nasi brokoli salmon
Selain nasi sayur, Anda juga dapat membuat nasi yang dicampur dengan brokoli dan ikan salmon yang memiliki kandungan DHA tinggi agar perkembangan bayi semakin optimal.

12. Nasi brokoli
Cemilan bayi usia 9 bulan lainnya adalah nasi brokoli. Cemilan ini juga sangat mudah dibuat dan hanya menggunakan bahan dasar nasi lembek yang dicampurkan dengan brokoli yang diiris kecil-kecil, kemudian sajikan kepada bayi.

Berbagai cemilan di atas dapat Anda buat dengan mudah serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi Anda.

Cemilan yang Dilarang Diberikan Kepada Bayi Usia 9 Bulan
Meskipun bayi usia 9 bulan sudah dibolehkan memakan cemilan selain bubur, namun tidak semua makanan dapat diberikan kepada bayi. Sebaiknya saat bayi berusia 9 bulan hindari memberikan makanan-makanan sebagai berikut:

1. Selai kacang
Kacang memang memiliki kandungan protein dan postasium yang baik untuk pertumbuhan bayi, namun cemilan jenis ini sebaiknya jangan diberikan kepada bayi karena memiliki tekstur yang lengket yang dapat berakibat pada timbulnya plak pada gigi bayi.

2. Kacang utuh
Selain selai, kacang utuh juga sebaiknya jangan diberikan sebagai cemilan bayi usia 9 bulan. Kacang mempunyai ukuran yang besar sehingga akan membuat bayi kesulitan saat menelan cemilan tersebut. Ini juga dapat berakibat pada kerusakan gigi bayi.

3. Putih telur
Selain kacang-kacangan, putih telur juga tidak baik dikonsumsi bayi usia 9 bulan. Terdapat banyak bakteri yang berbahaya yang dapat menyebabkan bayi terserang penyakit, khususnya penyakit perut.

4. Jus buah dalam kemasan
Jus buah sebenarnya mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, hindari jus buah kemasan yang biasa dijual di toko-toko atau warung. Jus buah dalam kemasan mengandung pengawet yang berbahaya bagi pencernaan bayi.

5. Madu
Madu juga tidak baik dikonsumsi untuk bayi usia 9 tahun. Madu mengandung spora yang dapat myebabkan infeksi dalam tubuh bayi. Sebaiknya, hindari memberikan madu pada bayi Anda agar bayi Anda tetap sehat.

Itulah berbagai cemilan yang baik untuk bayi dan juga yang harus dihindari. Agar bayi Anda tumbuh dengan optimal, berilah dia ASI atau susu formula yang cukup serta makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh bayi. Cemilan bayi usia 9 bulan di atas dapat Anda jadikan referensi untuk membuat cemilan yang mudah tanpa memerlukan banyak bahan dan juga waktu yang lama.

12 Cemilan Bayi 9 Bulan yang Disukai Bayi Sehat dan Bergizi