13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan yang Sehat dan Bergizi

Usia bayi yang menginjak 11 bulan pasti akan menunjukkan beberapa perkembangan yang signifikan. Perkembangan tersebut terjadi pada seluruh fisik atau motorik maupun psikis bayi. Sehingga pada masa ini perlu diberikan variasi makanan bayi 11 bulan yang sehat dan bergizi.

Pertumbuhan motorik yang terjadi pada bayi 11 bulan biasanya bisa dilihat dari semakin kokohnya kaki bayi sehingga bayi mulai dapat berjalan beberapa langkah. Pada usia ini, bayi juga mulai aktif berbicara dan mengenal kata-kata.

makanan bayi usia 11 bulan, cemilan bayi 11 bulan, makanan bayi, cemilan bayi, makanan bayi sehat, makanan bayi bergizi usia 11 bulan

13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan
variasi makanan bayi 11 bulan harus mampu memenuhi kebutuhan energi sebesar 650 kkal. Sumber energi tersebut bisa didapatkan dari telur, kacang-kacangan, ikan, tahu, tempe, dan unggas.

Tidak hanya sumber energi yang harus dipenuhi, kalsium yang dibutuhkan bayi sebesar 400 mg juga harus terpenuhi. Kalsium bisa didapat dari sayuran hijau dan buah-buahan.

Selain energi dan kalsium, selanjutnya ada zat besi. Zat besi yang dibutuhkan bayi 11 bulan hanya sekitar 8 mg. Meskipun sedikit, zat besi berperan sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Bayi yang kekurangan zat besi pertumbuhan dan tingkah lakunya akan terganggu, termasuk juga kecerdasannya.

Baca juga:
Bayi Tidur Tengkurap, Hati-Hati! 5 Bahaya ini Mengintai 
10 Penyebab Bayi Diare di Usia 1 - 9 Bulan, Catat Ya Bun!
9 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi yang Terbukti Ampuh

Berikut adalah 13 variasi makanan bayi 11 bulan yang akan memenuhi semua  nutrisi bayi:

1. Orak arik telur
Bahan yang dibutuhkan adalah telur ayam, blansir atau kacang merah, wortel, bawang putih bubuk, keju, garam, dan mentega.  Makanan ini berguna sebagi pendamping ASI.

2. Pepes tahu
Bahannya terdiri dari tahu sutra, garam, telur, sereh, daun salam, dan wortel. Karena berupa pepes bisa dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus.

3. Tim telur
Tim telur berbahan dasar nasi dengan tambahan telur, garam, air dan minyak goreng untuk membuat orak-arik telur. Cara memasaknya langsung di tim seperti cara mengetim nasi biasanya.

4. Sop ayam
Sop ayam ini merupakan menu makanan yang berupa sayur atau kuah. Bahannya ayam yang dicincang, bawang merah, dan ditambah sayuran wortel atau brokoli. Bumbunya berupa bawang putih dan bawang bombai, kaldu ayam, dan seledri.

5. Oat kiwi rasa keju
Seperti namanya oat, bahan dasarnya adalah oat yang tidak mengandung banyak gula yang dicampur dengan air mendidih, kemudian kiwi masak, lalu beri toping keju. Bisa juga air panas diganti dengan susu.

6. Macaroni bayam
Bahan yang dibutuhkan adalah macaroni, daun bayam, kuning telur, dan butternut parut, bumbui dengan kaldu ayam. Bisa juga ditambah keju.

7. Muntahu udang
Bahan dasarnya adalah tahu dan udang (bisa di cincang atau di haluskan) kemudian bumbunya bawang putih dan bawang bombai yang dicincang halus, margarine, kaldu ayam dan tepung terigu.

8. Nasi goreng telur
Bahannya sederhana sekali yaitu telur, nasi, dan mentega. Untuk kebutuhan sayurnya, bisa ditambahkan wortel, tomat, atau lain-lain.


9. Nasi tim tahu keju
Bahannya beras, wortel parut, dan air. Nasi tim ini di buat dengan lauk pepes tahu keju, pepes tersebut menggunakan bahan wortel parut, tahu putih, keju, dan bawang merah-bawang putih.

10. Sop ikan
Ikan yang digunakan bisa ikan apa saja, namun pada resep ini yang digunakan adalah ikan ekor kuning, dengan bahan tambahan buncis, wortel, tahu putih. Untuk penyedap bisa di tambahkan daun bawang, bawang bombai, dan seledri.

11. Macaroni salmon
Bahan macaroninya terdiri dari kentang, macaroni, dan telur. Sedangkan salmonnya dibuat sebagai saosnya dengan campuran tomat cherry, kembang kol, wortel, kaldu salmon, daun bawang, dan bawang bombai. Saus ini ditumis dengan unsalted butter.

12. Otak-otak ikan tengiri dan tahu
Bahan dasarnya adalah tahu dan ikan tengiri. Bahan tersebut dicampur dengan santan, tepung terigu, daun bawang, telur, bawang putih dan bawang merah, lalu di bungkus daun pisang.

13. Aglio glio
Makanan ini hampir mirip dengan spageti, hanya saja ini untuk bayi. Bahan utamanya mie pasta, kemudian ayam (cincang), wortel, brokoli, dan bawang merah, bawang putih serta olive oil.

Tips Memasak Berbagai Makanan Bayi Usia 11 Bulan
Bayi pada usia 11 bulan akan terlihat sangat aktif, karena usia inilah bayi akan mulai belajar berjalan, dan berbicara. Selain itu pada usia ini terkadang bayi mulai tumbuh gigi, jadi kerewelan bayi usia 11 bulan sudah biasa terjadi.

Menjaga kesehatan bayi di usia ini sangatlah penting, agar si mungil senantiasa terlihat ceria dan menggemaskan. Kesehatan terebut dapat dijaga dengan memberi variasi makanan bayi 11 bulan yang sesuai.

Perlu diperhatikan juga, dalam memasak variasi makanan bayi 11 bulan harus tepat. Jangan sampai makanan untuk si kecil menjadi menyakitkan. Berikut adalah tips memasak makanan untuk bayi:

1. Haluskan bahan yang dirasa keras dan sulit tertelan apalagi untuk bayi yang belum tumbuh gigi.
2. Potong kecil-kecil sayuran yang tidak dihaluskan agar cepat matang.
3. Memasak makanan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, karena suhu tinggi akan membuat kandungan nutrisi di dalam makanan hilang dan terurai.
4. Jangan gunakan terlalu banyak minyak goreng. Alangkah lebih baik saat memasak variasi makanan bayi 11 bulan menggunakan mentega  atau margarin.
5. Jangan sekali-kali mencoba menambahkan penyedap rasa atau micin. Micin tidak baik untuk kesehatan bayi.
6. Pastikan semua bahan makanan bersih dan sehat. Ketahui pula bahwa si kecil tidak memiliki alergi dengan bahan makanan yang Anda masak.
7. Jangan memanaskan lagi atau menyiangi makanan yang mengandung susu dan bayam.

Mengatur Pola Makan Bayi Usia 11 Bulan
Pola makan bayi harus selalu terjaga, apalagi dalam usianya 11 bulan. variasi makanan bayi 11 bulan harus mampu mencukupi semua kebutuhan nutrisi si kecil. Mulai dari mineral, kalsium, vitamin, zat besi, protein, dan semua kebutuhan lainnya.

Bayi juga memiliki frekuensi makan yang sama dengan orang dewasa, yaitu tiga kali sehari. Jika usia bayi bertambah, maka variasi makanannya juga bertambah.

variasi makanan bayi 11 bulan juga harus diimbangi dengan pemberian ASI sampai usianya menginjak 12 bulan. Kebutuhan ASI bayi usia 11 bulan sekitar 650cc sampai 950cc.

Pola makan bayi usia 11 bulan dapat diatur seperti berikut:   
1. Pagi hari (06.00-10.00)       
Bayi akan bangun pagi sekitar jam 6 atau lebih awal atau lebih siang, tergantung pada jam tidurnya. Ketika bangun tidur berikan bayi susu (ASI atau formula) untuk menenangkan. Setelah itu bawa bayi keluar rumah agar terkena sinar matahari barulah mandikan bayi setelahnya.

Berilah sarapan dengan variasi makanan bayi 11 bulan. Contohnya: bubur, roti yang dihaluskan, atau oat. Sajikan makanan dalam keadaan hangat dan halus. Setelah kenyang biasanya si mungil akan merasa ngantuk dan tertidur.

2. Siang hari (11.00-14.00)       
Setelah si kecil bangun dari tidur, berikan susu. Saat siang berikan si kecil camilan berupa buah-buahan yang dihaluskan atau jus. Bisa juga diganti dengan finger food atau makanan yang mudah dipegang.

Selang beberapa waktu baru beli makan dengan menu yang segar seperti: sup, tim, atau makanan yang berkuah. Jangan lupa tetap berikan ASI untuk bayi. Saat bayi merasa ngantuk, tidurkan lagi.

3. Sore-malam (15.00-19.00)   
Saat bayi bangun dari tidur siang, berikan perlakuan yang sama seperti sebelumnya. Setelah diberi ASI barulah beri camilan lagi untuk si kecil, bisa berupa biskuit atau buah.

Ajak bayi bermain terlebih dahulu baru mandikan. Atau Anda bisa memberi bayi makan dulu baru memandikannya. Menu makan malam yang pas adalah sup bakso, sup telur, ikan, atau yang lainnya.

Perlu dicatat bahwa pola diatas merupakan salah satu contoh yang bisa Anda coba. Jika Anda hendak memberi buah hati Anda makanan, sesuaikan dengan jadwal makan si kecil, agar si kecil tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar.

Jadwal diatas juga harus tetap diimbangi dengan pemberian ASI dan pengontrolan makanan bayi. Agar bayi tidak merasa bosan dan nutrisinya tetap seimbang.

Dengan memerhatikan variasi makanan bayi 11 bulan, semoga buah hati Anda dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

13 Variasi Makanan Bayi 11 Bulan yang Sehat dan Bergizi