10 Cemilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan Bisa Dibuat Sendiri

Memasuki umur 10 bulan, bayi mulai bisa belajar merangkak dan tumbuh gigi. Pertumbuhan gigi tersebut perlu dibarengi dengan nutrisi seimbang berupa makanan utama dan camilan. Terdapat beragam jenis cemilan sehat untuk bayi 10 bulan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Cemilan disini berfungsi sebagai makanan pendamping bayi. Makanan-makanan yang dipotong kecil dengan campuran beberapa jenis buah dapat Anda coba pada si kecil. Namun, pastikan kandungan gizinya pas dan seimbang agar bayi tidak tumbuh dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

cemilan bayi, cemilan bayi 10 bulan, cemilan sehat untuk bayi, cemilan sehat untuk bayi 10 bulan, makanan ringan untuk bayi, cemilan bayi umur 10 bulan, cemilan, bayi

Cemilan Sehat Sederhana bagi Si Kecil
Anda dapat mulai mengolah cemilan sehat sederhana yang menunjang pertumbuhan si kecil. Buah dan sayur adalah bahan makanan alami yang cocok untuknya. Dikombinasikan dengan jenis makanan yang lain, pastinya dapat membuat nafsu makan bayi bertambah.

1. Agar-Agar Sari Buah
Sesuai dengan namanya cemilan sehat untuk bayi 10 bulan ini bahan dasarnya adalah agar-agar. Agar-agar yang digunakan adalah yang berjenis hambar atau tanpa rasa. Tambahkan pula perasan jeruk, air putih, jus mangga, dan sedikit gula untuk memperkaya rasa.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu bungkus agar-agar tersebut dengan setengah sendok makan gula, segelas jus mangga, setengah gelas perasan jeruk, dan dua gelas air putih. Masak hingga mendidih. Jika sudah matang maka masukkan ke dalam cetakan lucu agar bayi tertarik untuk makan.

Baca juga:
15 Cemilan Bayi 11 Bulan yang Aman dan Sehat buat Bayi
13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan yang Sehat dan Bergizi
Begini Cara Tengkurapkan Bayi agar Tidak Cedera dan Aman

2. Bubur Apel dan Labu
Bahan yang perlu Anda siapkan disini adalah 2 cangkir apel tanpa biji yang telah dicincang, secangkir labu yang dipotong dadu, air putih, dan kayu manis secukupnya. Mulai dengan mencampurkan semua bahan ke dalam panci dan masak dengan api kecil. Tunggu hingga apel dan labu menjadi empuk, lalu dinginkan dan hancurkan hingga teksturnya selembut bubur.

3. Bubur Ayam dan Apel
Cemilan sehat untuk bayi 10 bulan berikutnya adalah bubur apel dan labu. Apel rupanya menjadi primadona untuk bayi. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk si kecil.

Siapkan sepertiga cangkir ayam tanpa tulang yang telah dimasak sampai matang, seperempat apel yang telah dimasak sampai empuk, kayu manis dan wortel secukupnya. Campurkan semua bahan menjadi satu lalu blenderlah. Haluskan lagi jika hasilnya belum maksimal dan tambahkan sedikit air jika teksturnya terlalu tebal.

4. Banana Cheese Cake
Variasi lain dalam cemilan sehat untuk bayi 10 bulan yaitu cheese cake berbahan dasar pisang. Bahan utamanya tentu saja satu buah pisang berjenis pisang ambon, 2 butir kuning telur, dua sendok makan olive oil, 100 gram oat, keju, dan kismis sebagai topping. Cara membuatnya sama seperti pembuatan kue pada umumnya.

Kocok terlebih dahulu kuning telur hingga mengembang, lalu campurkan pisang ambon, oat, dan olive oil, dan aduk jadi satu. Setelah rata, masukan adonan tersebut pada loyang dan beri taburan keju dan kismis di atasnya. Masak di double pan selama kurang lebih 10 menit, dan banana cheese cake siap disajikan.

5. Puding Biskuit
Anda yang memiliki banyak stok biskuit di rumah namun bingung mengolahnya, resep yang satu ini mungkin bisa dicoba. Bahan cemilan sehat untuk bayi 10 bulan ini antara lain satu sendok makan agar-agar putih, 2 buah biskuit, dan air mineral. Masak agar-agar dan biskuit yang telah diremukkan, aduk hingga merata, dan masukkan adonan dalam cetakan.

6. Apple Oat Cookies
100 gram oat, 50 gram mentega, 70 gram tepung terigu, jus apel, dan kismis adalah bahan-bahan untuk membuat cemilan sehat untuk bayi 10 bulan yang satu ini. Campurkan semua bahan menjadi satu (tanpa kismis) dan aduk sampai rata. Cetak menggunakan cetakan kukis dan taburi kismis di tiap kepingnya, lalu masak dalam oven selama 15 menit.

7. Carrot Cake
Bagi Anda orang tua yang sedang belajar menanamkan kegemaran makan sayur sejak kecil, maka cemilan sehat untuk bayi 10 bulan ini jawabannya. Carrot cake atau kue wortel memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan mata bayi. Mulai dari vitamin A, B, C , E, K, beta karoten, protein, hingga karbohidrat terkandung di wortel.

Yang dibutuhkan dalam membuat olahan ini adalah wortel yang sudah dikukus, 2 butir kuning telur, 100 gram oat, 3 sendok takar sufor, dan 2 sendok makan olive oil. Kocok telur tersebut sebelum mencampurkannya dengan semua bahan lain. Tuang ke cetakan yang telah diolesi mentega, taburi dengan keju parut, dan panaskan dengan oven selama kurang lebih 15 menit.


8. Puding Beras Merah dengan Saus Apel
Makanan ini tergolong dalam cemilan yang empuk dan kenyal, sehingga memungkinkan bayi mengunyah dengan mudah. Sediakan satu sendok makan tepung beras organik, satu sendok makan agar-agar plain, jus apel, air, dan susu kedelai untuk membuat pudingnya. Sedang untuk saus apelnya siapkan sebuah apel yang telah diblender dengan air matang, dan satu sendok tepung maizena.

Masak bahan untuk pudingnya seperti membuat agar-agar biasa hingga matang. Setelah mendidih, tambahkan susu kedelai, aduk rata dan tuang dalam cetakan. Untuk saus apelnya, Anda perlu mencampurkan kedua bahan dan masak di api sedang hingga mengental.

9. Pudding Yoghurt Apel Pir
Cemilan sehat untuk bayi 10 bulan ini tergolong sangat segar karena menggabungkan buah-buahan dan yoghurt. Cara membuatnyapun simpel. Anda hanya memasak bahan yang terdiri dari agar-agar putih, sebuah apel, sebuah pir, 5 sendok makan yoghurt plain, dan air putih.

10. Bubur Bayam Manis
Kembali ke sayuran sebagai menu utama, Anda perlu 3 takar bayam, sebuah pisang, dan air. Kukus bayam tersebut selama kurang lebih 6 menit sampai layu. Campurkan bayam tersebut dengan pisang dan air lalu blender.

Bahan Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bayi
Kendati banyak bahan bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk bayi 10 bulan, ada pula bahan yang harus dihindari. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bayi ini boleh jadi berhubungan dengan nutrisi yang mereka perlukan. Anda tidak boleh asal mencampurkan berbagai jenis bahan makanan karena bayi memerlukan pengawasan ekstra dalam memilah makanan.

Bahan Makanan yang tak boleh dikonsumsi antara lain:
1. Makanan berkalori dan lemak rendah, namun tinggi serat
2. Telur yang tidak matang
3. Biji-bijian yang tidak diolah
4. Garam dan penyedap rasa
5. Ikan yang memiliki banyak duri dan ikan mentah
6. Gula Berlebihan

Puding dan Buah Pilihan Terbaik
Sebaik-baiknya bahan makanan sebagai cemilan sehat untuk bayi 10 bulan adalah buah. Buah yang diolah menjadi puding adalah pilihan yang paling tepat. Kandungan buah dan teksturnya yang lembut menjadi alasan utamanya.

Beberapa buah yang dapat dimanfaatkan selain yang disebut di atas adalah pepaya, nanas, jeruk, dan melon. Buah tersebut mengandung anti oksidan yang baik bagi pertumbuhannya. Selain itu kandungan mineral, lemak, karbohidrat, dan protein juga dipertimbangkan matang-matang.

Di usia 10 bulan, gigi-gigi kecil akan tumbuh dan sering kali membuat bayi gatal. Kesempatan itulah yang dapat Anda manfaatkan untuk memberikan makanan pendamping. Bayi akan cenderung penasaran dengan jenis makanan baru terlebih jika Anda ikut memakannya.

Anda dapat mulai melatih menjajalkan makanan itu dengan membiarkannya makan sendiri. Tunggu hingga 3 hari sebelum memberikan cemilan lain. Hal itu dilakukan untuk mengenali apabila si kecil memiliki jenis alergi pada bahan makanan tertentu.

Jangan lupa awasi si kecil saat ia makan cemilannya. Gunakan pula peralatan makan yang aman dan tidak tajam. Bentuk piring atau gelas yang lucu bisa menambah semangat bayi Anda saat melihatnya.

Apabila sekiranya bayi Anda menyukai cemilan tersebut dan sudah masuk ke tahap konsumsi berlebihan, maka dapat dikurangi sedikit demi sedikit. Bayi yang gemuk memang menggemaskan, namun obesitas juga bukan hal yang baik. Perhatikan dengan baik asupan gizinya hingga ia besar nanti.

Sebagai orang tua Anda bisa pula mengonsultasikannya pada dokter sebelum membuat cemilan sehat untuk bayi 10 bulan. Apabila si kecil merasa gatal-gatal atau mengindikasikan adanya alergi pada bahan makanan tertentu, maka hentikan konsumsinya. Beralih saja ke jenis cemilan lain yang sekiranya cocok untuk bayi Anda.

10 Cemilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan Bisa Dibuat Sendiri